Pelajaran Dari Libur Ngeblog 10 Hari


Hari ini tepat 10 hari blog ini mati suri. :) Sejak Lebaran hingga kemarin, tidak ada posting baru sama sekali.

Ada apa?

Saya tidak akan memberikan alasan klise: "Sibuk." Tidak. Selama 10 hari sebenarnya saya memang sedang liburan. Saya mudik ke Tuban, mengunjungi keluarga di Ngawi, Madiun dan Magetan.

Lalu kenapa kok tidak ada posting artikel baru sama sekali? Penyebabnya sebenarnya sederhana: posting terjadwal yang saya siapkan ternyata tidak tampil sebagaimana mestinya, alias meleset. Mestinya ada 3 posting terjadwal yang hadir selama liburan Lebaran kemarin (termasuk posting Blogguebo and Friends' Project untuk bulan September). Namun karena kesalahan teknis, ketiganya ternyata tidak terpublikasikan sama sekali.

Walhasil, selama 10 hari blog ini benar-benar mati suri. :)

Tapi libur 10 hari tanpa ngeblog telah mengajarkan beberapa hal kepada saya.

Meskipun traffic turun, selama 10 hari tanpa posting baru, Alexa Rank blog ini ternyata malah naik. Hari Lebaran kemarin, Alexa Rank blog ini masih bertengger di angka 102.240. Hari ini, Alexa Rank blog ini sudah menembus angka 100.000. Tepatnya: 98.500. Terlepas dari kontroversi validitas ranking di seputar Alexa Rank, kenaikan Alexa Rank sementara blog ini "hiatus", tentu sebuah hadiah tersendiri. Paling tidak untuk blog pribadi sederhana ini. Tapi jangan tanya kenapa bisa naik, ya. Saya juga bingung kok. :)

Selain kenaikan Alexa Rank, pelanggan RSS blog ini juga malah naik ketika tidak ada posting baru sama sekali selama 10 hari. Sebelum Lebaran, pelanggan RSS blog ini adalah 486 orang. Hari ini, sudah menembus angka 500. Tepatnya: 517. Alhamdulillah. Terima kasih untuk Anda yang sudah berlangganan RSS Blogguebo.com. Jika belum, tidak ada salahnya berlangganan sekarang. :)

Jadi apa pelajaran dari "libur ngeblog 10 hari" ini?

Pertama, saya belajar untuk selalu siap jika apa yang sudah saya rencanakan ternyata meleset. Hidup tidak serta merta kiamat hanya karena sesuatu berjalan tidak sesuai rencana. :)

Kedua, saya belajar untuk tidak takut mengambil jeda, mundur, atau bahkan terjatuh asal tidak berhenti sama sekali.

Ketiga, saya belajar bahwa libur 10 hari tanpa ngeblog ternyata malah bisa menjadi kesempatan berintrospeksi diri asal kita mau meluangkan waktu mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan dan menyiapkan rencana ke depan dengan lebih baik.

Keempat, saya belajar bahwa ketika telah berbagi, memberikan sesuatu secara ikhlas, bahkan saat "hiatus" sekalipun ternyata blog ini masih "dihargai". Nyatanya, Alexa Rank blog ini malah naik dan pelanggan RSS blog ini malah bertambah. :)

Kelima, saya belajar bahwa meskipun saya melakukan "libur 10 hari tanpa ngeblog" bukan berarti saya merekomendasikan Anda agar hanya seminggu sekali (atau malah 10 hari sekali) untuk meng-update blog Anda. Sama sekali tidak. Sebaliknya, saya malah akan menyarankan agar Anda menulis setidaknya 3 posting artikel seminggu atau malah 1 posting setiap hari. Sekedar contoh, Darren Rowse, Jeremy "Shoemoney" ataupun John Chow, ketiganya adalah blogger-blogger dengan penghasilan ribuan dollar per bulan, namun ketiganya masih setiap hari meng-update blognya.

Bagaimana dengan Anda? Sempat libur ngeblog juga selama pulang mudik Lebaran kemarin?

Setelah ini tentu Blogguebo.com akan hadir seperti biasa. :)

(Gambar diambil dari Charmingdogs.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
5 Cara Menjaga Loyalitas Pembaca Blog Ketika Anda Libur
10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda
36 Tips Praktis: Blogging and Make Money from Blog

0 comments:

Post a Comment