Ada Apa Dengan Blogguebo?


Dua minggu belakangan ini saya banyak menerima pertanyaan seputar "hilangnya" Blogguebo. :) Bahkan Mas Yuniman Farid, perwakilan panitia ajang kontes blog "The BOBs Deutsche Welle 2008" sempat juga berkirim email menanyakan tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan blog ini.

Melalui Twitter, saya juga banyak menerima pesan pribadi yang intinya sama: "Ada apa dengan Blogguebo?"

Ya, ada apa sebenarnya dengan Blogguebo?

Awal mula insiden ini sebenarnya sederhana. Dua minggu yang lalu, form komentar di blog ini error. Saya coba perbaiki dengan mengubah setting bahasa, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Berhasil. Form komentar sudah tampil normal kembali.

Insiden berikutnya tiba-tiba terjadi. Blogguebo mendadak tidak bisa diakses. Muncul halaman "Error 404". Pikir saya, mungkin ada yang berubah dari setting "redirecting" di Blogger. Saya coba lepas centang "redirecting" custom domain blog ini, lalu saya centang lagi. Harapannya tentu agar error yang terjadi tidak muncul lagi. Tapi blog ini tetap tidak bisa diakses. Entah kenapa, saya juga bingung.

Hari ini, selepas Jumatan, sebenarnya saya sudah memutuskan untuk memindah blog ini ke WordPress. Semua sudah siap. Hosting dan domain sudah diarahkan. Dan tiba-tiba sesuatu yang aneh bin ajaib terjadi. Blog ini muncul lagi seperti sedia kala. Tanpa kurang suatu apapun. Tanpa cela sedikitpun. Sehat wal afiat. :)

Alhamdulillah. Lepas dari apapun penyebab "hilangnya" blog ini selama dua minggu, saya tetap bersyukur. Akhirnya blog ini bisa menemui pembacanya lagi. :)

Yang pasti, dan ingin saya klarifikasi, tidak ada sama sekali pihak ketiga yang membuat blog ini hilang. Semuanya murni kesalahan saya pribadi. Juga tidak ada sangkut-pautnya hilangnya blog ini dengan ajang "The BOBs 2008" atau hiatusnya blog pribadi Mas Cosa disaat yang hampir bersamaan.

Mungkin hikmahnya saya dipaksa untuk segera pindah ke WordPress. :)

Yang pasti, Blogguebo tidak akan berhenti berbagi. Dengan segala kekurangan yang ada blog ini akan tetap berbagi, sesederhana apapun.

Sebelumnya saya juga ingin menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan teman-teman yang ikut "gelisah" dengan sempat "menghilangnya" blog ini.

Selamat membaca Blogguebo (lagi). :)

P.S: Jika menurut Anda artikel-artikel di blog ini bisa memberi sekedar manfaat dan motivasi bagi siapapun yang membacanya, sudilah kiranya memberikan dukungan berupa vote untuk blog ini. Sekedar informasi, blog yang sedang Anda baca ini sedang dinominasikan sebagai "The Best Weblog Indonesian" di ajang kompetisi blog internasional "The BOBs Deutsche Welle 2008." Jadi, jangan lupa vote Blogguebo disini. Thanks a bunch! :)

(Gambar diambil dari koleksi pribadi)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Pelajaran Dari Libur Ngeblog 10 Hari
10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda
Menjadi Blogger Produktif: 12 Tips Praktis

0 comments:

Post a Comment