Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog

Cara Mencegah Pencurian Artikel Blog - Suatu ketika saya penasaran banget sama icon yang satu ini:ya ini namanya icon RSS Feed. RSS (Rich Site Summary) adalah ringkasan isi situs (blog) dengan format xml. Sedangkan Feed adalah layanan yang disediakan oleh sebuah situs untuk mengumpulkan ringkasan blog untuk didistribusikan ke orang yang berlangganan situs tersebut. 

Nah, pas saya baca-baca di google, ternyata eh ternyata pasang icon RSS Feed ada kelemahannya juga, yaitu orang lain bisa dengan mudah mencuri konten artikel kita lewat RSS feed ini. 

Tapi kemudian saya cari tahu juga gimana ya cara mencegah pencurian artikel di blog kita jika kita pasang icon RSS Feed ini? Ternyata caranya sangat mudah, yaitu : 

1. Log in ke www.blogger.com 
2. Klik Setelan 
3. Klik Lainnya 
4. Perhatikan pada opsi “Izinkan Umpan Blog” pilih SINGKAT (kenapa milih yang 'singkat' ? Ini lebih mending daripada pilih yang TAK SATUPUN. Kalau yang singkat pencuri artikel cuma bisa copy setengah aja dari isi blog kita, nah kalau milih yang 'TAK SATUPUN' berarti kita matiin semua update artikel kita sehingga para pembaca blog kita juga TIDAK akan tahu tentang update terbaru blog kita) . 

Jika kita milih "PENUH" maka semua isi artikel kita akan muncul semua di RSS Feed, ini yang memudahkan pencuri artikel mencuri konten kita. Nah, pilihan di tangan Anda mau yang "singkat" apa yang "tak satupun"?

5. Simpan dan lihat blog Anda 

Mudah bukan. Dengan menyetel ke pilihan SINGKAT selain mencegah pencuri artikel mencuri seluruh isi artikel kita dan pembaca blog juga masih bisa ikuti update an blog kita. 

Adapun cara mengeceknya Anda harus pasang dulu icon ini di blog Anda, kalau di blog Anda tidak ada icon RSS feednya si aman-aman aja. Nah, jika mau ngecek tinggal di klik saja icon RSS feed di blog Anda nanti akan terlihat bagaimana kalau di setting PENUH, SINGKAT, atau TAK SATUPUN akan terlihat bedanya. 
 
NB : Pikirkan juga untuk menyetel ke singkat karena jika Anda memasang widget kotak komentar blog seperti di tutorial saya maka isi kotak komentarnya juga ikut ilang. ya semua emang ada untung dan rugi-nya hehe..  

0 comments:

Post a Comment