Odiogo: Mengubah Blog Menjadi Podcast Dalam Sekejab


"Listening to blogs - Why not?" Jon Arnold

Pernah terpikir untuk memiliki podcast sendiri namun tidak tahu cara membuatnya? Atau pernah terbersit khayalan seandainya bisa "mendengarkan", alih-alih membaca, blog Anda? Jangan khawatir. Ungkapan Jon Arnold diatas saat ini nampaknya telah menjadi kenyataan. Ya, benar, sekarang Anda bisa mendengarkan blog Anda.

Bagaimana caranya?

Serahkan semuanya kepada Odiogo. Odiogo adalah sebuah perusahaan online media yang memberikan layanan mengubah teks situs dan blog menjadi podcast secara gratis. Dengan memanfaatkan widget Odiogo, pembaca blog Anda bisa mendengarkan konten blog Anda dan bahkan mengunduh audio podcast blog Anda.

Untuk menggunakan layanan gratis ini caranya sangat mudah. Anda cukup mendaftarkan alamat URL atau Feed blog Anda, dan dalam sekejab, blog Anda telah dilengkapi dengan fitur audio podcast yang memungkinkan pembaca blog Anda mendengarkan konten blog Anda.

Sayangnya, untuk saat ini Odiogo belum mendukung konten berbahasa Indonesia. Jadi, jika Anda hanya memiliki blog berbahasa Indonesia, mohon bersabar. Mari berdoa saja semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama Odiogo akan mendukung konten berbahasa Indonesia. :)

Jika Anda memiliki blog berbahasa Inggris, tidak ada salahnya mencoba layanan Odiogo dan memberi pilihan lain kepada pembaca blog Anda untuk mendengarkan konten blog Anda.


Beberapa fitur menarik yang diberikan Odiogo diantaranya adalah:

1. Audio podcast high fidelity yang secara otomatis mengubah teks blog Anda menjadi podcast
2. Listen Button yang cukup menarik dan menggoda mata, tersedia untuk platform blog Wordpress, Blogspot, Typepad, OverBlog, BlogEngine.net dan Terapad
3. Statistik jumlah pendengar yang mengunduh podcast blog Anda
4. Peluang monetisasi melalui embedded ads jika pendengar podcast Anda telah mencapai batas yang dipersyaratkan oleh Odiogo (sayangnya saya masih belum menemukan penjelasan yang cukup tentang peluang monetisasi ini)

Dibawah ini adalah contoh tampilan widget Odiogo di sebuah blog:

Silahkan klik disini untuk mencoba layanan podcast instan dari Odiogo. Atau silahkan klik disini jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang apa dan bagaimana Odiogo, terutama bagi para blogger.

Semoga bermanfaat. :)

(Gambar diambil dari Odiogo.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Scratchback: Beri Daku Tip, Linkmu Kupasang
Entrecard: Pilihan Lain Mempromosikan Blog Anda
SmartLinks: Link Cerdas Untuk Blog Anda

0 comments:

Post a Comment