Wawancara Eksklusif: Nurudin Jauhari - Sang Blogger A-List


Seperti yang sudah saya janjikan kemarin, hari ini Blogguebo.com kembali menghadirkan sebuah wawancara eksklusif.

Kali ini, wawancara eksklusif Blogguebo.com menampilkan seorang blogger Indonesia yang masuk di dalam daftar "
World's Top 100 Blogs" versi Technorati.

Siapakah dia?

Dialah Mas Nurudin Jauhari, blogger Indonesia pemilik Jauhari.net yang kini menempati ranking ke-23 dari 100 blog terpopuler di dunia menurut Technorati (dengan authority: 6,341).

Mas Jauhari, begitu dia dipanggil, selama ini dikenal sebagai salah satu blogger baik hati yang banyak berbagi WordPress themes gratis. Di dunia blogging internasional, tidak sulit menemukan template buatan Mas Jauhari dengan nama-namanya yang sangat "Indonesia", seperti Ngatini, Tukul, Padangan atau Sumenep digunakan oleh blogger-blogger asing.

Yang luar biasa, seperti saya tulis di posting teaser sebelumnya, prestasi Mas Nurudin Jauhari tidak sekedar masuk daftar A-List Blogger, namun juga "mengalahkan" blogger-blogger top dunia yang selama ini banyak dirujuk blogger Indonesia seperti ProBlogger.net (ranking 24), CopyBlogger.com (ranking 32), Dooce.com (ranking 40), Scobleizer.com (ranking 47), ZenHabits.net (ranking 54), atau bahkan MattCutts.com (ranking 91).

Sayang, apresiasi terhadap prestasi Mas Nurudin Jauhari di Indonesia sendiri malah sangat minim. Artikel wawancara eksklusif ini semoga bisa menjadi awal apresiasi kita terhadap prestasi gemilang Mas Nurudin Jauhari. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mendukung blogger Indonesia? Sesama blogger Indonesia harus saling mendukung kan? :)

Agar tidak berpanjang lebar, silahkan disimak wawancara saya bersama Mas Nurudin Jauhari dibawah ini.

Semoga bermanfaat. :)

---------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): Kalau boleh, bisa diceritakan sejak kapan Mas Jauhari mulai aktif di dunia blogging? Apa motivasinya saat itu? Apakah sekedar hobby? Atau yang lain?

(J): Tepatnya saya lupa, kurang lebih tahun 2003 awal. Dulu saya ngeblog di web server kampus dengan domain http://home.umm.ac.id/~uddyn/ (sudah off) menggunakan pMachine sekarang menjadi Expression Exninge dari Elis Lab (sayangnya beberapa posting disini hilang). Kemudian pada pertengahan 2004 saya sempat ngeblog di http://nurtria.info (sudah off juga) yang bertahan hampir setahun. Untungnya beberapa posting di sini sempat saya pindahkan di http://nurudin.jauhari.net, hanya beberapa komentar hilang.

Motivasi saat itu hanya belajar menulis dan menuangkan yang terpikirkan aja, tidak kurang dan lebih, karena saya sendiri termasuk orang yang jarang menulis diary :D

(T): Apakah saat itu sudah terpikir untuk make money from blog?

(J): Belum sama sekali Mas. Dulu awal ngeblog hanya sekedar melampiaskan ide dan menuangkan dalam tulisan. Bahkan saya sering hanya menuliskan lagi beberapa konten dari milis yang saya merasa membuat motivasi hidup lebih baik. Itu ajah.

(T): Apakah saat ini sudah menjadi full-timer blogger? Atau masih sebatas hobby yang menghasilkan uang?

(J): Kalau FULL TIME blogger belum. Tapi saya proses ke arah itu. Karena saat ini saya masih bekerja di sebuah perusahaan properti (www.kotaaraya.com) di kota Malang ini.

Yang jelas dengan ngeblog menambah saudara. Bahkan saya bisa pastikan 200 teman baru yang saya temukan dalam 2 tahun terakhir, 80-90% ini berasal dari dunia blog ini. :D

(T): Mengenai blog Mas Jauhari, apakah Jauhari.net adalah blog pertama yang Mas Jauhari buat? Atau ada blog lain sebelumnya?

(J): Ini bukan blog pertama saya Mas. Seperti yang suda saya jawab di pertanyaan pertama tadi. Itulah beberapa blog pertama saya yang saat ini sudah ALMARHUM.

Mendapatkan domain JAUHARI.net ini juga merupakan mimpi yang jadi kenyataan karena saat awal dulu saya mencoba membeli domain ini statusnya sudah unavailable :( Trus pada pertengahan 2005 (seingat saya) saya cek lagi ini domain ini kok available. Ya udah saya langsung sikat ;)

Sebenarnya ada satu domain lagi yang jadi impian saya. Semoga nanti bisa saya dapatkan ;)

(T): Program monetisasi apa saja yang digunakan Mas Jauhari untuk Jauhari.net? Selain dengan cara direct (misal melalui iklan di Jauhari.net), apakah Mas Jauhari juga melakukan monetisasi indirect (memberikan layanan/jasa kepada klien)? Kalau boleh tahu juga, berapa kisaran earnings yang Mas jauhari peroleh dari aktivitas blogging?

(J): Selain via ads (iklan) saya juga melalui jasa Mas. Sebagian besar jasa saya adalah design blog baik itu Blogger.com, TextPattern dan WordPress. Sebagian besar menggunakan WordPress.

(T): Mas Jauhari dikenal sebagai blogger yang banyak berbagi WordPress gratis. Bagaimana awal mulanya terpikir ide untuk membuat template gratis tersebut?

(J): Ide awal? Saya hanya ingin berbagi. Karena saat itu (sampai sekarang) kualitas tulisan saya belum seperti expert-expert yang lain. Media berbagi themes ini adalah satu satunya alat yang bisa saya sumbangkan ke masyarakat blogger ini. Akhirnya saya mulai belajar bikin themes gratis dan saya berikan ke para blogger. Layanan ini termasuk support yang termasuk kategori tertentu. Kalau blogger ingin lebih personal, saya biasanya tawarkan design ulang melalui jasa saya ini.

(T): Sebagai satu-satunya blogger Indonesia yang masuk daftar The World's Top 100 Blogs (Technorati) di urutan 23, bagaimana perasaan Mas Jauhari? Kaget? Biasa-biasa saja? :) Sejak kapan masuk di dalam daftar prestisius tersebut Mas Jauhari?

(J): Ada rasa bangga juga Mas, bisa mewakili bangsa Indonesia di kancah dunia blog. Semoga langkah saya ini bisa di ikuti oleh para blogger Indonesia yang lain. Tapi terus terang saya tahu kalau masuk The World's Top 100 Blogs ini malah melalui temen saya di USA yang saat itu bikin posting di blognya.

Setelah itu kami malah mulai saling kontak berbagi informasi. Saya merasa tersanjung dan bangga mengenal beliau.

Sejak kapan masuk daftar tersebut? Saya rasa di posting temen saya tersebut bisa menjelaskan :)

(T): Untuk mencapai posisi The World's Top 100 Blogs (Technorati), adakah tips-tips khusus untuk mencapai posisi terhormat sebagai blogger A-List tersebut?

(J):Kalau tips saya sih sederhana Mas. Jangan takut berbagi. Bagilah apa yang kalian mampu dan jadikan dunia blog ini lebih baik dengan sumbangan karya-karyamu, baik itu posting yang menarik, plugins, themes, tips and trick atau apapun itu.

(T): Kalo boleh tahu apa rencana ke depan Mas Jauhari dengan Jauhari.net?

(J): Rencana kedepan saya ingin JAUHARI.net lebih mandiri. Bisa menghidupi diri sendiri baik itu finansial (untuk sewa server), layanan ke para blogger dan menambah penulis tetap disana. Saat ini baru saya dan Arief teman saya di Solo yang posting di JAUHARI.net

Rencana lain saya ingin me-release PREMIUM THEME dengan kualitas dan harga yang lebih membumi. Doakan aja cepat terselesaikan.

(T): Terakhir, apa saran atau masukan Mas Jauhari untuk blogger-blogger pemula yang baru mulai belajar mengelola blog dan menghasilkan uang melalui blog?

(J): Saran? Duh saya bukan tempat yang tepat untuk memberikan saran. Sebutlah aja saya berbagi wacana saja ya. Menjadi blogger itu tidak boleh takut. Cobalah yang kalian mau dan jangan menyerah. Tapi ingat menjadi blogger itu seperti layaknya kita hidup. Anda boleh bermain anonim tapi saya bukan termasuk orang yang suka ber anonim. Saya ya saya.

Wacana lain. Hargailah karya orang lain, baik itu tulisan, desain, plugins, photo, kartun dan lain sebagainya. Bacalah selalu hak cipta yang di cantumkan agar kita bisa menghargai bahwa persaudaraan itu indah.

Dan yang terakhir. Jadilah kreatif. Hindari copas (copy paste). Dan menjadi blogger bagi saya tidak hanya menulis. Tapi juga membaca. Bacalah blog blog para blogger yang lain. Berikan komentar dan saling bertegur sapa. Saya rasa dengan bertegur sapa akan meningkatkan blog itu sendiri.

Barangkali begitu Mas. Terima kasih Mas Medhy. Jika saya ada salah, saya mohon maaf. Untuk blog bahasa indonesia, saya biasa ngeblog disini http://nurudin.jauhari.net

Nurudin Jauhari
------------------------

Berbagi. Berbagi. Berbagi.

Padat. Jelas. Ya, berbagi. Itulah barangkali kunci kesuksesan Mas Nurudin Jauhari untuk menembus lingkaran elit "World's Top 100 Blogs Technorati". Melalui template-template yang dibagikannya secara gratis, Mas Jauhari telah membangun jaringan backlink dan komunitas pengguna template dari Jauhari.net yang luar biasa besar. Dan berbagi itulah yang membuatnya bisa seperti sekarang, menjadi blogger A-List dunia.

Bagaimana menurut Anda?

Tunggu wawancara-wawancara eksklusif lainnya hanya di Blogguebo.com.

(Gambar diambil dari Jauhari.net)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Blogger Indonesia Dalam "World's Top 100 Blogs Technorati"
Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Darren Rowse
Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Jeremy "Shoemoney"

0 comments:

Post a Comment