Banyak Jalan Monetisasi Blog


Jika ditekuni dengan serius, sabar dan benar, dunia blogging bisa menawarkan banyak peluang yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Beberapa hari yang lalu, saya menerima sebuah email singkat dari seorang pembaca blog ini.

Isi email singkatnya seperti ini:

-------------------------------------------------

"Salam kenal. Saya Irfan. Saya tinggal di desa dan internet disini sangat lambat, kadang putus-putus. Jadi saya ingin membeli materi blog Anda di dalam CD agar saya bisa belajar materi tersebut.


Kalo bisa, berapa harganya?

Salam,
Irfan"

----------------------------------------------------

Saya baru kali ini menerima email semacam ini. Jadi agak bingung harus menjawab bagaimana.

Berapa ya harganya?

Jujur saja, sampai hari ini, belum pernah terbersit di pikiran saya untuk mengemas dan menjual artikel-artikel di blog ini dalam bentuk CD. Pasalnya, selain artikel-artikel yang ada di blog ini cukup banyak (lebih dari 200 posting artikel), ide untuk menjual artikel di blog ini dalam bentuk CD benar-benar sesuatu yang tidak pernah ada di dalam konteks realitas saya (setidaknya hingga saat sebelum saya menerima email dari Mas Irfan).

Selama ini saya ngeblog sekedar ingin berbagi sedikit ilmu yang saya miliki tentang bagaimana menghasilkan uang lewat blog. Itupun semuanya dari pengalaman pribadi yang tentu saja tidak selalu benar dan tidak selalu bisa diterapkan oleh setiap blogger. Tidak pernah ada pikiran untuk mengkomersilkan apa yang saya tulis di blog ini. Beberapa e-book yang saya buat tentang make money from blogging pun semuanya bisa diunduh secara gratis di blog ini. Selama ini, blog ini menghasilkan uang melalui iklan PPC, paid review, paid link ads dan affiliate program. Bukan dengan menjual CD. :)

Tapi setelah menerima email dari Mas Irfan, diam-diam saya jadi berpikir: jika memang banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat jika artikel-artikel di blog ini di-CD-kan, ide untuk mengemas artikel-artikel di blog ini ke dalam sebuah CD sepertinya menarik juga. :)

Jangan salah paham. Saya sama sekali belum mengambil keputusan untuk mengkomersilkan artikel-artikel di blog ini. Blogguebo akan tetap gratis. Tidak perlu membership fee untuk membaca artikel-artikel di blog ini.

Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. :)

Yang ingin saya sampaikan sebenarnya adalah soal memperluas konteks realitas kita di dunia blogging: ada amat sangat banyak peluang untuk menghasilkan uang lewat blog yang mungkin belum pernah kita coba. Jika sebuah blog benar-benar bisa memberikan manfaat untuk pembacanya, insyaallah, ada cukup banyak celah rezeki yang telah menunggu.

Itu saja.

Setidaknya, selain dengan berbagai cara monetisasi yang ada, menjual artikel blog dalam bentuk CD bisa jadi pilihan lain yang patut dipertimbangkan sebagai sarana monetisasi blog.

Bagaimana menurut Anda?

Sekedar ingin berbagi uneg-uneg. :)

P.S: Thanks banget atas emailnya yang bagi saya inspiratif, Mas Irfan. :)

(Gambar diambil dari Blogs.ign.com))

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Tawaran Menulis Buku Google Adsense
13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog

0 comments:

Post a Comment