Sudahkah Anda Memindahkan Akun Feedburner Anda Hari Ini?


Saat ini semakin banyak blogger yang memanfaatkan layanan Feedburner. Harus diakui, layanan Feedburner memang sangat membantu para blogger yang ingin memberikan pilihan membaca blog melalui RSS Feed bagi para pengunjungnya. Selain itu, dengan Adsense for Feeds, kini pilihan monetisasi blog pun bisa pula dilakukan dengan media RSS feeds.

Nah, jika Anda adalah salah satu pengguna layanan Feedburner, informasi berikut hemat saya WAJIB Anda baca dengan seksama. :)

Setelah dibeli oleh Google pada tahun 2007, Google menetapkan kebijakan baru bahwa semua akun Feedburner akan dipindahkan ke server milik Google. Tanggal 28 Februari 2009 nanti adalah batas tenggat pemindahan semua akun Feedburner ke akun Google. Konsekuensinya, jika sampai batas tenggat tanggal 28 Februari 2009 feeds belum dipindahkan ke akun Google, maka data feeds akan hilang.

Berikut kutipan dari situs Feedburner:

"We are currently planning to have all accounts transferred by February 28, 2009. At that time if your account has not been updated, you will no longer be able to access your account at http://www.feedburner.com, and your feeds will either begin returning a "404 Not Found" response or a "301 Moved" response back to your source feed."
(Kami merencanakan agar semua akun telah ditransfer hingga tanggal 28 Februari 2009. Pada hari itu, jika akun Anda belum dipindahkan, maka Anda tidak bisa lagi mengakses akun Anda di http://www.feedburner.com, dan data feeds Anda akan memunculkan halaman "404 Not Found" atau "301 Moved".)

Repotnya, Google tidak memberikan pilihan lain bila Anda terlupa mentransfer akun Feedburner ke akun Google setelah tanggal 28 Februari 2009.

Jadi, TIDAK ADA PILIHAN LAIN. Anda harus memindahkan akun Feedburner Anda sesegera mungkin jika tidak ingin kehilangan semua data subscribers Anda.

Sayang banget bukan jika Anda musti kehilangan ratusan jumlah pelanggan RSS hanya gara-gara terlupa mentransfer akun Feedburner Anda ke akun Google?

Nah, mumpung belum terjadi, saran saya, setelah membaca artikel ini, sebaiknya Anda segera login ke akun Feedburner Anda dan memindahkannya ke akun Google.

Caranya?

Mudah kok. Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke akun Feedburner Anda dan setelah masuk Anda akan menemukan kalimat "Hey! We are moving Feedburner accounts to Google. Learn more or move your account now" di bagian atas dashboard Feedburner Anda. Klik kalimat "Move your account now'.

2. Pilih akun Google yang akan Anda gunakan. Jika belum memiliki akun Google, silahkan memilih untuk membuat akun Google yang baru.

3. Seluruh feeds Anda akan muncul di halaman pemindahan. Klik "Move feeds".

4. Tunggu kurang lebih 5 menit (sementara menunggu, Anda bisa menutup browser Anda atau tetap melakukan surfing) dan jika telah berhasil dipindahkan akan muncul kalimat "Success! We have successfully moved your feeds from Feedburner account into your Google account."

5. Selesai.

----------------------------------

Gampang banget kan?

Kemarin saya sudah memindahkan semua feeds blog-blog saya ke akun Google. Dan hingga hari ini semuanya berjalan normal dan baik-baik saja. Feeds counter dan feeds statistics pun tidak berubah. Oh ya, setelah ditransfer, Anda tetap bisa mengecek dan mengubah setting feeds blog Anda di alamat Feedburner yang baru di http://feedburner.google.com

Jika Anda ingin mentransfer akun Feedburner Anda ke akun Google sekarang juga, silahkan klik disini untuk login ke situs Feedburner. Dan jika Anda belum memanfaatkan layanan Feedburner, belum terlambat kok. Silahkan klik disini untuk mendaftar Feedburner dan mulai menggunakan layanan RSS Feed dari Feedburner. Gratis kok. :)

Bagaimana dengan Anda? Kapan mau memindahkan akun Feedburner Anda? Senang sekali kalau Anda mau berbagi pengalaman setelah memindahkan akun Feedburner Anda. Lancar-lancar sajakah? Atau malah jadi kacau balau?

Sekedar ingin mengingatkan. Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Womenize.net)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Apa Itu RSS?
7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS
Adsense for Feeds Diluncurkan Hari Ini

0 comments:

Post a Comment