Egosurfing dan Blogsibionis

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Tanpa sengaja, saya membaca sebuah tulisan lama di detikinet.com. Meskipun lama, topiknya hangat dan aktual. Dengan mengutip sumber AFP, detikinet.com menulis hasil penelitian mengenai sejumlah gejala penyakit psikologis yang cenderung diderita para pecandu internet, termasuk blogger.

Barangkali menarik dicermati satu persatu.

Egosurfing: sangat terobsesi dengan reputasi diri di internet. Jika sudah parah, sebagian besar waktu on-line dihabiskan hanya untuk melakukan pencarian nama sendiri di situs seperti Google atau Yahoo. Pecandu internet dalam kategori ini juga kerap terobsesi selalu mengecek peringkat nama mereka di Technorati.

Blogsibisionis: gemar menampilkan informasi pribadi via blog atau situs pertemanan semacam Friendster. Bahkan informasi-informasi yang seharusnya tidak untuk diketahui oleh orang lain pun ditampilkan melalui internet.

Gilaberry: biasanya menimpa level pimpinan perusahaan. Gejalanya adalah tidak bisa melewati satu detik pun tanpa mengecek e-mail melalui handphone Blackberry-nya. Jika sudah dalam stadium parah, ia bahkan akan tetap mengecek e-mail di saat-saat genting, misalnya ketika terjadi gempa.

Detektif Google: gemar melakukan pencarian dengan memanfaatkan layanan mesin pencari Google. Biasanya pencarian dilakukan untuk menyelidiki keberadaan teman lama, cinta pertama, mantan pacar, atau sekadar calon gebetan.

Cyberkondria: setelah melakukan riset di internet mengenai gejala-gejala penyakit tertentu, atau menerima e-mail mengenai penyakit tertentu, si pecandu internet dalam kategori ini akan segera merasa dirinya menderita sakit tersebut.

Photolurking: gemar melihat-lihat foto dari album on-line milik seseorang yang tidak dikenalnya. Jika sudah demikian, sebagian besar waktu on-linenya habis hanya untuk bergerilya menemukan foto-foto orang-orang baru yang tidak dikenalnya.

Wikipediholik: sangat terobsesi untuk mengisi dan menyunting situs ensiklopedia kolaboratif Wikipedia. Si pecandu internet dalam kategori ini sering merasa bangga jika nama dan hasil suntingannya tampil sebagai tulisan pertama di Wikipedia.

Cheesepodding: gemar mengunduh lagu-lagu yang cheesy ('norak', basbang atau jadul banget) melalui internet. Biasanya pecandu internet dalam kategori ini sangat fanatik dengan ide retro dan musik era bapak-kakek mereka. Misalnya, lagu-lagu dari era 60-an dan 70-an.

Saya tidak yakin apakah penelitian ini sebuah penelitian yang serius. Saya pribadi cuma menganggapnya sebagai hiburan.

Lucu.

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

0 comments:

Post a Comment