Blog Yang Layak Kunjung


Apakah kriteria blog yang layak dikunjungi?

Jawabannya bisa berderet. Setiap orang punya alasan berbeda.

Kawan saya suka membaca blog yang ditulis orang terkenal. Alasannya, ia ingin tahu sisi intim si tokoh yang sering dilihatnya di teve. Di dalam blog, biasanya memang orang lebih berani terbuka. Dengan membaca blog si tokoh, kawan saya bisa melihat sisi lain si tokoh yang tidak ditemukannya di media massa.

Kawan yang lain suka mengunjungi blog dengan topik tulisan yang unik, tidak jamak, dan tidak mungkin ditemukan di mainstream media. Buat apa baca blog kalau isinya sama dengan koran, gerutunya. Tapi benar, kelebihan blog salah satunya adalah membuka ruang aliran informasi di luar pintu informasi yang sudah ada.

Kawan yang lain suka membaca personal blog yang isinya catatan harian. Ya, diary. Karena ditulis setiap hari, menurutnya blog tersebut tidak pernah basi dan selalu baru sehingga menarik untuk dikunjungi. Alasan yang masuk akal.

Kawan yang lain mengaku senang membuka blog berdesain menawan. Ia suka meniru desain blog yang dianggapnya nyeni dan out of box. Maklum, dia orang desain. Tidak salah dong belajar desain lewat desain blog.

Kawan yang lain lagi suka mengunjungi blog yang memberikan informasi yang ia butuhkan. Mungkin tentang teknik membuat blog. Atau cara bertransaksi saham. Atau informasi beasiswa. Atau perkembangan IT termutakhir. Atau sekedar panduan cara memasak berbagai jenis sup.

Sangat beragam, bukan?

Tetapi jika boleh disarikan, barangkali ada 4 kriteria utama blog yang layak dikunjungi.

Pertama, newness, isi yang selalu baru. Hemat saya kriteria ini seharusnya menjadi perhatian utama. Blog yang layak dikunjungi adalah blog yang selalu ter-update. Bukan blog yang isinya berbulan-bulan itu-itu saja.

Basi.

Soal isi setiap orang punya penilaian berbeda. Isi blog yang bagus bisa subjektif. Tapi apalah artinya blog dengan tulisan bagus namun selama berbulan-bulan hanya berisi satu tulisan? Lebih berharga sebuah blog biasa-biasa, namun menawarkan sesuatu yang baru setiap hari. Entah catatan aktivitas sehari-hari, entah renungan, entah gerundelan, entah analisis canggih. Tidak peduli walau isinya hanya satu dua kalimat. Asal rutin. Jika ditakar, hemat saya nilainya akan lebih tinggi.

Blog yang selalu ter-update membuktikan bahwa si penulis bertanggungjawab terhadap blog miliknya. Apapun isinya, kumpulan posting yang ter-update rutin akan menjadi catatan sejarah berharga bagi penulisnya. Ia bisa menelusuri kembali buah pikirannya pada suatu rentang masa.

Blog yang selalu ter-update juga membuat pembacanya merasa diperhatikan. Ia seperti mengajak berdialog. Bercerita. Berbagi.

Jadi, jika ingin mengunjungi sebuah blog, cukup pastikan ia ter-update rutin.

Kedua, isi yang menarik. Blog yang layak dikunjungi adalah blog yang membuat pembacanya tergoda untuk selalu membaca isinya. Menarik? Tetapi menarik menurut siapa? Jawabannya: menurut Anda. Menarik atau tidak memang subjektif. Ia bisa jadi debat kusir berkepanjangan. Menarik untuk si A, belum tentu menarik bagi si B, C, D atau E. Tetapi tidak usah risau. Tidak perlu berdebat. Kuncinya satu, Anda tertarik dengan isi blog yang Anda baca. Jangan pedulikan orang lain.

Isi yang menarik bisa jadi karena tema posting-nya. Atau gaya bahasanya. Atau sesuai dengan minat dan kebutuhan pembacanya. Atau bisa jadi sekedar lucu. Unik. Jarang. Atau malah aneh. Yang pasti blog dengan isi yang menarik akan banyak dikunjungi pembaca.

Ketiga, desain blog yang menarik. Harus diakui, blog dengan desain menarik menjadi salah satu kriteria untuk dikunjungi pembaca atau tidak. Sebuah blog berdesain bagus akan membuat pembacanya betah berlama-lama membaca posting-nya. Sebaliknya, blog yang garing atau malah terlalu rame akan membuat pembacanya merasa cepat bosan.

Lalu bagaimana desain blog yang menarik? Kata kuncinya adalah proporsional. Tidak terlalu rame dengan berbagai aksesoris (yang tidak perlu), tetapi juga tidak terlalu miskin fitur sama sekali. Membuat desain blog yang menarik tidak harus membuat kita menjadi desainer web profesional. Semua orang bisa membuat desain blog yang menarik karena hampir semua penyedia layanan blog sangat mudah dipergunakan. Selain itu, kita juga bisa mencontoh blog lain yang jumlahnya berjuta-juta itu, bukan?

Keempat, aksesoris/fitur/layanan yang bermanfaat. Salah satu kelebihan blog yang sering dikunjungi pembaca adalah tersedianya aksesoris/fitur/layanan yang bermanfaat. Dengan manfaat aksesoris/fitur/layanan ini, pembaca blog merasa mendapatkan nilai lebih saat berkunjung ke blog tersebut.

Salah satu aksesoris penting sebuah blog adalah layanan memberi komentar. Dalam dunia blog, komentar adalah tool untuk saling mempromosikan diri. Sama-sama untung. Simbiose mutualism. Dengan memberi komentar, seorang pembaca memberikan apresiasi terhadap isi sebuah blog. Sebaliknya, si pemilik blog juga akan bisa melacak alamat blog si pemberi komentar sehingga kedua belah pihak akan saling mengenal. Pada gilirannya, blog keduanya akan saling dikuatkan. Tidak ada yang lebih tinggi. Tidak ada yang lebih rendah. Semua setara.

Aksesoris penting lain adalah layanan link blog lain. Dengan adanya layanan ini, seorang pembaca blog cukup membuka satu blog dan bisa menjelajahi dunia blog yang hampir tanpa batas. Blog yang memiliki layanan ini tentu akan sangat memudahkan pembacanya.

Aksesoris lain yang menjadi kriteria blog yang layak dikunjungi tentu bisa berbeda untuk setiap orang. Ada banyak aksesoris dalam dunia blogging. Tetapi yang pasti, semakin besar manfaat aksesoris/fitur/layanan yang diberikan sebuah blog, semakin besar pula pembaca yang akan berkunjung.

Sebagai pembaca, keempat kriteria penting diatas layak dijadikan ukuran untuk berkunjung ke sebuah blog. Sebagai pemilik blog, keempat kriteria diatas bisa menjadi bahan koreksi diri. Apakah blog Anda cukup layak untuk dikunjungi? Atau mengapa selama ini blog Anda tidak ada yang mengunjungi?

Tidak ada salahnya kita evaluasi.

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

0 comments:

Post a Comment