Berapa Penghasilan Yang Anda Inginkan Dari Aktivitas Blogging? (Blogguebo and Friends' Project Seri 8)


Pengantar:
Bulan Juni ini Blogguebo.com kembali menampilkan seri artikel khusus dengan format wawancara pendek dengan sejumlah blogger Indonesia dalam seri Blogguebo and Friends' Project.

Blogguebo and Friends' Project sendiri adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Seri kedelapan Blogguebo and Friends' Project kali ini menampilkan 11 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Berapa penghasilan ideal yang Anda impikan dari blog Anda? Apa alasannya?"

Banu Salman Farisi (Pemilik Serba-Uang.tk):
"Menurut saya 1 juta/bulan merupakan hasil yang paling realistis untuk sebuah blog. Kalo ingin penghasilan lebih maka bisa menggunakan website."

Fajar R. Qimindra (Pemilik KonsultasiKesehatan.net):
"Penghasilan online yang ideal, berapa ya? Untuk awal-awal ngeblog target saya 1 juta/bulan sudah cukup buat ganti koneksi internet saja. Tetapi apabila sudah optimal blog-blog kita, yang ideal 5-10 juta/bulan untuk biaya team, promo, koneksi, dan lain-lain sudah mencukupi."

Aidi (Pemilik IndoContest):
"Penghasilan yang saya impikan tentu saja 5 digit USD. Dengan penghasilan segitu saya meyakinkan diri saya yang notabene sangat mencintai akuntansi (work as accountant right now) untuk menjadi full-time affiliate marketer."

Ahmad Saltut (Pemilik Zona-Usaha.blogspot.com):
"5 juta/bulan. Karena saya tidak mempunyai keinginan yang terlalu muluk-muluk dan jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari."

Syarifah Lestari (Pemilik SyarifahLestari.blogspot.com):
"Semaksimal mungkin. Bukan maruk, tapi banyak yang bisa dikerjakan dengan banyaknya pemasukan. Banyak kerjaan (positif), bisa menghasilkan banyak pahala kan."

Syamsul Bahry (Pemilik InfoBiznisOnline.blogspot.com):
"Kalau bicara besaran penghasilan yang diinginkan melalui blog, tentu sebagian besar blogger atau bahkan bisa dikatakan semuanya, berkeinginan memperoleh penghasilan yang sebesar-besarnya (idealnya sih). Tetapi tentu saja harapan tidak selalu berbanding lurus dengan kenyataan. Bagi saya sebagai new blogger, mampu menembus angka $500 USD sudah sesuatu yang luar biasa. Tidak ada jumlah nominal penghasilan melalui blog yang pas dan bisa dijadikan ukuran bagi semua blogger. Maksud saya begini, target penghasilan semuanya kembali pada kemampuan (skill) yang dimiliki, keseriusan, dan semangat juang (tidak gampang putus asa). Setelah itu, saya yakin hasilnya akan setahap demi setahap meningkat. Jadi sebenarnya prinsip ini sama saja dengan bisnis di dunia nyata. Semua infrastruktur harus ditata dan dibangun lebih dahulu, setelah proses ini selesai baru melakukan ekspansi. Saya yakin dengan begini hasilnya pasti akan maksimal. Sehingga jumlah ideal penghasilan melalui blog sesungguhnya kembali pada diri blogger masing-masing."

Hermawan (Pemilik Bluemist.co.cc):
"Cukup 6 juta/bulan saja. Mungkin untuk pemula seperti saya jumlah tersebut masih terlalu besar, tapi namanya juga impian. Alasannya, karena sampai saat ini, alhamdulillah saya masih bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan uang kurang dari jumlah tersebut. Selain itu dengan jumlah tersebut sudah cukup untuk modal "resign" kerja di pabrik dan modal pulang kampung."

Syaiful Thohir (Pemilik RijickCipta.com):
"Kalau ditanya penghasilan dari internet, impian saya adalah Rp.4.500.000/bulan. Alasannya adalah: 200 ribu untuk pembayaran biaya Speedy dan sisanya untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara belum punya cara jitu untuk mencapai angka tersebut. Pencapaian pendapatan dari internet selama bulan April sampai hanya US$0.18! Bagaimana impian saya bisa terwujud dengan selisih angka yang sangat jauh dari harapan itu. Hasil tersebut diatas saya dapatkan dari Google Adsense, terutama Search Unit. Karena untuk content, Adsense Link Unit tidak bisa tampil di blog saya yang berbahasa Indonesia. Hanya tampil waktu pertama mendaftar saja. :("

Anto Sugi (Pemilik ArgaBlogBisnis.blogspot.com):
"Untuk penghasilan blog perbulannya terutama bagi saya idealnya Rp.4.000.000. Saya kira itu sudah sangat banyak. Ini bisa kita lihat dari sumber yang bisa mendatangkan uang. Misalkan bisnis affiliasi. Bisnis affiliasi ini biasanya menawarkan beberapa persen dari penjualan produk. Apabila kita bisa menjual 10 produk saja itu sudah sangat bagus. Kemudian dari PTC. Seandainya kita mempunyai 20 referral yang aktif setiap hari, 0.01 x 5 x 20 baru $1/hari. Satu bulan cuma $30. Kemudian untuk bisnis PPC, terutama PPC lokal untuk mencapai angka Rp.1.000.000 sudah sangatlah bagus. Pilihan lain adalah lewat iklan lokal yang bisa kita pasang di blog kita. Harga rata-rata Rp.50.000. Untuk iklan ini tidak mungkin kita memasang banyak iklan dalam satu blog. Jadi kalau kita pasang 10 iklan, setiap bulan kita mendapatkan Rp.500.000. Jadi menurut saya penghasilan ideal yang bisa saya dapat adalah Rp.4.000.000/bulan."

Sudarto (Pemilik SuksesUangPanas-InvestasiJoss.blogspot.com):
"20 juta rupiah per bulan. Harapannya bisa memiliki kebebasan finansial dan waktu. Tidak bisa dari satu blog, ya dua, tiga blog atau lebih. Terima kasih, Mas Medhy."

Arif Fayantori Wibowo (Pemilik Fayantori31.wordpress.com):
"Untuk saat-saat ini saya ingin bisa mendapatkan 100 juta/bulan, karena saya ingin membantu kedua orang tua yang saat ini sedang terlilit hutang dengan jumlah kurang lebih segitu. Dan jika sudah selesai hutang-hutang orang tua saya, saya ingin bisa menghasilkan minimal 3 juta/bulan. 500 ribu untuk saya pribadi (untuk biaya ngeblog, kebanyakan nggak ya?), 1 juta untuk belanja istri, 1,5 juta untuk biaya sekolah anak-anak dan untuk sosial di masyarakat." Bisa nggak ya? Karena saya ngeblog hanya menggunakan HP."

------------------------------------------------------------------

Setiap orang berhak punya impian. Jadi, absah-absah saja jika teman-teman kita diatas memiliki pendapat yang berbeda-beda soal jumlah penghasilan yang diinginkan dari aktivitas ngeblog. Asal mau, sebenarnya pasti bisa kok.

Impossible is nothing. Itu keyakinan saya. :)

Bagaimana dengan Anda? Berapa penghasilan ideal yang Anda inginkan dari blog Anda?

Senang sekali jika Anda juga mau berbagi pendapat disini. :)

Semoga bermanfaat. :)

------------------------------------------------------------------
Ingin terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy@blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari ACF-FR.org)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Mana Yang Lebih Penting: SEO atau SMO?
Apa Program Monetisasi Blog Favorit Anda
Apa Kendala Terbesar Untuk Menghasilkan Uang Lewat Blog?

0 comments:

Post a Comment