Copywriting Untuk Blog Anda


Apa itu copywriting?

Merujuk Wikipedia, berikut adalah kutipannya:

"Copywriting is the use of words to promote a person, business, opinion, or idea. Copywriting can appear in direct mail pieces, taglines, jingle lyrics, web page content (although if the purpose is not ultimately promotional), online ads, e-mail and other Internet content, television or radio commercial scripts, press releases, catalogs, billboards, brochures, postcards, sales letters, and other marketing communications media. On websites, copywriting may also refer to content writing for the purpose of achieving higher rankings in search engines. This practice includes the strategic placement and repetition of keywords on webpages."

(Copywriting adalah penggunaan kata-kata untuk mempromosikan orang, bisnis, pandangan atau ide. Copywriting bisa digunakan dalam direct-mail, judul, lirik lagu jingle, konten web (meskipun tujuannya bukan untuk promosi), iklan online, email dan konten online lainnya, skrip iklan televisi atau radio, siaran press, katalog, papan reklame, brosur, postcard, surat penjualan dan media komunikasi pemasaran lainnya. Di dalam website, copywriting juga bisa merujuk kepada penulisan konten dengan tujuan untuk mendapatkan posisi ranking tinggi di mesin pencari. Praktek ini mencakup juga teknik penempatan dan pengulangan keyword di dalam halaman sebuah website).

Lalu pentingkah copywriting untuk blog Anda?

Ya, saya tahu, Anda pasti masih belum menganggapnya penting. Apa sih itu copywriting? Ah, nggak penting-penting banget. Yang penting bagaimana dapat uang dari blog. Titik. :)

Nggak papa. Beberapa hari yang lalu saya juga masih punya pikiran seperti itu sampai saya tersadar bahwa kemampuan menulis untuk menggerakkan orang lain agar melakukan suatu tindakan (apapun itu) sangatlah penting dalam dunia bisnis online, termasuk untuk blog.

Gampangnya, dengan memahami teknik-teknik menulis sesuai prinsip-prinsip copywriting, kita bisa membuat pengunjung blog kita bersetuju dengan kita, berlangganan artikel atau news letter blog kita, menautkan link ke blog kita, atau bahkan membeli produk yang kita rekomendasikan kepada mereka.

Terus terang saya juga baru mulai belajar menerapkan teknik-teknik menulis dengan prinsip-prinsip copywriting di blog ini. Selama ini saya hanya tahu aplikasi copywriting sebatas untuk sales letter dan sejenisnya.

Jika Anda setuju dengan saya, tidak ada salahnya untuk memulai sekarang juga untuk belajar menulis dengan teknik-teknik copywriting. Toh tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan?

Untuk memulai, saya merekomendasikan 5 rujukan blog untuk belajar copywriting dibawah ini. Sayangnya kesemuanya masih berbahasa Inggris. Tapi cukup mudah dipahami kok. Atau kalau tidak, kenapa tidak menyiapkan kamus juga sembari membaca? Sambil belajar copywriting, bisa belajar bahasa Inggris juga. :)

1. CopyBlogger.com
2. Copywriting.com
3. MichelFortin.com
4. GoodCopyWriting.com
5. KillerCopyWritingBlog.com

Sekali saya juga sama seperti Anda. Saya baru mulai belajar. Ini juga hal baru buat saya. Seraya belajar, jika ada sekedar sedikit ilmu yang nanti bisa bagikan untuk Anda (meskipun cuma terjemahan artikel misalnya), saya pasti akan menuliskannya di blog ini. Jadi, jangan sampai tidak menengok blog ini meskipun hanya sehari saja. Siapa tahu Anda sudah terlewat tips-tips bagus dan bermanfaat untuk blog Anda. :)

Selamat belajar copywriting. Semoga bermanfaat. :)

(Gambar diambil dari GuerillaFico.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
5 Tips Cerdas Menulis Dengan Bernas
Menulis Itu Mudah
Tips Menulis Artikel Wawancara Untuk Blog Anda

0 comments:

Post a Comment