Apa Event Khusus Untuk Blogger Indonesia?


Apa saja event khusus yang diadakan untuk para blogger Indonesia?

Dalam catatan saya, ada 3 event rutin tahunan yang setidaknya bisa diikuti oleh para blogger Indonesia. Ketiga event tersebut adalah Pesta Blogger, Indonesia BootCamp dan WordCamp Indonesia.

Sayangnya, ya sayangnya, event-event khusus untuk para blogger Indonesia masih amat sangat terbatas.

Jika menengok ke luar negeri, saya khawatir kita bakalan iri dengan banyaknya event khusus yang diadakan untuk para blogger. Di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, nyaris setiap tahun diadakan berbagai macam event yang memanjakan para blogger.

Tapi kondisi demikian memang wajar.

Harap maklum, disana, di dunia internasional, blogging tidak lagi dipandang sebelah mata. Di dunia internasional, blogging telah menjadi sebuah industri besar yang melibatkan dan menghidupi jutaan orang. Seperti halnya musik, film atau bahkan olahraga, aktivitas blogging telah menjadi industri yang menarik para investor dan perusahaan-perusahaan besar untuk menanamkan modalnya disana. Tidak aneh jika di dunia internasional, profesi blogger menjadi sebuah pekerjaan yang membanggakan.

Ngomong-ngomong, mau tahu event apa saja yang diadakan untuk praktisi bisnis online dan secara khusus para blogger di dunia internasional? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Social Media Success Summit
Konferensi online yang khusus diadakan untuk membantu para praktisi bisnis online dalam memanfaatkan social media secara maksimal. Tentu termasuk para blogger.

Internet Marketing Conference (IMC)
Pertemuan tahunan yang dipusatkan di Stockholm, Swedia, dengan fokus affiliate marketing, Google Adwords dan social media.

Search Marketing Expo (SMX) Advanced
Konferensi SEO tahunan untuk para profesional SEO yang diadakan di Seattle, Amerika Serikat. Pertemuan ini juga banyak dihadiri para blogger profesional.

Blogging While Brown
Pertemuan khusus para blogger yang diadakan di Chicago, Amerika Serikat, untuk mendiskusikan teknologi blogging terkini dan isu-isu yang berkaitan dengan dunia blogosfer.

BlogHer
Pertemuan blogger-blogger wanita ini diadakan di Chicago, Amerika Serikat, dengan fokus utama membangun jaringan dan membuka peluang bisnis.

Affiliate Summit
Konferensi tahunan bergengsi ini diadakan di New York, Amerika Serikat, dan membahas dunia pemasaran affiliasi termasuk trend-trend terbaru dan dialog bersama pakar-pakar affilliate marketing dunia.

Blog World and New Media Expo
Konferensi terbesar tahunan yang dipusatkan di Las Vegas, Amerika Serikat, yang diisi dengan 50 seminar, panel diskusi dan dialog bersama praktisi bisnis online dan blogger-blogger terkemuka dunia.

Web 2.0 Summit
Konferensi khusus ini diadakan di San Francisco, Amerika Serikat, membahas tentang masa depan Web 2.0 dan dihadiri oleh para pakar internet dan industri internet.

---------------------------------

Hmmm, dengan berbagai event seperti ini, betapa membanggakan dan menyenangkan rasanya menjadi seorang blogger. Dimanja. Dihargai. Disegani.

Saya pribadi diam-diam membayangkan suatu ketika dunia blogging di Indonesia bisa se-dinamis seperti yang terjadi di dunia internasional. Blogging menjadi bisnis serius. Blogging menjadi bisnis yang disegani. Blogging menjadi sebuah industri yang mandiri.

Meskipun belum terwujud, saya pribadi yakin, kondisi yang terjadi di dunia internasional tersebut lambat laun akan terjadi pula di Indonesia. Semoga tidak lama lagi. :)

Ada yang mau memulai? Atau ada yang mau bersinergi untuk memulai?

Jika memang dibutuhkan, dengan senang hati saya siap membantu. :)

(Gambar diambil dari AbhiSays.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Saya Bukan Blogger
Thanks Mas Cosa!
Blogger (Memang Seharusnya) Rendah Hati

0 comments:

Post a Comment