Harga Sebuah Ide: (2) SantaMail

(2) SantaMail
Idenya sederhana: mengirimkan surat dari Santa Claus untuk anak-anak di seluruh dunia pada hari Natal.

Adalah Byron Reese yang membangun bisnis online bernilai jutaan dollar dari ide tersebut. Ia adalah pendiri SantaMail.org, sebuah situs layanan pengiriman surat unik untuk anak-anak pada hari Natal.

Byron mulai membangun SantaMail.org pada tahun 2001 dengan menawarkan layanan pengiriman surat-surat unik dari para orang tua yang ingin memberikan hadiah Natal untuk anak-anak mereka. Ia membuat kartu ucapan, postcard dan gift card untuk anak-anak. Untuk setiap suratnya Byron mematok harga 9.95 $.

Yang istimewa, surat-surat SantaMail.org dibuat sedemikian rupa seolah-olah sungguh-sungguh dikirim oleh Santa Claus. Untuk memberi kesan ini Byron bahkan tak segan-segan mengirimkan surat-surat Santa Clausnya dari Kutub Utara, Alaska - lengkap dengan stempel pos Alaska.

Tahun pertama memulai bisnisnya, 10.000 surat telah dikirimkan Byron ke seluruh dunia. Saat ini SantaMail setidaknya mengirimkan 200.000 surat Natal untuk anak-anak di seluruh dunia. Enam bulan sebelum Natal bahkan ia sudah menutup permintaan karena begitu banyaknya surat yang harus dibuatnya.

Kesuksesan SantaMail.org, seperti halnya kesuksesan Alex Tew dengan milliondollarhomepage-nya, menginspirasi lahirnya situs-situs sejenis sejak tahun 2001. Dua diantaranya adalah SantaMail.com.au dan SantaMail.co.uk.

SantaMail.org adalah sebuah ide sederhana yang lahir dari pengalaman masa kecil Byron ketika ia selalu mendapatkan surat dari Santa Claus (tentu saja dikirimkan oleh orang tuanya). Ide sederhana, yang diwujudkan menjadi sebuah peluang bisnis luar biasa.

Bagaimana dengan Anda? Anda punya ide brilian dan orisinal?

(Gambar diambil dari screenshoot SantaMail.org)

Catatan Seri (3):
Seri berikutnya akan mengulas tentang bagaimana ide menjual layanan membuat nama domain yang unik dan catchy bisa menjadi peluang bisnis bernilai jutaan dollar. Sekali lagi, jangan lewatkan :)))

Medhy Aginta Hidayat

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Memulai Bisnis Online?
Harga Sebuah Ide: (1) Million Dollar Homepage

0 comments:

Post a Comment