Adsense for Video versi Beta Diluncurkan Hari Ini


Setelah agak lama bertahan hampir tanpa inovasi, hari ini Google Adsense melalui blognya, Inside Adsense, mengumumkan peluncuran unit iklan baru Adsense for Video versi Beta. Artinya, publisher Adsense kini bisa mencoba menggunakan Adsense for Video sebagai pilihan monetisasi selain unit-unit iklan Adsense yang sudah ada.

Jika ditengok kebelakang, Adsense for Video sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang sama sekali baru. Unit iklan berbasis video ini sudah mulai diperkenalkan sebagai pilot project sejak bulan Mei 2007. Peluncuran kali ini adalah final dari proses uji coba panjang tampilan iklan Adsense for Video. Saat ini Adsense for Video tersedia dalam dua jenis format iklan: InVideo Overlay (berbasis CPM) dan Text Overlay (berbasis CPC).

Melihat demonya, Adsense for Video nampaknya cukup menjanjikan. Apalagi jika melihat kenyataan semakin banyaknya situs atau blog yang menyelipkan fitur video content, unit iklan baru ini bisa menjadi pilihan monetisasi yang bagus.

Peluncuran unit iklan Adsense for Video ini bisa jadi merupakan respon Google Adsense terhadap semakin ketatnya persaingan program pay-per-click ads. Seperti kita tahu, beberapa waktu yang lalu Chitika juga baru saja meluncurkan Viral Branding Unit (VBU), salah satu unit iklan Chitika yang juga berbasis video ads. Beberapa blogger yang dipilih khusus oleh Chitika juga telah memberikan endorsement cukup positif dengan kinerja VBU.

Sayangnya, Adsense for Video versi Beta tidak bisa dicoba oleh semua publisher Adsense. Ada beberapa syarat yang diberikan Adsense yang (setidaknya untuk saat ini) mustahil dipenuhi publisher Indonesia. Pasalnya syarat pertama untuk mencoba Adsense for Video versi Beta ini adalah: harus tinggal di Amerika Serikat (are based in the U.S). Syarat lainnya: situs atau blog Anda harus memiliki jumlah video views satu juta views per bulan, berbahasa Inggris dan menggunakan Flash Player 7.0 keatas.

Meskipun demikian, jangan berkecil hati dulu. Melalui blognya, Adsense juga menyatakan bahwa unit iklan baru ini tidak lama lagi juga akan bisa dinikmati oleh publisher di luar Amerika. Jadi kita tunggu saja. Sambil menunggu, mungkin akan lebih baik jika Anda mulai memikirkan dan mempertimbangkan strategi mengintegrasikan unit iklan berbasis video ini untuk blog Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih detil mengenai unit Adsense for Video versi Beta ini silahkan simak video dari tim bisnis Google Adsense dibawah ini.



Bagaimana menurut Anda? Patut dicoba?

(Gambar diambil dari Google Adsense)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Seri Tutorial: Panduan Mendaftar Google Adsense
Kini Cukup $10 Untuk Mendapatkan PIN Adsense Ada
Update Terbaru Adsense Referral Program

0 comments:

Post a Comment