Tips Blogspot: Menambahkan Page Element


Jika Anda cermati, pada bagian header blog ini terdapat banner Amazon dan fitur horisontal navbar. Barangkali Anda juga ingin menambahkan banner affiliate program atau bahkan Google Adsense Ads Unit/Link (jika blog Anda berbahasa Inggris) pada bagian header atau blog post Anda.

Seperti kita tahu, Blogger hanya memberikan fitur Page Element pada bagian Footer dan Sidebar, namun tidak pada bagian header dan blog post. Namun sebenarnya Anda bisa menambahkan sendiri fitur Page Element pada bagian header dan blog post.


Tips kali ini akan akan membagikan tutorial sederhana bagaimana cara menambahkan fitur Page Element pada bagian header dan blog post untuk blog ber-platform Blogger/Blogspot.

Berikut adalah langkah-langkah cara menambahkan fitur Page Element pada blog Anda:

1. Masuk Dashboard Blogger/Blogspot --> Klik Layout --> Klik Edit HTML --> Klik kotak Expand Widget Templates (di sebelah kanan atas). Sebelum mengubah kode HTML pada template Anda, jangan lupa untuk selalu membuat copy template Anda sebagai backup.

2. Pada kotak template Anda (dengan bantuan Ctr F) cari kode berikut:



Ubah angka "1" menjadi "3" dan "no" menjadi "yes". Dengan perubahan ini Anda memiliki tambahan 2 fitur Page Element pada bagian header. Anda bisa menambahkan jumlah fitur Page Element sesuka Anda.

3. Selanjutnya pada kotak template Anda (dengan bantuan Ctr F) cari kode berikut:



Ubah "no" menjadi "yes". Dengan perubahan ini Anda memiliki fitur Page Element pada blog post, yang bisa Anda Anda letakkan di bagian atas atau bawah posting.

4. Anda juga bisa menambahkan fitur Page Element di antara header dan blog post Anda. Pada kotak template Anda (dengan bantuan Ctr F) cari kode berikut:



Ubah "no" menjadi "yes".

5. Klik Save Template.

6. Untuk melihat hasilnya, masuk Dashboard --> Klik Template --> Klik Page Elements --> Anda akan menemukan pilihan "Add a Page Element" pada bagian header, blog post dan diantara keduanya.

Selamat mencoba! Seperti biasa, jika ada yang kurang jelas, siapa tahu kode diatas ada yang salah :), silahkan sampaikan pertanyaan atau masukan Anda pada kolom Komentar. Dengan senang hati saya akan berusaha menjawabnya. Ehmm, mohon maaf sebelumnya, tentu saja kalau saya bisa menjawabnya lho. :)

(Gambar diambil dari situs www.skyhighelectronics.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Tips Blogger/Blogspot: Membuat Link "Baca selengkapnya...." Pada Posting Anda
Blogger in Draft Updates: Fitur OpenID Commenting
Mengutak-atik Blogger/Blogspot

0 comments:

Post a Comment