Bagaimana Cara Terbaik Mempromosikan Blog? (Blogguebo and Friends' Project Seri 5)


Pengantar:
Setelah sukses dengan seri pertama hingga keempat
dan mendapatkan tanggapan sangat positif dari teman-teman blogger pembaca setia blog ini, bulan November ini Blogguebo kembali menghadirkan seri kelima "Blogguebo and Friends' Project".

Sekedar mengingatkan,
"Blogguebo and Friends' Project" adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini di seputar topik bisnis online, terutama tentang blogging dan make money from blog.

Tentu saja, Anda bisa
terlibat dengan proyek ini juga.

Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat teman-teman kita yang ikut berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 5".

Pertanyaan: "Apa yang Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda?"

Fahry Hadikusuma (Pemilik Fahry.com):
"1. Blogwalking ke blog orang lain, memberi komentar di artikel blog lain.

2. Pasang URL status di Yahoo Messenger.

3. Diumumkan di Twitter.
4. Pasang alamat blog di kartu nama.
5. Buat merchandise seperti kaos.
"

M. Ramdhan Adhi (Pemilik
Mradhi.com):
"Saya baru efektif ngeblog Juni 2008, dengan pengetahuan yang amat minim tentang blog dan segala macam ilmu teknis yang menunjangnya. Bekal utama saya adalah keinginan untuk selalu belajar dan mencari informasi. Waktu itu hasil pencarian mengantarkan saya ke blognya Mas Agus (o-om), khususnya tentang etika dan cara promosi blog. Bagi seorang pemula yang amat cupu, saya rasakan e-book yang Mas Agus sediakan gratis itu sangat membantu. Berbekal itulah, saya mendaftarkan blog saya ke mesin pencari, ke situs-situs social bookmarks, mencantumkannya di jejaring sosial yang saya ikuti (Friendster, Facebook, Myspace) dengan sedikit modifikasi tipografi agar terlihat menonjol, mencantumkannya di email dan milis-milis. Saya juga mencantumkannya di iklan-iklan biro penulisan dan penerjemahan yang saya kelola di dunia offline (sekarang juga di-online-kan). Dan tentunya, sebagai warga blogosphere, saya berusaha sesering mungkin melakukan anjang sana, berkunjung dan memberi komentar bermakna di blog-blog kawan-kawan, termasuk di Blogguebo. :-D"

Wahyu Dewanto (Pemilik
Wahyu-d.net):
"Jawaban teratas adalah blogwalking atau meninggalkan komentar di blog lain. Namun tidak sembarang blogwalking. Saya berpendapat tinggalkan komentar pada tema yang menarik bagi kebanyakan orang dan bukan menarik bagi anda sendiri. Tinggalkan komentar yang "pintar", yang akan menggelitik orang untuk berpikir "Siapa sih orang ini, coba deh aku maen ke blognya". Anda bisa mengambil langkah kontroversial yang mungkin menyulut flame di bagian comments, atau mencoba menngambil arah atau pandangan lain dari obrolan utama para komentator tersebut. Tips unik dari saya, tinggalkan komentar pada blog yang relatif baru online. Karena para pemilik blog baru akan bersemangat jika artikel mereka dikomentari dan mungkin mereka akan menjadi pengunjung setia blog anda untuk memberikan komentar balasan di blog anda. Satu lagi, kecil kemungkinan anda memperoleh traffic dari blogwalking jika anda berkomentar di posting artikel yang telah ramai komentatornya. Namun anda bisa menyiasatinya dengan meninggalkan komentar "Pintar" seperti yang dijelaskan diatas. Kedua, lewat Social Bookmark. Cobalah untuk membuat Judul dan Prakata artikel yang akan anda publish ke Social Bookmark yang unik, bernada provokasi atau membuat penasaran para pembaca. Jadi antara artikel sebenarnya di blog dan Prakata di Social Bookmark bisa berbeda text namun isinya sama. Ada lagi cara mempromosikan blog namun cara ini belum saya lakukan namun bisa dilakukan teman-teman lainnya dan ke depannya saya juga akan melakukannya. Manfaatkan program Paid Review dengan menjadi advertiser. Manfaatkan blogger yang mempunyai kredibilitas (baca:PR dan Alexa tinggi) untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda."

Riza Farwan (Pemilik
Jenggo.net):
"1. Daftarkan ke mesin pencari & direktori online (toplist Google & DMOZ).
2. Menaruh link diforum-forum (dalam bentuk signature).

3. Komentar diblog lain yang memiliki tema sama.

4. Beritahu kepada teman-teman terdekat."

Atika (Pemilik
Athik.wordpress.com):
"Berikut beberapa hal yang saya lakukan dalam mempromosikan blog saya:
1. Mendaftarkan blog pada search engine terutama google.

2. Mendaftarkan blog pada website direktori.

3. Bergabung dalam beberapa millis.

4. Berkunjung ke blog-blog lain sambil memberikan komentar dengan menyertakan link blog.

5. Mendaftarkan blog di iklan gratisan.

6. Berpromosi keteman-teman dari mulut kemulut.
"

Gan Zebe Amadeus (Pemilik
Ginvegas.com):
"Sebelumnya saya minta maaf jika ada yang kesalahan atau kekurangan karena saya sendiri masih benar-benar newbie dalam bidang blogging. Untuk pertanyaan di atas, kegiatan promosi yang saya lakukan secara pribadi dapat saya kelompokkan dalam 5 (lima) langkah:


Pertama: Content is The King Dalam mindset saya, promosi blog seperti membangun rumah: butuh pondasi yang kuat. Promosi sehebat apa pun dengan tools sedahsyat jika tidak didukung content yang baik pastinya akan sia-sia belaka, sama seperti garam yang tidak lagi asin: apa gunanya selain dibuang? Jadi, untuk kegiatan promosi, yang pertama-tama saya lakukan adalah menjaga content saya tetap bermutu baik dan relevan. Di sini, word of mouths-lah yang bekerja.

Kedua: Lewat directory SE, pinging, dan GRATISAN lainnya. Memang sih, zaman sekarang sudah banyak situs advertiser yang bisa mempromosikan situs kita seperti Adwords. Kendalanya, saya dan rekan-rekan blogger lainnya yang baru terjun sama sekali tidak memiliki modal yang cukup bahkan untuk membayar situs-situs tersebut. Jadi, tentunya kami memilih cara gratis seperti mendaftarkan situs kami ke directory dari Search Engine yang ada.

Ketiga: Membangun komunitas dengan peer bloggers
Saya biasanya mencari blog yang setema dan SETINGKAT dengan saya (satu peer) untuk diajak bekerja sama dengan saya untuk saling mempromosikan diri. Persahabatan virtual ini bisa dmulai dengan saling comment, saling mem-follow di Twitter, saling me-review, dan sejenisnya. Cara sederhana ini terbukti efektif untuk mempromosikan blog, lho.

Keempat: Ikutan forum, social networking, atau mailing list Kalau bisa sih yang setema dengan blog-ku. Biasanya saya bisa ketemu teman blogger di sini, chattingan lewat YM, terus bisa saling mempromosikan di blog kami seperti di cara ketiga tadi.

Kelima: Viral Marketing
Nah, yang ini dalam tahap penyelesaian dan siap "luncur" Februari 2009 nanti, GRATIS ^^. Inti dari viral Marketing adalah membuat sebuah media yang mengandung link/URL blog kita dan sesuatu itu haruslah berguna bagi orang banyak dan dapat tersebar dengan cepat (seperti virus). Contoh: tools, template, dll. Blogger kawakan seperti Mas Medhy sudah melakukannya lewat ebook dan Oom Agus melakukannya lewat Elegant Template Style-nya yang fenomenal itu. Gin Vegas sendiri akan segera menyusul. Tongkrongin saja situs saya pada Februari 2009 nanti."

Dendy S. Young (Pemilik
Jepun131.com):
"Untuk blog baru di awal saya lebih suka blogwalking, hitung2 sambil silaturahmi. Sejalan dgn blogwalking saya juga menerapkan beberapa teknik SEO untuk blog saya. Tidak mungkin selamanya saya menggantungkan blogwalking untuk mendatangkan visitor. Konon katanya visitor dari Search Engine lebih mak nyuus :)"

------------------------------------------------------------------

Jika benar-benar dilakukan dengan tepat, cara-cara promosi yang dibagikan teman-teman diatas saya yakin sangat efektif untuk mempromosikan blog Anda. Beberapa cara promosi ala guerrilla marketing juga sempat saya tulis di blog ini. Jika Anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya membuka-buka kembali arsip-arsip lama artikel di blog ini.

Semoga bermanfaat. :)

Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 5" ini, karena lewat jawaban-jawaban Anda, setidaknya akan semakin banyak teman-teman blogger yang ikut belajar dan berbagi bersama mengenai seluk beluk bisnis online melalui proyek sederhana ini.

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana Anda mempromosikan blog Anda?

Saya tunggu komentarnya. :)

Ingin terlibat dalam "Blogguebo and Friends' Project"?
Caranya amat sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting "Blogguebo and Friends' Project Seri 6" untuk bulan Desember nanti di blog ini. Siapa cepat dia dapat. :)

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Kuota 10 tempat untuk seri keenam "Blogguebo and Friends' Project" masih kosong. Silahkan mendaftar. Sebagai insentif tambahan, saya akan memberikan e-book "Make Money Online with John Chow" kepada 10 orang pengirim email pertama. Klik disini untuk mengetahui keuntungan mengikuti "Blogguebo and Friends' Project".

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari
PJLightHouse.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)
Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends' Project Seri 3)

0 comments:

Post a Comment