Resensi Buku: Rahasia Sukses Bisnis Internet - 43 Cara Ampuh Mendongkrak Pendapatan Menggunakan Email


Judul asli buku ini sebenarnya lebih panjang dari judul buku terjemahannya: "The E-Code: 33 Internet Superstars Reveal 43 Ways to Make Money Online Almost Instantly - Using Only Email!"

Nah, panjang banget kan? :)

Dan jika Anda jeli, judul asli buku ini sangat kental dengan sentuhan teknik copywriting. Ya, benar, mirip judul headline sales letter yang sering Anda temui bertebaran di dunia maya. Maklumlah, penulis buku ini adalah dua orang "guru" copywriting terkemuka di dunia internet marketing: Joe Vitale dan Jo Han Mok. Tak aneh jika mereka pun begitu piawai membuat judul yang sangat "menggoda" dan menghipnotis.

Penulis pertama, Joe Vitale, yang mungkin lebih dikenal sebagai salah satu tokoh di dalam buku dan film "The Secret", adalah praktisi internet marketing yang banyak memanfaatkan teknik-teknik hipnosis dalam teknik penulisan iklan atau copywriting. Ia adalah penulis buku "Hypnotic Writing" yang juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sekaligus pendiri Hypnotic Marketing Inc., sebuah biro konsultan copywriting di dunia bisnis online. Begitu kampiunnya Joe Vitale dalam hal copywriting ini, kabarnya ia bisa dibayar hingga $5000 hanya untuk sebuah materi copywriting. Wow! Selain copywriting, Joe juga banyak disebut sebagai salah satu praktisi affiliate marketing dan e-class terkemuka di dunia.

Penulis kedua, Jo Han Mok, adalah seorang young superstar di dunia online copywriting dan JV (Join Venture). Laki-laki berusia 28 tahun yang tinggal di Singapura ini memiliki reputasi internasional sebagai salah satu copywriter terbaik dan termahal di dunia. Jika Anda cukup akrab dengan bisnis affiliate marketing, mestinya Anda cukup mengenal sosok Jo Han Mok. Jo Han Mok sering menjadi pembicara dalam event-event internet business untuk topik-topik affiliasi dan juga pendiri biro perusahaan konsultan internet marketing (IM) SureFire Marketing yang ia bangun berdasarkan konsep JV bersama Jason Mangrum.

Dengan melihat latar belakang kedua penulis buku ini, rasanya tidak terlalu sulit untuk menebak bahwa buku ini adalah tentang bagaimana membangun bisnis online dengan menggunakan teknik-teknik copywriting dan affiliate marketing. Dan satu lagi: menggunakan kekuatan daftar email sebagai opt in list Anda.

Buku ini, seperti judulnya, sebenarnya adalah kompilasi 43 artikel yang ditulis oleh 33 internet marketer dunia (baca: affiliate marketer) tentang bagaimana memanfaatkan daftar email prospek Anda untuk meraup keuntungan maksimal di dunia bisnis online. Beberapa nama affiliate marketer kaliber dunia yang terlibat dalam penulisan buku ini diantaranya adalah Yanik Silver, Ewen Chia, Randy Charach, Gary Vurnum, Charles Burke, Alex Tan, Terry Dean dan Larry Dotson. Silahkan "googling" nama-nama mereka dan Anda akan menemukan benang merah tentang siapa sebenarnya jago-jago affiliasi dunia ini. Oh ya, jangan berharap menemukan nama-nama blogger dunia dalam daftar penulis buku ini. Maklumlah, buku ini, sekali lagi, adalah tentang how to make money with affiliate marketing. Bukan how to make money with blogging. Jadi, jika Anda benar-benar ingin tahu bagaimana sebenarnya cara memaksimalkan keuntungan bisnis online Anda dengan strategi affiliate marketing, buku ini sangat tepat untuk Anda.

Secara umum, buku terjemahan setebal 295 halaman terbitan Gramedia Pustaka Utama ini cukup enak dibaca dan menyajikan cukup banyak "rahasia" tentang bagaimana kiat-kiat teruji membangun, menjalankan, dan mengoptimalkan program affiliasi. Bahasa yang digunakan pun tidak sulit dipahami dan cenderung lugas (juga untuk edisi bahasa Indonesianya).

Di dalam setiap babnya (ada 43 bab), Anda akan menemukan banyak hal baru yang pasti layak Anda pelajari. Ya, nyaris seluruh artikel dalam buku ini sangat berharga, terutama jika Anda selama ini terlanjur lebih akrab dengan make money from blog dan masih benar-benar buta soal make money from affiliate marketing.

Di dalam buku ini Anda akan belajar tentang:

- bagaimana membuat dan menjual produk informasi di internet
- bagaimana menentukan target pembeli produk informasi Anda
- bagaimana mempromosikan produk informasi Anda
- bagaimana memasarkan produk informasi Anda untuk niche-niche tertentu
- bagaimana menciptakan rencana bisnis e-marketing secara utuh
- bagaimana menjadi super affiliate
- bagaimana membangun e-class Anda sendiri
- bagaimana menjadi pemilik program affiliasi yang sukses
- bagaimana membangun daftar email Anda sendiri (tentu saja, seperti judulnya)

Saya pribadi sangat menikmati dan terinspirasi oleh artikel yang ditulis Joe Vitale ("Cara Cepat Menghasilkan Uang Secara Online"), Yanik Silver ("Rencana 7 Hari Untuk Menghasilkan Uang Instan Secara Online") dan Terry Dean ("Cara Membuat Rencana Bisnis Pemasaran Internet Sederhana Untuk Memperoleh Profit Maksimal" dan "Panduan Mudah dan Cepat Bagi Si Pemalas Untuk Kesuksesan Affiliasi"). Tanpa bermaksud mengecilkan nilai artikel-artikel yang lain, keempat artikel ini, hemat saya pribadi, sangat layak dibaca oleh siapapun yang benar-benar ingin melakukan affiliate marketing. Saya menyebutnya: how to do articles.

Hal lain yang saya suka dari buku ini, karena bentuknya yang merupakan kumpulan tulisan lepas, adalah bahwa Anda tidak harus mulai membaca dari Bab 1 hingga Bab 43 secara berurutan. Alih-alih, Anda bisa membaca dari artikel manapun yang menurut Anda menarik dan patut dibaca terlebih dahulu.

Sayangnya, ada juga kelemahan minor buku ini. Ada beberapa artikel yang terkesan sekedar untuk mempertebal jumlah halaman buku ini. Terlepas dari isinya, beberapa artikel hanya terdiri dari dua atau tiga halaman (misalnya artikel karya Peggy McColl "Meluncurkan Kampanye Email Yang Sukses" dan artikel karya Blair Warren "Dua Ide Menguntungkan"). Sangat terlihat jika artikel-artikel ini hanya sekedar mengejar tuntutan jumlah halaman dari pihak penerbit.

Meskipun demikian, di tengah minimnya buku-buku terjemahan berkualitas tentang internet marketing dan internet business di Indonesia, hadirnya buku baru terbitan tahun 2009 ini patut kita apresiasi. Tidak banyak buku bertopik internet marketing dan internet business yang bagus dan benar-benar ditulis oleh mereka yang terlibat aktif dalam dunia tersebut, seperti halnya buku ini.

Terakhir, sebagai simpul resensi ini, jika Anda ingin bereksplorasi dan keluar dari media blog untuk menghasilkan uang secara online (karena saya tahu sebagian besar pembaca blog ini adalah para blogger), dan terutama lewat jalan affiliate marketing, buku ini sangat layak Anda masukkan ke dalam daftar buku berikutnya yang harus Anda miliki dan baca.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan resensi buku berikutnya hanya di Blogguebo.com. :)

(Gambar diambil dari Amazon.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
7 Tips Menjalankan Program Affiliasi Dengan Blog Pribadi
Triggit: Sahabat Baru Program Affiliasi Anda
Seri Tutorial: Panduan Mendaftar Amazon Associates

0 comments:

Post a Comment