5 Cara Menjaga Loyalitas Pembaca Blog Ketika Anda Liburan


Tinggal beberapa hari lagi Lebaran tiba. Hari-hari belakangan ini, hampir semua orang, tidak terkecuali saya dan Anda (a.k.a blogger), tenggelam dan disibukkan oleh persiapan menjelang hari raya Idul Fitri. Salah satu persiapan unik yang selalu kita lakukan setiap menjelang Lebaran adalah tradisi pulang mudik.

Ya, beberapa hari sebelum dan setelah hari raya Idul Fitri hampir semua orang memilih berlibur pulang kampung dan berhenti dari aktivitas rutin yang biasa dijalaninya di hari-hari lain.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga memilih untuk libur dari aktivitas ngeblog? Ataukah Anda masih tetap ngeblog saat liburan mudik? Lalu apa yang kira-kira bisa Anda lakukan agar pembaca blog Anda tidak berpindah ke lain hati ketika Anda liburan mudik?

Berikut adalah 5 cara sederhana yang barangkali bisa Anda terapkan untuk menjaga loyalitas pembaca blog Anda sebelum dan ketika Anda pulang mudik.

1. Beri kesempatan blog Anda dan pembaca blog Anda liburan selama mudik.
Barangkali ini pilihan yang paling jamak dan umum. Tentu saja ada untung ruginya. Untungnya: Anda bisa benar-benar menikmati liburan Anda tanpa memikirkan blog Anda untuk sementara waktu. Ruginya: tidak ada jaminan apakah setelah Anda kembali ke dunia blogging, blog Anda akan tetap memiliki pengunjung. :) Namun demikian, jika Anda telah membangun hubungan baik dengan pembaca blog Anda, niscaya mereka akan tetap kembali mengunjungi blog Anda setelah usai liburan mudik nanti.

2. Tulislah posting terjadwal sebelum liburan mudik.
Pilihan kedua yang bisa Anda ambil adalah dengan membuat posting terjadwal. Konkretnya: sebelum liburan mudik, tulislah beberapa artikel yang telah siap untuk Anda posting dengan teknik posting terjadwal. Tentu saja tidak harus setiap hari selama liburan. Dua atau tiga artikel selama liburan sudah cukup untuk memberikan sinyal kepada pembaca blog Anda bahwa Anda masih merawat blog Anda dan menghargai mereka. Saya sendiri juga menggunakan teknik ini selama liburan mudik nanti.

3. Buatlah program guest blogging selama liburan mudik.
Di Indonesia, belum banyak yang mencoba menerapkan program guest blogging untuk mengisi kekosongan posting blog selama liburan. Padahal, jika Anda mampu melakukannya dengan baik, program guest blogging bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda liburan mudik nanti. Yang harus Anda lakukan hanyalah memberikan kesempatan kepada blogger lain yang tertarik untuk menulis di blog Anda selama masa liburan mudik. Jika Anda tertarik untuk menjadi guest blogger di blog ini selama liburan mudik nanti, silahkan kirimkan artikel Anda ke alamat email saya di medhy@blogguebo.com. :)

4. Buatlah posting link carnival dari blog-blog lain.
Cara yang keempat ini boleh dibilang yang paling mudah. Pasalnya, Anda tidak perlu menulis artikel asli seperti yang biasa Anda lakukan. Dengan membuat link carnival, Anda hanya membuat daftar link-link terbaik dari blog lain berdasarkan topik tertentu yang telah Anda pilih sebelumnya. Dengan membuat artikel link carnival ini Anda bisa tetap menjaga ritme update blog Anda dan sekaligus memberikan perspektif konten yang berbeda kepada pengunjung blog Anda.

5. Tulislah posting artikel di tengah-tengah liburan.
Pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan untuk blog Anda ketika Anda sedang liburan mudik adalah dengan tetap menulis artikel di tengah-tengah suasana liburan Anda. Resikonya: Anda harus rela membagi waktu liburan Anda dengan disiplin untuk meng-update blog Anda. Namun demikian, jika Anda melakukannya dengan benar, justru cara kelima ini bisa memberikan ide tulisan yang unik dan berbeda untuk blog Anda.

----------------------------------------------

Nah, itulah ke-5 cara untuk menjaga loyalitas pembaca blog Anda ketika Anda liburan mudik nanti. Pilihan akhir tentu saja kembali kepada Anda sendiri. Saya sendiri lebih suka membuat posting terjadwal dan guest blogging selama libur mudik Lebaran nanti. Selain bisa tetap menjaga ritme update blog ini, kedua cara diatas juga bisa membuat saya tetap leluasa menikmati liburan mudik bersama keluarga. :)

Yang pasti, apapun pilihan Anda, kelima cara diatas barangkali bisa menjadi alternatif solusi untuk menjaga loyalitas pembaca blog Anda ketika Anda liburan mudik Lebaran.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan dengan blog Anda ketika Anda liburan mudik tahun ini?

Selamat mudik Lebaran. Hati-hati di jalan. Salam untuk keluarga. :)

P.S: Jika Anda ingin tahu apa yang saya lakukan selama liburan mudik, ikuti saya di Twitter. Hanya di Twitter saya akan menuliskan aktivitas saya di balik layar blog ini. Dan jika Anda mengikuti saya, sebagai ucapan terima kasih, saya juga akan mengikuti Anda. Adil kan? Thanks before, guys. :)

(Gambar diambil dari GrinningPlanet.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda
36 Tips Praktis: Blogging and Make Money from Blog
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu

0 comments:

Post a Comment