Lonjakan Traffic Akhir Tahun


Sekedar catatan pendek.

Seperti sudah saya duga sebelumnya, menjelang liburan Natal dan akhir tahun ini, situs-situs berbahasa Inggris bertema hiburan (game, toys, gift, travel dan gadget) mengalami lonjakan traffic pengunjung. Termasuk beberapa situs saya. :)

Fenomena ini wajar.

Setiap tahun, menjelang Natal dan tahun baru, terutama di negara-negara English native speaking, banyak orang sibuk mempersiapkan hadiah untuk keluarga, teman dan kolega. Dan online shopping adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan informasi maupun membeli produk yang dicari.


Nintendo Wiidan iPhone nampaknya menjadi buruan banyak orang menjelang pergantian tahun kali ini. Situs game saya mengalami kenaikan traffic cukup lumayan gara-gara Nintendo Wii. Juga situs gadget saya, gara-gara iPhone. Bahkan situs-situs game dummy yang sebenarnya hanya saya manfaatkan untuk membangun link, ikut menikmati kenaikan traffic. Akibat turunannya, klik iklan pun ikut naik. Hingga hari ini, rata-rata klik iklan terutama di Google Adsense dan Amazon, di beberapa situs saya naik nyaris dua kali lipat. Yang biasanya 1 klik per hari, menjadi 2 klik. Yang biasanya tidak ada klik sama sekali, kini setidaknya terdapat 1 klik sehari. :) Hehehe. Jangan dibandingkanlah dengan jumlah klik situs-situs milik Mas Cosa Aranda. Saya masih belajar (sambil berusaha mengejar beliau. Hehehe)


Fenomena kenaikan traffic di situs-situs berbahasa Inggris sebenarnya tidak cuma terjadi menjelang pergantian tahun. Beberapa momen kenaikan traffic juga terjadi pada saat Valentine Day, Halloween, dan Thanks Giving. Secara umum, fenomena ini memang mengikuti tradisi memberi hadiah pada hari-hari tersebut di Amerika dan Eropa.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda ingin ikut menikmati lonjakan traffic ini, tidak ada salahnya mulai memikirkan membangun situs-situs berbahasa Inggris bertema hiburan seperti game, toys, gift, gadget atau travel. Tentu saja bukan berarti Anda harus meninggalkan situs utama Anda. Anda tetap bisa fokus pada situs utama yang sesuai dengan minat Anda, sambil membangun situs-situs ini.

Jika tahun ini belum kesampaian, tahun depan masih ada kesempatan. Bisnis online Anda tidak hanya untuk tahun ini bukan?

Selamat mencoba! Semoga sukses!

Update:
Selain Nintendo Wii dan iPhone, GPS Navigator ternyata juga menjadi salah satu incaran hadiah Natal dan Tahun Baru 2008. Situs tentang GPS yang saya buat sebagai backing sites situs gadget, ternyata malah mendapatkan lonjakan traffic melebihi situs induknya. Hari ini saja, positif ada 5 items order GPS products dari Amazon.com (semuanya produk Garmin).

(Gambar diambil dari Amazon.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Memulai Bisnis Online
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write
Mendaftar Google Adsense

0 comments:

Post a Comment