Bahasa Inggris versus Bahasa Indonesia: Pilih Mana?


Jika diminta memilih, Anda lebih suka menulis blog dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris?

Jawabannya hampir bisa ditebak: bahasa Indonesia.

Ya, masuk akal. Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu kita. Bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Bahasa yang kita kenal sejak kecil. Menulis dalam bahasa ibu kita sendiri tentu bukan sesuatu yang sulit.

Bahasa Inggris, di lain pihak, adalah bahasa asing. Bahasa yang hanya kita "pelajari" di sekolah. Bahasa yang berjarak teramat jauh dari keseharian kita.

Persoalan muncul ketika pertanyaan sedikit diubah: Jika Anda harus menulis blog demi tujuan mendulang uang lewat internet, bahasa apakah yang Anda pilih?

Jawabannya berbeda: bahasa Inggris.

Dan inipun masuk akal. Pertama, sebagian besar program pendulang uang melalui internet saat ini hanya menerima blog-blog berbahasa Inggris (silahkan klik disini link dari Internet World Stats 2007 untuk melihat dominannya negara-negara English-speaking country). Kedua, sebagian besar pemakai internet (dan sekaligus konsumen produknya) saat ini adalah penduduk negara-negara berbahasa Inggris (silahkan klik disini link dari Internet World Stats 2007 ini).

Dilematis?

Menulis dalam bahasa Indonesia, tidak akan pernah maksimal merasakan pundi-pundi dollar masuk ke kantong kita. Menulis dalam bahasa Inggris, bisa mati berdiri. Hehehe.

Ketika dipaksa harus menulis dalam bahasa yang bukan bahasa ibu kita, apa pilihannya? Hehehe. Ya, copy-paste. Sebagian karena terpaksa, sebagian yang lain karena malas.

Tetapi memaksakan diri menulis dalam bahasa Inggris demi tujuan mendulang dollar sementara kemampuan grammar masih nol besar, bagi saya, tidak akan memberikan imbalan maksimal.

Sampai kapan mau copy-paste? Sampai kapan mau membohongi diri sendiri?

Saya sendiri yakin suatu saat blog-blog berbahasa Indonesia akan punya daya tawar tersendiri di komunitas internasional. Sekedar informasi, pengguna internet di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-14 di seluruh dunia, dibawah Kanada dan diatas Australia (silahkan klik disini link dari Internet World Stats 2007 ini). Di Asia, Indonesia menduduki peringkat ke-5 setelah China, Jepang, India dan Korea Selatan (silahkan klik disini link dari Internet World Stats 2007 ini).

Jumlah penduduk Indonesia adalah pangsa pasar yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk nomor empat di dunia, dibawah Amerika, India dan China (silahkan klik disini link dari Internet World Stats 2007 ini).

Barangkali yang mendesak kita lakukan sekarang adalah: pertama, memperbanyak jumlah blogger di Indonesia sehingga diperhitungkan di komunitas internasional dan menarik semakin banyak pemasang iklan di pasar Indonesia (salah satu tujuannya agar Google Adsense men-support bahasa Indonesia); kedua, menulis blog dengan bahasa Indonesia yang "enak dibaca" (baik dan benar sesuai EYD, belum tentu enak dibaca bukan?) sehingga semakin banyak orang yang tertarik membaca blog; ketiga, bertanggung jawab sebagai blogger Indonesia yang membawa nama baik Indonesia di dunia internasional (jangan bikin masalah dengan mass invalid click atau phishing).

Wah, lha kok jadi serius begini. Hehehe.

Intinya saya mau bilang: nge-blog-lah dengan cinta. Jangan diperbudak oleh apapun. Jangan copy-paste jika memang sulit menulis dalam bahasa Inggris. Tidak perlu membohongi diri sendiri.

"Mari menulis blog dengan cinta (dalam bahasa Indonesia)."

Disclaimer: Sampai hari ini, Blogguebo (masih) merupakan blog pribadi. Apa yang tertulis di posting ini adalah pandangan pribadi. Jadi sebelum keduluan, dilarang protes. Hehehe.

(Gambar diambil dari Internet World Stats 2007)

Medhy Aginta Hidayat

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
"Klik Klik Klik Dapat Duit?"
Memulai Bisnis Online?
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write

0 comments:

Post a Comment