Selamat Tinggal Adsense Referral Program


Hadiah tahun baru dari Google Adsense. :)

Mulai akhir bulan Januari ini Anda tidak bisa lagi memasang
button referral Adsense di blog Anda. Artinya? Ya, tidak ada lagi kesempatan mendulang uang dari referral program Google Adsense.

Hari ini Google Inside Adsense mengumumkan perubahan sistem referral program mereka. Ada dua perubahan penting yang dilakukan:


Pertama, jika Anda tinggal di Amerika Utara, Amerika Latin dan Jepang, sistem pembayaran referral program Google Adsense mengalami perubahan cukup signifikan. Dengan sistem lama, Anda bisa mendapatkan $5 jika referral Anda mendapatkan $5 pertama dalam 180 hari dan $250 jika referral Anda mendapatkan $100 pertama dalam 180 hari. Dengan sistem yang baru, Anda tidak mendapatkan komisi apapun jika referral Anda mendapatkan $5 pertama mereka dalam 180 hari dan "hanya" mendapatkan $100 jika referral Anda mendapatkan $100 pertama mereka dalam 180 hari. Dan ingat, itupun jika Anda tinggal di Amerika Utara, Amerika Latin atau Jepang (saya masih ada peluang, hehehe). Jika Anda tinggal di luar ketiga wilayah itu, silahkan disimak perubahan kedua.

Kedua, jika Anda tinggal di LUAR Amerika Utara, Amerika Latin atau Jepang, referral program Google Adsense tidak bisa lagi Anda ikuti. Alias DITIADAKAN. Alias "Bye bye Adsense Referral Program ...."

Keputusan meniadakan referral program untuk wilayah geografis di luar Amerika Utara, Amerika Latin dan Jepang ini memang aneh. Lucu. Diskrimatif. Bahkan menyinggung perasaan orang semacam Darren Rowse, pemilik ProBlogger yang tinggal di Australia. Jeremy "Shoemoney", yang jelas-jelas tinggal di Amerika pun menyebut keputusan konyol Google Adsense kali ini sebagai "tamparan buat para webmaster di luar Amerika." Di Indonesia, orang sekelas Cosa Aranda juga mengeluhkan kebijakan Google Adsense yang terkesan semakin tidak memihak publisher mereka.

Kenapa wilayah geografis yang dijadikan ukuran? We live in a borderless cyberspace age, dude. Come on! Are you kidding at me or what? :(

Hikmahnya? Jangan bergantung pada satu program apapun. Ungkapan bijak, meskipun klise, rasanya tetap bisa kita ingat-ingat:
"Don't put all your eggs in one basket." Masih banyak pilihan lain. Program seperti ini misalnya. :)

Catatan: Perubahan ini tidak berlaku untuk produk referral yang lain seperti Google Pack, Google Adwords, FireFox dan referral yang lain. Jadi hanya untuk produk referral Adsense dan Anda tetap bisa memasang text link Adsense yang lain.

Selamat tinggal Google Adsense Referral Program. :)

(Gambar diambil dari Google Adsense)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:

Mendaftar Google Adsense
Google Pagerank, Blogguebo dan Friendster
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write

0 comments:

Post a Comment