Harga Sebuah Ide: (4) 500Words.com










(4) 500Words.com

Siapa bilang ide contekan tidak berharga?

Di dunia maya, orisinalitas ide bukan segala-galanya. Mencontoh ide yang sudah ada dan mengembangkannya dengan sedikit modifikasi bukanlah hal yang haram. Tengoklah proyek 500Words.com yang dikerjakan Joel Comm, praktisi bisnis online yang terkenal dengan e-booknya "The Adsense Secret."

Joel mengerjakan proyek ini karena terinspirasi oleh sukses luar biasa situs MillionDollarHomepage.com milik Alex Tew. Seperti pernah ditulis di blog ini, Million Dollar Homepage adalah situs yang menjual 1 juta pixel seharga 1 dollar per pixel, dengan pembelian minimum 100 dollar, untuk menampilkan logo atau desain iklan yang diinginkan si pembeli secara online selama 5 tahun di situs milliondollarhomepage.com. Hanya dalam waktu empat bulan, 1 juta pixel terjual. Dan Alex Tew, si pemilik ide situs Million Dollar Homepage menjadi seorang milyuner.

Situs 500Words.com mengambil ide dasar Million Dollar Homepage dengan mengubah satuan pixel yang dijual menjadi keywords tags. Ringkasnya, Joel menyediakan 500 keywords tags link yang bisa dibeli untuk ditampilkan di situs 500Words.com selama 2 tahun. Untuk membeli sebuah keyword tag, Joel menyediakan variasi pilihan harga berdasarkan bentuk font, warna, tebal-tipis, bahkan dengan pilihan keyword tag yang bisa diajukan oleh si pembeli sendiri. Dalam waktu tiga hari sejak diluncurkan pada tanggal 26 Juni 2007, 300 keyword tags habis terjual. Hari pertama saja, 500Words.com memberikan pemasukan kurang lebih $20,000. Hari ketiga, $35,000. Tanggal 1 Juli 2007, 500Words.com duduk di ranking 3 daftar Alexa's Movers and Shakers, dengan kenaikan jumlah pengunjung mencapai 1500%. Tanggal 12 Juli 2007, tidak sampai sebulan, 500 keyword tags habis terjual dengan pemasukan kurang lebih $50,000.

Dan proyek 500Words.com pun menjadi buzz baru di dunia cyberspace.

Naluri bisnis Joel mencium peluang baru yang tak kalah besarnya. Joel kemudian menawarkan sofware pembuat situs 500Words.com, The Link Sizzler, kepada siapapun yang ingin membuat situs sejenis. Dengan harga $997 dan non-refundable, produk inipun ternyata tetap laris manis. Belasan situs berbasis keyword tags cloud kemudian lahir.

Beberapa diantaranya adalah (secara acak):

1. TopLinks.com
2. 500InternetMarketers.com
3. 300JobsforMoms.com
4. 300Blogs.com
5. 100BusinessOpportunities.com
6. Top500WomenLinks.com
7. 500AuctionSellers.com
8. 1001ThingsIWantNow.com
9. 300Affiliates.com
10. 100RomanceSites

Joel Comm sendiri membuat proyek baru 499Sites.com, situs sejenis yang memberi kesempatan setiap pembelinya untuk memilih sendiri frase (bukan sekedar kata) yang diinginkannya.

Sebuah situs sejenis yang menarik adalah Free500Words.com. Berbeda dengan situs-situs berbasis Link Sizzler buatan Joe Comm, situs ini sama sekali tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin keyword tag situsnya tampil di situs Free500Words.com. Lebih jauh, Free500Words.com juga memberikan secara gratis software FreeSizzler untuk Anda download. Jika Anda tertarik? Silahkan klik disini.

Meskipun banyak dikritik sebagai the new link farm dan dianggap tidak orisinal, harus diakui ide 500Words.com telah menyedot banyak perhatian dan menjadi fenomena peluang bisnis online tersendiri.

Satu lagi sebuah peluang bisnis online yang lahir dari sebuah ide brilian dan keberanian bertindak, meskipun tidak orisinal.

Bagaimana dengan Anda? Anda punya ide brilian?

(Gambar diambil dari screenshoot 500Words.com)

Medhy Aginta Hidayat

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Harga Sebuah Ide: (1) Million Dollar Homepage
Harga Sebuah Ide: (2) SantaMail
Harga Sebuah Ide: (3) PickyDomains

0 comments:

Post a Comment