Pentingnya Sarapan Pagi

    Aku paling ga bisa kalau ga sarapan pagi. Udah kebiasaan dari kecil selalu sarapan dulu kalau mau berangkat sekolah. Pernah sih dulu sok-sokan niru-niru bule nih, sarapan pake roti sama susu. Eh, yang ada malah muntah-muntah pas upacara dan nyaris pingsan. Mungkin ni perut terbiasa makan nasi kalau ga makan nasi belum makan kayaknya. 


   Biarpun ga kerja kantoran, aku selalu bangun pagi untuk menyiapkan sarapan pagi sekaligus makan siang buat aku dan bapakku. Sebenernya pengen sih bangun siang kayak orang lain, tapi mau gimana lagi sejak kena gangguan pencernaan, ni perut suka demo kalau telat bangun pagi. Jadi aku kalau di rumah ga perlu jam weker. Bunyi perutku yang keroncongan nih udah jadi weker otomatis dalam hidupku. Asli ga serileks orang dengan pencernaan normal dan sehat kalau hidup mesti dikit dikit makan. 

    So, buat yang pencernaannya masih kuat dan sehat, dijaga ya, soalnya kalau udah kena sakit maag itu ya ampun… males banget kalau ngemil mulu sangat mengganggu aktivitas. Untung aku ga kerja ikut orang. Dulu, waktu masih kerja kantoran, tersiksa banget nih lambung. Musti curi-curi kesempatan masuk toilet buat ngemil biscuit. Perasaan dari kemarin aku ceritanya selalu toilet mulu ya :D :D eh tapi ini based on true story lho. Sekarang sih lebih bebas, kerja dirumah ga sungkan-sungkan lagi kalau mau ngemil dan alhasil lambung saya lebih sehat. 

    Oya, menu sarapan pagiku selalu jadi satu dengan makan siang. Biar irit dan hemat energi masaknya sekalian gitu. Kalau sekarang ini aku sukanya masak soto, sop, semur, capcay kuah, kare, gule, dll tapi sebenarnya apapun masakannya rasanya rasa sop semua. :D :D ketauan deh aku ga bisa masak. 

    Aku kadang heran sama murid-murid lesku kalau kutanya mereka sarapan pagi gak kalau ke sekolah? Mereka bilang ga pernah sarapan pagi. Cuma minum susu aja tahan sampai siang. Wew… aku sering takjub kalau lihat ada orang kuat nahan lapar atau lihat orang makan bakso/ mie ayam pake saus sambal,saus tomat, masih plus sambal lagi wowowow… sampe triping ngeliatnya… (geleng-geleng kepala) super sekali lambungnya. Ya, memang luar biasa ya Tuhan itu bisa menciptakan lambung manusia sekuat itu. Cuma kitanya aja yang kadang ga menjaga kesehatan jadinya nyesel deh kayak aku. 

    Sarapan pagi sangat penting, nanti ya kalau aku punya anak, ga boleh ga sarapan pagi. Meskipun kuat ga sarapan, harus sarapan. Biar bisa konsentrasi kalau pas sekolah. Dan yang paling penting jangan dibiasakan makan makanan instan/ junkfood buat sarapan. Tidak ada faedahnya sama sekali. Yang ada malah gampang kena tifus #pengalaman pribadi. 


0 comments:

Post a Comment