Teks Link Seharga $4.800 Itu


Mari sejenak membayangkan sebuah skenario.

Pada suatu pagi yang cerah, setelah meneguk secangkir coffee latte dan membaca koran pagi, Anda bersiap memulai hari di depan layar komputer. Nyalakan AC. Nyalakan komputer. Dan seperti biasa, to do list Anda yang pertama adalah membuka email.

Mata Anda tiba-tiba tertuju pada sebuah email asing dengan subjek dan pengirim yang tidak Anda kenal. Segera Anda membukanya. Isinya seperti ini:

----------------------------------------------------
"Hi,

I am interested in placing paragraphs on specific pages not on home page (only on internal pages). An example of this can been seen at bottom of http://www.lindseywebdesign.com below the “small business webmaster design tips”. Another example http://www.fingersdontfing.com below the blog post.

The paragraph will be custom written to match the content of your website and you will have the right to edit anything. The text links will go to non spam and related websites.

However, since these links are on specific pages. I would be paying only one time fees and the paragraphs will stay permanent i-e as long as the page stays however, I would be purchasing many of these and it would be a good amount.

Let me know if you are interested and I am going to offer you the following price for the specific pages.

http://www.blogmilikanda.com/archives/2005/02/05/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2006/02/14/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2007/04/02/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2007/05/07/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2005/01/06/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2006/06/27/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2005/08/15/ - $400
http://www.blogmilikanda.com/archives/2005/12/06/ - $400

This will brings the total of USD 1600. If you place my all paragraphs on your pages I will give you $1700($100 bonus).

If you agree then please send me your paypal ID or any other?

Kind regards
Shawn
--------------------------------------------------

Dug! Jantung Anda berdegup kencang. Mata Anda lekat dengan angka $1700 di depan layar komputer. Mimpikah saya? Benarkah si pengirim email ini ingin membeli link di blog saya seharga $1700 atau setara 15 juta rupiah hanya untuk beberapa paragraf kalimat yang itupun tidak perlu saya sendiri yang menuliskannya? Pertanyaan-pertanyaan tidak percaya memenuhi isi kepala Anda.

Apakah saya harus menerimanya? Apakah saya harus menolaknya?

Sayangnya, seorang Darren Rowse menolak tawaran itu. (Ahhh, sayang sekali, kok menolak rezeki sih, batin Anda dalam hati. hehehe).

Ya, kisah diatas bukan khayalan. Kisah diatas benar-benar diceritakan dan dialami Darren Rowse, pemilik Problogger.net, di salah satu artikelnya baru-baru ini tentang underground text link seller. Darren menolak tawaran menggiurkan itu karena ia memang berprinsip tidak mau menjual link apapun di blognya. Selain Darren, banyak web master dan blogger yang juga mendapatkan email dari penjual text link bawah tanah seperti ini. Beberapa diantaranya menerima tawaran seperti ini. Sebagian yang lain menolak.

Fenomena jual-beli link dengan harga gila-gilaan saat ini memang menarik dicermati. Walaupun sebenarnya bukan pula sesuatu yang anomali. Link - dan juga page rank - adalah komoditi berharga di dunia maya. Dengan link dan PR Anda bisa mendulang uang. Bukan sedikit uang, tapi banyak uang. Tidak sedikit blogger yang hidup dari jual-beli link.

Di dunia maya hukum ekonomi juga berlaku: semakin tinggi permintaan, semakin mahal harga suatu barang. Dengan semakin banyaknya orang yang 'frustasi' dan ngebet ingin mendapatkan posisi terbaik di search engine, praktek jual beli link dengan harga fantastis adalah sesuatu yang wajar. Absah. Setidaknya menurut saya.

Kembali ke artikel Darren, ada satu cerita lain yang lucu. Matt Cutts, SEO Engineer Google, yang terkenal dekat dengan para web master dan blogger bercerita bahwa ia pun sering mendapatkan email serupa dengan tawaran yang tidak kalah menggiurkan. Dibagian komentar artikel Darren tersebut Matt mengutipkan versi asli email yang diterimanya:

-----------------------------------------------------
“Hi,

We’ve seen your website at http://www.mattcutts.com/blog/ and we love it!

We see that your traffic rank is 5813 and your link popularity is 2565. Also, you have been online since 21/06/2003. With that kind of traffic, we will pay you up to $4,800/month to advertise our links on your website.

If you’re interested, read our terms from this page.”
-------------------------------------------------------

Ya, $4.800 per bulan untuk sebuah link. Sayangnya, si penjual link ini salah alamat menawarkan diri. Ia lupa - atau barangkali tepatnya tidak tahu - siapa Matt Cutts sebenarnya.

Lucu. Seperti rusa masuk ke mulut harimau. Seperti pencuri yang dengan sukarela melaporkan diri ke polisi.

Tapi ngomong-ngomong, bagaimana jika seandainya Anda yang benar-benar mendapatkan tawaran seperti ini? $4,800 per bulan atau setara 44 juta rupiah per bulan.

Anda terima? Anda tolak?

Selamat berpikir-pikir dan berandai-andai sejenak. :)

Catatan kecil:
Baru sadar kalau ini adalah posting artikel Blogguebo yang ke-100, semenjak pertama kali online tanggal 24 Nopember 2006 (dengan artikel pertama berjudul Perihal Blog Ini). One cornerstone passed over. :)

(Gambar diambil dari MoneyMakingInvestment.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Saya Bukan Blogger
Harga Sebuah Ide: (4) 500Words.com
Wisdom of Success (3)

0 comments:

Post a Comment