ScratchBack: Beri Daku Tip, Linkmu Kupasang


Barangkali ungkapan itulah yang paling tepat untuk menggambarkan ide dasar blog widget ini.

Apa sebenarnya ScratchBack?

Scracthback adalah widget "online tipping" buatan Jim Kukral, seorang creative online marketer. Cara bekerjanya demikian: Anda memasang widget Scratchback (yang disebut TopSpot) di blog Anda, pengunjung blog Anda memberikan tip senilai minimal $1 melalui widget TopSpot yang ada di blog Anda dan sebagai imbalannya ia bisa memasang anchor link blognya di widget TopSpot Anda. Pembayaran tip dilakukan oleh ScratchBack lewat Paypal dengan minimum payout $25.


Untuk menggunakan widget TopSpot, tidak diperlukan syarat apapun. Caranya juga sangat mudah. Anda cukup mendaftar di situs ScratchBack - tentu saja gratis - Anda buat sendiri desain widget Topspot yang Anda inginkan, pasang kodenya di blog Anda, dan setelah terpasang, Anda siap menerima tip dari pengunjung blog Anda. Contoh widget TopSpot bisa diklik disini.

Dengan widget TopSpot, selain menerima tip, Anda pun bisa memberi tip dan memasang link blog Anda di blog yang memasang widget ini. Hanya dengan $1, link Anda akan tampil di blog yang Anda inginkan.

Sayangnya, barangkali agak sulit menemukan pengunjung yang mau memberi tip ke blog Anda yang berbahasa Indonesia jika pembayarannya dilakukan dengan Dollar. Wajar, blog berbahasa Indonesia tentu saja mayoritas pengunjungnya adalah orang Indonesia yang tidak terbiasa melakukan transaksi pembayaran dengan mata uang Dollar. Apalagi harus punya Paypal. Lain soal jika blog Anda berbahasa Inggris. Kebanyakan pengunjung tentu adalah mereka yang terbiasa menggunakan Dollar (dan kebanyakan punya akun Paypal).

Nah, mungkin ini bisa jadi peluang bagi Anda yang jago membuat widget semacam ini. Kenapa tidak membuat widget sejenis versi Indonesia? Tentu dengan mata uang rupiah dan pembayaran lewat transfer bank, misalnya. Sepertinya belum ada yang mencoba di Indonesia.

Bagaimana menurut Anda?

(Gambar diambil dari situs ScratchBack)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Smartlinks: Link Cerdas untuk Blog Anda
Entrecard: Pilihan Lain Mempromosikan Blog Anda
Mencari Social Bookmarking Indonesia?

0 comments:

Post a Comment