Kaleidoskop Blogguebo 2007


Tahun 2007 beberapa hari lagi segera akan berakhir. Sebelum melewatkan tahun yang tentu penuh catatan peristiwa ini, saya pribadi - sekedar sebagai bahan refleksi pribadi - ingin sedikit menuliskan kilas balik perjalanan blog ini selama tahun 2007.

Niatnya cuma satu: sekedar ingin menyimpan data blog ini, yang barangkali bisa saya gunakan sebagai pelajaran untuk menyusun resolusi di tahun 2008.


Baiklah.

Cukup berbasa-basinya. Langsung saja. :)


Berikut sejumlah catatan kecil mengenai blog ini.


Statistik Blogguebo 2007:
Kelahiran Blogguebo:
Blog ini lahir 24 November 2006, dibuat dengan platform Blogger, template Minima Lefty. Posting pertama adalah Perihal Blog Ini, yang saya tulis pada hari Jum'at, 24 November 2006.

Logo Favicon Blogguebo:
Blog ini mulai menggunakan ikon Favicon sejak bulan Februari. Tanggalnya saya lupa. Yang pasti saya sempat mencatatnya di posting ini, Ikon Blogguebo.

Jumlah Posting:
Selama tahun 2007 tercatat ada 60 posting (jadi 61 dengan posting ini).

Bulan Hiatus:
Karena niat awalnya sekedar iseng, tanpa tujuan apapun, ditambah "kesibukan" (baca: kemalasan, hehehe), alhasil blog ini sempat mengalami rumpang (hiatus, red) panjang selama 6 bulan, dari Maret - Agustus 2007. Bulan September 2007, setelah kembali ke Kyoto, blog ini baru hidup kembali. Posting pertama setelah "tidur panjang" adalah Membuktikan The Secret, yang saya tulis tanggal 28 September 2007.

Jumlah Komentar:
Selama tahun 2007 tercatat ada 242 komentar di blog ini.

Komentar Terbanyak:
20 komentar, untuk posting Yamamba dan Perlawanan Budaya. Posting ini tentang budaya pop di Jepang, terutama tentang fenomena gadis-gadis yamamba. Jika dihitung semenjak kelahiran blog ini, posting dengan komentar terbanyak adalah Sretna Nova Godina, dengan 52 komentar.

Subscriber:
Mulai menggunakan layanan FeedBurner pada bulan November 2007, hingga saat ini tercatat 24 orang berlangganan blog ini. Mumpung belum terlambat, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Anda yang sudah berlangganan dan mau membaca isi blog ini secara rutin lewat RSS Feed. :) Jika Anda belum berlangganan, saya senang sekali kalau Anda mau berlangganan (please dong, hehehe). Silahkan klik navbar di pojok kiri atas untuk mendaftar.

Perubahan Description Tag:
Pada awalnya blog ini menggunakan tag "Berbagi Menghargai Kehidupan Lewat Tulisan." Pada bulan Oktober, bersamaan dengan perubahan fokus dan content, description blog ini sedikit berubah menjadi "Berbagi Menghargai Kehidupan Lewat Blog."

Mendaftar Google Adsense:
Terdaftar sejak tanggal 25 Februari 2007 (Mendaftar Google Adsense), tapi baru ngeh dan serius memanfaatkannya sejak bulan Oktober 2007.

Mendaftar Amazon.com:
Terdaftar sejak tanggal 14 Oktober 2007.

Mendaftar Commission Junction:
Terdaftar sejak tanggal 23 Oktober 2007. Sengaja ketiga program online marketing ini saya catat disini karena hanya tiga program inilah yang saya "gunakan" di blog ini. Adapun program yang lain, sengaja tidak saya catat karena tidak saya gunakan di blog pribadi ini.

Posting Favorit:
Memilih mana posting "terbaik" di blog ini adalah sesuatu yang mustahil karena tentu lucu kalau saya sendiri yang menilai "inilah karya terbaik saya" (hehehe, saya belum senarsis itu deh). Karena itu lebih baik mencatat mana posting favorit saja, posting yang saya anggap menarik dan setidaknya mendapat tanggapan dari pengunjung blog ini. Berikut ringkasannya.

1. Januari: Menulis Itu Mudah
2. Februari: Children Learn What They Life dan Life is Beautiful
3. Maret: tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
4. April:
tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
5. Mei:
tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
6. Juni:
tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
7. Juli:
tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
8. Agustus:
tidak ada posting favorit karena hiatus panjang :)
9. September:
Membuktikan The Secret
10. Oktober:
Memulai Bisnis Online?
11. November:
Seri Harga Sebuah Ide (4 seri posting)
12. Desember: Seri Monetisasi Blog Anda (4 seri posting)

Masih banyak kekurangan blog ini. Masih banyak yang harus saya pelajari. PR besar untuk tahun 2008.

Sekian dulu. :)

Bagaimana dengan catatan kilas balik blog Anda selama tahun 2007?


Catatan: Posting ini terinspirasi oleh artikel Darren Rowse, "
Best of ProBlogger - 2007"

(Gambar diambil dari ikon Blogguebo)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:

Perihal Blog Ini
Setahun Blogguebo
Lonjakan Traffic Akhir Tahun

0 comments:

Post a Comment