Apa Program Monetisasi Blog Favorit Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 6)


Pengantar:
Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, mulai bulan April ini Blogguebo.com akan kembali menampilkan seri artikel khusus dengan format wawancara pendek dengan sejumlah blogger Indonesia dalam seri Blogguebo and Friends' Project.

Blogguebo and Friends' Project sendiri adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Seri keenam Blogguebo and Friends' Project kali ini menampilkan 10 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Apa program monetisasi blog favorit Anda?"

Togu Panandaditya SIregar (Pemilik PopDesign.co.cc):
"Program monetisasi yang paling saya minati adalah affiliate marketing dan paid review. Kalau boleh saya punya tambahan lagi yaitu product creation dan menjual jasa.

Alasannya:

1. Affiliasi: kita tidak perlu repot-repot membuat produk dan melayani konsumen. Tugas kita hanya memasarkan produknya saja. Tapi untuk sukses di bisnis affiliasi bukanlah hal yang mudah, tapi juga ga' sulit-sulit amat. Yang terpenting adalah bagaimana kita menguasai strategi pemasaran. Dan terdapat seni tersendiri dalam program affiliasi. :)
2. Paid Review: berhubung saya orangnya suka menulis, maka saya sangat menyukai paid review. Dan bayaran yang kita dapat pun lumayan.
3. Product Creation: dengan memiliki product sendiri, tentu saja kita yang menjadi bosnya, dan kita yang mengatur semuanya. Cuma menurut saya tingkatan product creation adalah yang paling sulit. Dibutuhkan gabungan dari semua skill dalam internet marketing.
4. Jasa: kita bekerja sesuai dengan keahlian kita dan kita mendapat bayaran. Jadi tidaklah terlalu sulit. Sebagai contoh, saya baru saja membuka jasa pembuatan blog. Baru hari ini launching. Alamatnya di http://popdesign.co.cc. Konsepnya sederhana, tapi banyak dibutuhkan orang. :)"


Dody Haris (Pemilik DodyHaris.com):
"Paid Review, Mas Medhy. Pendapatan saya terbanyak saat ini dari sini. :) Disamping itu nilai kemungkinan penghasilannya lebih tinggi di banding program-program yang lain. Walaupun dengan pekerjaan sedikit lebih berat."

Dedy Rahmanto (Pemilik Blog4Design):
"Saya suka dengan PPC, Mas Medhy. Seperti Google Adsense misalnya. Memang untuk saat ini saya masih belajar dan belum banyak hasilnya sih tapi saya percaya untuk PPC itu akan jadi mesin pasive income buat kita. Tanpa harus melakukan aktivitas secara langsung tapi lambat laut akan membesar kok seiring dengan trafik yang kita dapatkan. Kalo untuk yang lainnya belum pernah berhasil Mas. Hehehe."

Arif Hartoyo (Pemilik AlatCetakUang.com):
"Program yang paling OK untuk monetisasi blog, buat saya yang newbie:

1. PPC Lokal, seperti KumpulBlogger. Alasannya mudah daftarnya (langsung diapprove), penghasilan langsung masuk rekening tanpa diminta (kasus KumpulBlogger), tinggal pasang kode di blog dan tidak perlu repot-repot lagi.
2. PTC Lokal. Alasannya mudah, cepat menghasilkan dan hasilnya lumayan ( > 1juta/bulan). Kerja tidak lebih 5 menit/PTC (asal tahu triknya) dan hasil langsung masuk rekening lokal.

Semua berdasar pengalaman saya."


Bambang BS (Pemilik Bambosi.com):
"Program Monetisasi Blog yang saya sukai:

1. PPC (KlikSaya). Untuk saat ini saya menargetkan dalam negeri, karena beberapa blog untuk target luar negeri terkena Google Sandbox.
2. Affiliasi (Amazon Associates). Sebenarnya sih mudah, tinggal bikin review products, pasang link affiliasi, tahu-tahu dapet hasil deh. Tapi prosesnya gak semudah itu, perlu fokus dan sabar.
3. SponsoredReviews. Karena banyak dapet kerjaan dari sini. :)
4. TLA. Saya sempat terkejut karena sebelumnya tidak mengerti sama sekali dengan TLA, tapi tiba-tiba saya dapet earning. Ternyata untuk memonetisasi blog dengan TLA sangat mudah. Hanya install script yang disediakan dan kita tinggal menunggu ada text link yang terbeli secara otomatis."

Rahmi Nur Annisa (Pemilik Uniqueqey.blogspot.com):
"Saya lebih memilih Paid Review, karena PR membantu mengembangkan wawasan saya dalam meng-explore sesuatu (konten blog) yang saya tuangkan dalam tulisan."

Arief Rachmawan (Pemilik ArwanSP.wordpress.com):
"Kalo saya saat ini paling suka dengan Google Adsense, soalnya baru itu yang bisa menghasilkan, walau masih kecil incomenya. Tapi lumayan daripada tidak sama sekali. Selain itu kalau PPC kan sekali klik, lalu kita dapat komisi, sedangkan kalau affiliate, misalnya, harus sampai terjual produknya. Jadi relatif sulit. Dan sejauh ini memang belum pernah berhasil menjualkan produk sebagai affiliate. Kalo TLA belum pernah ikut, karena traffic masih kecil. Belum layak. Untuk paid review, paling yang Indo. Itu pun kecil kali incomenya. So, bagi saya Google Adsense masih yang paling menarik. Lebih dari itu yang penting bagi saya, agar bisa berhasil di dunia maya ini adalah sabar dan terus mencoba."

Vinda Tamara (Pemilik VindaTamara.com):
"Saat ini ada beberapa yang aku sukai. "PPC", mudah pengoperasiannya, bisa ditinggal namun sejak adanya smart pricing aku jadi berasa kesulitan dan belum menemukan solusinya. Sementara satu lagi Paid Review. Program ini sangat menyenangkan soalnya cukup nulis, sesuai rules dan tinggal nunggu dollarnya masuk. :) Meskipun kecil tapi tetep masuk, beda sama PPC. Yang aku sukai lainnya, Direct Ads, untuk yang satu ini aku sedang membangun brand itu, terutama untuk niche musik dan event band."

Jemmy (Pemilik MasJemmy.com):
"Untuk program monetisasi blog yang saya sukai adalah PPC (Google Adsense/KlikSaya). Alasannya, karena mudah dipasang (tinggal copy paste), hasil dari PPC mudah dilihat, karena kita bisa melihat rate per-kliknya dapatnya berapa, bisa diukur, dalam jangka panjang penghasilan bisa stabil dan karena sudah teruji oleh orang-orang yang sudah mulai duluan di bisnis internet. Untuk newbie seperti saya cocok karena bisa sekaligus belajar mendapatkan traffic dan SEO, terutama traffic yang gratis. Kebetulan sekali saya bisa mendapat banyak pelajaran dari senior-senior bisnis internet secara langsung, seperti Mas Cosa Aranda (Blog.CosaAranda.com) untuk SEO, Mas Buchin (Masbuchin.com) buat security dan IT, Pak Medhy sendiri untuk paid review, Mas Widarta (Widarta.com) buat wangsit-wangsit bisnis onlinenya dan Mas Omega (KonconeBudi.com) buat rekomendasi bisnis."

Bobby Mardiantoro (Pemilik Bimawara.blogspot.com):
"Program monetisasi blog yang saya sukai: affiliasi. Alasannya: biarpun masih belajar, saya berharap bisa mendapat banyak dollar dari affiliasi."

------------------------------------------------------------------

Bagaimana dengan Anda? Apa program monetisasi blog favorit Anda?

Silahkan berbagi juga. :)


Ingin terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy@blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari YourSuccess.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)
Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends' Project Seri 3)

0 comments:

Post a Comment