Mana Yang Lebih Penting: SEO atau SMO? (Blogguebo and Friends' Project Seri 7)


Pengantar:
Bulan Mei ini Blogguebo.com kembali menampilkan seri artikel khusus dengan format wawancara pendek dengan sejumlah blogger Indonesia dalam seri Blogguebo and Friends' Project.

Blogguebo and Friends' Project sendiri adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Seri ketujuh Blogguebo and Friends' Project kali ini menampilkan 12 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Mana yang lebih penting: SEO (Search Engine Optimization) atau SMO (Social Media Optimization)?"

Indrajid (Pemilik FotoGaul.com):
"Jelas lebih penting SEO karena dengan SEO seluruh artikel dalam blog atau website kita menjadi mudah ditemukan oleh pembaca yang benar-benar membutuhkannya. Jadi bukan hanya akan mendapat traffic dari search engine akan tetapi juga mendapatkan ucapan terima kasih walaupun tidak secara langsung, dengan catatan artikel itu sanggup memuaskan para pembacany dan potensial untuk menarik pembaca setia. Kalau mengandalkan teknik SMO biasanya visitor yang datang hanya "Say hi" doang di bagian komentar, dan seringkali nggak nyambung dengan topik (OOT) alias nyepam. Akan tetapi SMO sangat berguna untuk blog personal yang masih jarang pembaca setia-nya. Yang jelas baik SMO maupun SEO sebaiknya di aplikasikan dua-duanya, karena bisa membantu menaikkan traffic blog/situs."

Yusi Setiawati (Pemilik Strategi-Internet-Marketing.blogspot.com):
"Menurut saya promosi blog yang paling penting teknik SEO (Search Engine Optimization). Karena kalau teknik SEO kita bagus, akan datang traffic/pengunjung tertarget ke blog kita sesuai kata kunci yang dibidik. SEO merupakan cara lambat tapi pasti, jadi kita harus sabar dan rajin melakukan update blog, memperhatikan keywords, memperbanyak konten dan backlink. Untuk dapat mendapatkan posisi tinggi di SERP (Search Engine Result Page) kita butuh:

1. On page optimization: Kalau topik yang kita bidik tidak banyak saingannya, kadang kala hanya dengan internal linking, pemilihan kata kunci yang tepat dan teknik SEO standar, artikel kita sudah bisa menduduki posisi atas SERP.
2. Off page optimization: Untuk topik yang banyak pesaing, terutama bila pesaing kita memahami teknik SEO, backlink yang berkualitas mutlak diperlukan. Salah satu cara mencari backlink adalah dengan menggunakan Social Media Optimization (SMO).

Jadi kesimpulannya SMO dapat mendukung teknik SEO terutama dalam memberikan backlink. Selain itu situs-situs SMO, terutama yang memiliki pagerank tinggi dan ramai dikunjungi juga mampu membantu promosi blog kita. Jadi SEO yang lebih penting, sedangkan SMO fungsinya sebagai pendukung (alat bantu promosi dan untuk backlink)."

Billah (Pemilik Bloggerrise.com):
"SEO maupun SMO keduanya merupakan sarana promosi blog yang penting karena toh ada yang tidak sukses berpromosi lewat SEO tapi sukses di promosi melalui SMO. Hanya saja jika diranking, promosi blog lewat SEO lebih membuka peluang yang lebih luas lagi untuk memperoleh visitor karena hampir semua internet user yang awam sekalipu menggunakan search engine, sementara SMO ya hanya sebatas para anggota saja. Tetapi intinya tetap sama saja, baik SEO dan SMO ujung ujungnya menuntut content yang baik atau bisa diterima visitorvisitor kita bertahan. Saya pribadi pernah menggunakan beberapa teknik SEO dan bisa menghasilkan visitor hingga 1000 per hari tapi itu tidak bertahan lama. :( Jadi lebih baik memikirkan isi content terlebih dahulu daripada SEO dan SMO. Punya 10 visitor/hari tapi loyal serta isi blog baik dan selalu updated rasanya jauh lebih baik karena nanti juga berkembang. Kalau saya perhatikan dari mereka yang sukses (bukan saya loh. :P) jumlah visitor berkembang seiring perkembangan kualitas content. Hanya saja sayangnya tidak ada definisi yang pasti mengenai content. Bisa bergaya serius, santai, slengekan, macam-macam. Mas Medhy sering bilang "Be Purple Cow". Nah ini yang susah. :D Pusing ya? Sebenarnya tidak. Apapun usaha kita untuk mempromosikan blog, baik SEO, SMO hingga mikirin content, jangan lupa manusia berusaha Tuhan yang menentukan. So keep on blogging freely. Santai biar ga' ngetop ga' papa asal earning lancar dan selalu meningkat. Hehehehe. :P"

Ade (Pemilik UniDede.com):
"Karena saya ga' nembak keyword, jadinya SMO lebih pas buat saya. :-D Saat ini saya pake NetworkBlog, sebuah aplikasi di Facebook, Plurk, juga saya daftarkan blog saya di BlogCatalog dan MyBlogLog. Cara ini lebih efektif buat ningkatin traffic ke blog saya."

Arham Haryadi (Pemilik RoadEntrepreneur.com):
"Kalau yang mana, yang lebih penting saat ini, saya milih SEO. Soalnya saat ini social media belum terlalu teroptimasi, hal ini ditandai dengan banyaknya page di social media yang tidak terindex Google. Namun seiring perkembangan SEO 2009, social media akan lebih banyak diperhitungkan/digunakan sebagai media branding. Apalagi aktivitas Netizen saat ini lebih lama berkutat di social media dibanding browsing. So, we have to optimize both of them."

Hangga Nuarta (Pemilik HanggaNuarta.blogspot.com):
"Wow. Pertanyaan yang cukup berat untuk seorang bocah SMA. Menurut pemahaman saya, antara SEO dan SMO tujuannya sama. Keduanya bertujuan untuk mencari trafik. Kalau SEO melalui search engine, kalau SMO melalui social media. SMO sebenarnya berpengaruh terhadap SEO. Misal, dengan kita kita mensubmit artikel blog ke social media (yang dofollow seperti Digg), kita akan mendapat backlink. Nah, salah satu konsep SEO, semakin banyak backlink, maka posisi blog kita semakin baik di SERP. Menurut pemahaman tersebut, berarti SEO yang lebih penting, karena pada dasarnya SMO adalah mendukung SEO."

Herry S (Pemilik Zhoglenk.blogspot.com):
"Promosi blog mempunyai tujuan tertentu, apakah itu untuk meningkatkan kepopuleran sebuah blog di mata search engine dalam hal ini diwakili oleh Google Page Rank atau mengukur kepopuleran sebuah web dengan banyaknya kunjungan/traffic ke sebuah blog dalam hal ini diwakili oleh Alexa Rank. Promosi blog yang bertujuan untuk meningkatkan Google PR lebih baik menggunakan SEO dimana ada dua teknik SEO yaitu on page dan off page. Sedangkan apabila promosi blog mempunyai tujuan untuk meningkatkan traffic maka lebih baik menggunakan SMO meskipun tidak bisa dipungkiri SEO juga terlibat didalamnya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi sewaktu saya menggunakan Infogue dan Digg. Kesimpulannya adalah promosi blog akan lebih efektif apabila menggunakan kedua teknik, yaitu memakai SEO dan SMO".

Stenly Tirta Wijaya (Pemilik StenlyTW.blogspot.com):
"Kalau harus memilih salah satu, menurut saya lebih penting SEO. Karena jika SMO, menurut saya promosinya hanya bersifat sementara. Tapi kalau SEO, akan tergantung mesin pencari dan optimasi blog kita, dan sifatnya lebih untuk jangka panjang."

Ardian Akbar (Pemilik DilarangMasuk.blogspot.com):
"Menurut saya keduanya sama-sama penting. Dari sisi SEO kita bisa mendapat pengunjung (visitor) baru, sedangkan dari sisi SMO kita bisa membangun komunitas untuk membuat para pengunjung baru tadi menjadi loyal visitor atau pengunjung tetap. Apalagi kini hampir setiap orang telah memiliki akun di situs-situs jejaring sosial seperti Friendster, Facebook, MySpace, dan lain-lain. Jadi, social media sekarang ini bisa dikatakan cukup penting kegunaannya. Untuk promosi blog melalui SMO, saran dari Mas Medhy saya rasa wajib diterapkan di setiap blog kita. :D"

Diony Gunawan (Pemilik GarduBlogger.co.cc):
"SMO. Karena membuat orang lebih kreatif dengan content blog masing-masing, terus efeknya orang jadi pengen balik terus ke blog kita sehingga bisa menjalin tali silahturahmi. Jadinya rame dong banyak teman."

Andri Yarusman (Pemilik AndriYarusman.com):
"Secara umum SMO bisa dikatakan lebih penting ketimbang SEO, karena SMO secara langsung akan mendatangkan visitor daripada SEO. Namun untuk kualitas internal situs atau blog itu sendiri SEO jelas mutlak diperlukan, bisa dijual mahal gitu loh. Hehehe."

Atris Suyanto Hadi (Pemilik TipsBlogsite.co.cc):
"SMO. Konten blog yang lebih bersifat social networking dan personal networking, serta dengan peningkatan kualitas konten dan aktifitas blog, maka pendekatan teknik SMO akan lebih sesuai dibanding SEO."

------------------------------------------------------------------

Bagaimana menurut Anda? Mana yang lebih penting bagi Anda? SEO atau SMO?

Silahkan berbagi opini juga di kolom komentar. :)

Jika Anda ingin belajar lebih jauh tentang SEO dan SMO, silahkan menyimak artikel-artikel rekomendasi dibawah ini:

1. Kunci SEO Untuk Blog Anda
2. Jalan Pintas Belajar SEO
3. 10 Kunci Social Media Optimization Untuk Blog
4. 10 Cara Mudah Mempromosikan Blog Melalui Facebook
5. Mencari Social Bookmarking Indonesia?

Semoga bermanfaat. :)

Ingin terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy@blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari SearchEngineOptimizationCompany.ca)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)
Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends' Project Seri 3)

0 comments:

Post a Comment