Kaleidoskop Blogguebo 2008


Tahun 2008 tinggal menghitung hari. Seperti tahun 2007 yang lalu - sekedar sebagai bahan refleksi pribadi - saya ingin sedikit menuliskan kilas balik perjalanan blog ini selama tahun 2008 ke dalam sebuah catatan pribadi, "Kaleidoskop Blogguebo 2008".

Niatnya cuma satu: saya ingin menyimpan data blog ini, yang barangkali bisa saya gunakan sebagai pelajaran untuk menyusun resolusi di tahun 2009.

Baiklah.

Cukup berbasa-basinya.

Langsung saja. :)

Berikut sejumlah catatan kecil mengenai blog ini di tahun 2008.

Kaleidoskop Blogguebo 2008

Jumlah Posting:
Selama tahun 2008 tercatat ada 180 posting artikel di blog ini. Tahun sebelumnya hanya 60 posting. Artinya, terdapat peningkatan produktivitas menulis yang lumayan signifikan selama tahun 2008, tiga kali lipat dibanding tahun 2007. Peningkatan ini, hemat saya, tidak lepas dari perubahan fokus blog ini yang di tahun 2008 memang sengaja secara khusus saya tujukan untuk topik make money from blogging.

Jumlah Komentar:
Selama tahun 2008 tercatat ada 5815 komentar di blog ini. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang "hanya" 242 komentar, jumlah komentar selama tahun 2008 mengalami peningkatan hampir 25 kali lipat! Bagi saya pribadi, ini sebuah prestasi tersendiri mengingat umur blog ini yang baru dua tahunan.

Komentar Terbanyak:
172 komentar untuk artikel Apa Untungnya Gerakan "You Comment I follow" Bagi Anda? Tahun lalu, komentar terbanyak hanya 22 komentar, untuk posting Yamamba dan Perlawanan Budaya. Sekali lagi, sebuah peningkatan yang cukup signifikan.

RSS Subscribers:
Mulai menggunakan layanan FeedBurner pada bulan November 2007, hingga saat ini tercatat 628 orang telah berlangganan blog ini, baik melalui RSS Reader ataupun email. Hingga akhir tahun 2007, jumlah pelanggan RSS blog ini hanya 24 orang. Jadi, selama tahun 2008 pelanggan RSS blog ini meningkat nyaris 26 kali lipat. Buat saya pribadi, ini sungguh luar biasa. Bersama artikel ini juga, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Anda yang sudah berlangganan dan mau membaca isi blog ini secara rutin lewat RSS Feed. :)

Jika Anda belum berlangganan, saya senang sekali kalau Anda mau berlangganan (please dong, hehehe). Silahkan klik disini untuk berlangganan RSS blog ini.

MyBlogLog Members:
Sejak memanfaatkan layanan MyBlogLog, hingga akhir tahun 2008 ini tercatat ada 197 orang yang telah menjadi member komunitas blog ini. Cukup lumayan. :) Jika Anda belum bergabung menjadi anggota komunitas Blogguebo, silahkan klik disini untuk mendaftar MyBlogLog.

Twitter Followers:
Sejak 14 Februari 2008 saya mulai aktif menggunakan Twitter. Hingga saat ini, sudah 271 follower yang mengikuti saya. Jika Anda belum mengikuti saya, cukup klik disini untuk bergabung dan Anda segera bisa mendapatkan informasi-informasi up to date mengenai apa yang terjadi di balik layar blog ini.

Page Rank:
Tahun ini page rank Blogguebo belum beranjak dari angka 3. Sempat turun ke PR 1, akhirnya PR blog ini kembali ke PR 3. Moga-moga tahun 2009 bisa naik PR 4. :)

Alexa Rank:
Meskipun saya tidak terlalu percaya dengan validitas Alexa Rank, tahun 2008 blog ini mendapatkan nilai Alexa Rank yang cukup lumayan, di angka 78,667. Target masuk 100.000 akhirnya tembus di tahun 2008.

Perubahan Description Tag:
Pada awalnya blog ini menggunakan tag "Berbagi Menghargai Kehidupan Lewat Tulisan." Pada bulan Oktober 2007, bersamaan dengan perubahan fokus dan content, description blog ini sedikit berubah menjadi "Berbagi Menghargai Kehidupan Lewat Blog." Awal tahun 2008, description tag blog ini berubah lagi menjadi "Blog, Blogging, and Make Money from Blog." Bulan November 2008, akhirnya description tag blog ini berubah lagi menjadi "Tips-Tips Menghasilkan Uang Lewat Blog".

Posting Favorit Per Bulan:
Tidak mudah memilih mana posting "terbaik" di blog ini. Soalnya: apa kriterianya? Ketimbang bingung, akhirnya saya memutuskan untuk memilih posting terbaik berdasarkan jumlah komentar dari pengunjung blog ini. Jika Anda belum sempat membaca artikel-artikel ini, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk menyimaknya. Pasti bermanfaat kok. :)

Berikut adalah Daftar Posting Terbaik selama Tahun 2008

1. Januari:
Apa Untungnya Gerakan "You Comment I Follow" Bagi Anda? (172 komentar)
2. Februari:
13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia (131 komentar)
3. Maret:
Blogguebo Review Contest (98 komentar)
4. April:
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu (32 komentar)
5. Mei:
Peluang Mendulang Uang Dengan Entrecard (55 komentar)
6. Juni:
Kunci SEO Untuk Blog Anda (53 komentar)
7. Juli:
Apa Program Paid Review Favorit Anda? (79 komentar)
8. Agustus:
Birthday Present Untuk Pembaca Blogguebo.com (79 komentar)
9. September:
Jalan pintas Belajar SEO (60 komentar)
10. Oktober:
Hanya 2 Hari: $100 Dari SponsoredReviews, $25 Dari Backlinks (87 komentar)
11. November:
Ada Apa Dengan Blogguebo? (68 komentar)
12. Desember:
E-book: "Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog" Sudah Bisa Didownload Gratis (52 komentar)

Pencapaian Lain:
Tahun 2008 ini Blogguebo.com sempat masuk nominasi "The Best Weblog: Indonesian" di ajang kompetisi blog internasional yang diadakan oleh radio Deutsche Welle Jerman. Meskipun tidak menjadi pemenang, masuk nominasi bersama 10 blog lain dari Indonesia, adalah sebuah prestasi tersendiri buat blog sederhana ini. Pencapaian lain, penghasilan online dari blog ini juga meningkat cukup signifikan dibanding tahun 2007 yang lalu. :)

Secara umum, setidaknya jika dibandingkan dengan data tahun lalu, Kaleidoskop Blogguebo 2008 mencatatkan cukup banyak prestasi membanggakan buat blog ini.

Alhamdulillah. :)

Meskipun demikian, masih amat sangat banyak kekurangan blog ini. Masih banyak hal yang harus saya pelajari. PR besar untuk resolusi tahun 2009.

Bagaimana dengan catatan kilas balik blog Anda selama tahun 2008?

Ditunggu sharingnya. :)

P.S:
Bagaimana prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia di tahun 2009? Apa saja yang harus Anda persiapkan menghadapi tahun 2009? Klik disini untuk mengetahuinya.

(Gambar diambil dari Blogguebo)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Kaleidoskop Blogguebo 2007
Blogguebo: Berbagi Tips Seputar Blogging dan Bisnis Online
Blogguebo.com Untuk Anda

0 comments:

Post a Comment