Hal-hal yang Dilarang untuk Penderita GERD

Saya sering mendapat pesan masuk, sms maupun telepon dari penderita GERD tentang tips-tips agar sembuh dari GERD. Meskipun sudah saya tulis di blog rupanya masih saja belum puas kalau belum tanya langsung ke orangnya ya, Hehe.. padahal sudah saya tulis di blog lebih detail. Tujuan saya tulis di blog supaya lebih jelas dan tidak perlu bertanya lagi ke saya karena jawabanya sudah ada disini semua.

Saya tak punya solusi khusus karena diagnose sakit kita mungkin beda. Hanya saja mungkin sedikit membantu memberikan info beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk penderita GERD, diantaranya yaitu : 

1. Jangan banyak pikiran. PIkiran mengakibatkan asam lambung over produksi. Asam lambung yang fungsi utamanya mencerna makanan akan over jika kita terlalu stress. Jika sudah over, asam lambung bisa naik ke kerongkongan karena otot LES Anda kendor. Katup kerongkongan kita diciptakan Tuhan dengan sangat sempurna, bisa buka nutup sendiri. Contoh saat sedang menelan makanan, katup bisa tertutup otomatis nah kalau kendor, asam lambungnya naik rasa ganjal di tengorokan pasti muncul. Bawaannya gumoh/ pengen meludah terus. Ga nyaman banget. 

2. Jangan tidur setelah makan. Terutama abis makan siang pasti bawaannya mengantuk. Nah untuk amannya jangan tidur siang atau tidur 2-3 jam setelah makan. 

3. Jangan makan sambil tiduran 

4. Jangan makan/ minum sambil berdiri (emangnya lagi standing party ya atau prasmanan ga dapat tempat duduk? ) hihi.. 

5. Jangan makan makanan yang berlemak seperti seafood/ikan laut, kacang tanah, susu, keju dan aneka olahannya, coklat, makanan berbahan pengawet, jahe, es, santan, pedas, asam, kecut, jika GERD Anda tergolong parah hindari dulu gorengan-gorengan. Tapi soal makanan ini tidak mutlak harus seperti ini, karena kondisi dan keluhan tiap orang berbeda. Ada beberapa orang yang justru tidak pantang makan nah itu dia saya juga heran mungkin cuma stress pikiran aja belum sampe GERD. 

6. Jangan lupa olahraga dan minum air putih yang banyak 

7. Jangan lupa konsumsi buah-buahan seperti pisang raja, pepaya, melon, bengkoang, pir hijau, buah naga, apel merah. 

8. Jangan melanggar pantangan makan sampai Anda benar-benar sembuh. Biasanya orang ga sabar pengen makan pantangannya sekali makan gapapa, besoknya nyoba lagi kumat. 

9. Jangan terlambat makan. 

Semua hal ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Mohon maaf bila ada kekeliruan, jika Anda seorang dokter hehe… jika ada yang salah dengan tulisan saya bisa komentar dibawah ini. (namanya juga pengalaman pribadi hehe..)

0 comments:

Post a Comment