Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Budi Putra


"Bermainlah di niche blogs. Topik-topik spesifik akan membuat blog Anda memiliki positioning yang jelas." (Budi Putra dalam wawancara Blogguebo 2008)

Pengantar:
Sejak beberapa hari yang lalu Blogguebo menyajikan seri wawancara eksklusif bersama sejumlah blogger profesional, baik dari dalam maupun luar negeri, seputar dunia
blogging, blogging business dan make money from blogging, terutama untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris. Seri wawancara ini seluruhnya dilakukan melalui email dan hasilnya ditampilkan apa adanya, tanpa ada yang dikurangi ataupun ditambah.

Untuk seri keenam kali ini, wawancara dilakukan bersama Budi Putra, blogger profesional Indonesia pemilik situs BudiPutra.com, TheGadgetNet.com dan jaringan
blogging network Asia Blogging Network (ABN). Selain menggawangi blog-blog diatas, Mas Budi juga dikenal sebagai penulis Indonesia untuk CNet Asia. Mas Budi Putra juga banyak dibicarakan di dunia blogging Indonesia sebagai salah satu role model yang berani memutuskan mundur dari pekerjaan kantoran yang sebelumnya dijalaninya dan menjadi seorang full-timer blogger. Jika Anda benar-benar serius ingin menekuni dunia blogging dan bisnis online, wawancara kali ini sangat berharga untuk Anda simak.

Silahkan kunjungi BudiPutra.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Mas Budi Putra.


Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut. :)

Semoga bermanfaat.

--------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): Bagaimana pendapat Mas Budi tentang dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia di tahun 2008 ini? Membaik? Stag? Tambah kacau?

(J): Saya kira dunia blogging di Indonesia di tahun 2008 ini akan tambah semarak. Makin populernya blog di Indonesia sejak dua tahun lalu akan dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. Kita bisa melihat munculnya blog-blog baru.

Di berbagai pelatihan atau workshop blogging, saya melihat antusias publik untuk tahu dan belajar ngeblog sangat besar. Mulai dari pelajar SMP hingga ibu-ibu rumah-tangga menunjukkan minatnya untuk belajar blog.

Fenomena yang sama juga akan terjadi pada aktivitas make money from blogging. Saya kira akan semakin banyak blogger Indonesia memanfaatkan peluang ini. Apalagi sejumlah perusahaan lokal yang bergerak di bidang PPC sudah mulai muncul. Saya kira ini akan meningkatkan minat blogger dalam menjadikan blog sebagai salah satu bentuk menghasilkan pendapatan.

(T): Bagaimana dengan realitas blog-blog non-English (berbahasa Indonesia)? Bagaimana prospeknya di tahun 2008 ini? Bisakah merebut kue iklan yang mayoritas berbahasa Inggris? Apa strateginya?

(J): Saya kira blog-blog berbahasa Indonesia akan punya lebih banyak penggemar di Indonesia. Bukannya tak bisa berbahasa Inggris, tetapi saya amati pembaca blog Indonesia cenderung menyukai blog-blog berbahasa Indonesia. Fenomena ini menunjukkan: kendatipun blog adalah fenomena global, tetapi content dan community-nya cenderung lokal.

(T): Apa sebenarnya kelebihan blog berbahasa Indonesia dibanding blog berbahasa Inggris berkaitan dengan topik make money from blog?

(J): Saya kira jika Google AdSense dalam TOS-nya secara terbuka mengizinkan blog-blog berbahasa Indonesia menggunakan AdSense, pertumbuhan blog berbahasa Indonesia akan lebih dahsyat lagi. Saya kira sudah saatnya Google mengubah kebijakannya soal ini. Bagaimanapun, Indonesia adalah pasar yang sangat besar.

(T): Apa kekurangannya?

(J): Kekurangannya ya itu tadi, gak boleh dipasangi Google Adsense. Makanya perusahaan PPC lokal akan sangat diminati di Indonesia. Saat ini sudah ada Affiliates Indonesia dan KumpulBlogger.com yang bermain di niche ini.

(T): Apa peluang terbesar blog-blog berbahasa Indonesia untuk mendapatkan kue iklan online?

(J): Ya, peluangnya sangat besar. Bagaimanapun, pemasang iklan lokal bisa memanfaatkannya.

(T): Bicara soal niche, sebenarnya niche apa yang cukup menjanjikan untuk blog berbahasa Indonesia?

(J): Saya yakin setidaknya ada empat niche yang akan laris manis untuk blog berbahasa Indonesia: tips (berbagai bidang, misalnya tips kesehatan, tips komputer, dll), travel, kuliner dan selebritis.

(T): Bagaimana dengan blog-blog pribadi? Bisakah ikut terjun dalam dunia make money from blogging ini? Kira-kira bagaimana monetisasinya?

(J): Blog pribadi mempunyai peluang yang sama. Sepanjang isinya bermanfaat dan unik, komunitas pembacanya akan ada. Monetisasinya bisa menggunakan ads seperti AdSence, affiliate program atau merangkul iklan-iklan lokal.

(T): Diantara program-program ini, Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Others - kira-kira urutannya mana yang paling menjanjikan untuk blog-blog di tahun 2008? Alasannya apa?

(J): Saya kira semuanya layak dicoba dan punya prospek yang sama dan tergantung pada niche blognya juga. Ada yang pas main di PPC, tapi ada yang lebih pas kalau menonjolkan Affiliate Program.

(T): Apakah Mas Budi setuju blogger Indonesia harus berusaha keras menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J): Saya kira tidak perlu. Sesungguhnya blog tidak tergantung pada bahasanya, tetapi pada konsistensi topik dan updating-nya.

Yang sudah menulis blog berbahasa Inggris silahkan lanjut, tapi kita tidak perlu mendorong lebih banyak blogger Indonesia untuk melakukan hal yang sama.

Menurut saya, bahasa yang digunakan lebih ditentukan oleh niche topik dan target audience-nya.

Jika Anda punya blog tentang gadget atau mobile phone misalnya, saya kira lebih relevan ditulis dalam bahasa Inggris karena audience-nya akan sangat luas.

(T): Apakah justru fokus dengan blog berbahasa Indonesia dan mulai menemukan ceruk pembaca sendiri?

(J): Tepat sekali. Blog berbahasa Indonesia adalah ceruk besar yang potensinya sangat besar.

(T): Apa saran/masukan/nasehat Mas Budi untuk blogger Indonesia yang ingin sukses di dunia make money from blogging?

(J): Bermainlah di niche blogs. Topik-topik spesifik akan membuat blog Anda memiliki positioning yang jelas. Bagaimanapun blog itu harus dimarketingkan seperti produk atau jasa tradisional juga: harus jelas positioning-nya. Nah, apa diferensiasi yang akan ditonjolkan untuk memperkuat positioning, perlu dipikirkan, sehingga terbentuk semacam brand credibility juga.

(T): Satu kata untuk menggambarkan kondisi bisnis online (khususnya blogosphere) di tahun 2008 ini?

(J): Menggairahkan!

BP
---------------------------------------

Niche, positioning dan brand credibility. Tiga kata kunci penting inilah yang sangat ditekankan Mas Budi Putra dalam wawancara beliau kali ini. Dan jika Anda benar-benar ingin serius menekuni dunia blogging dan make money from blog, tidak ada salahnya segera memulai mempraktekkan saran Mas Budi. Mulailah menfokuskan tema, isi dan kelompok pembaca Anda. Bangunlah citra blog Anda melalui blog name branding dan blog credibility. Jika saat ini Anda belum melakukannya, tidak ada salahnya mengevaluasi. Tidak ada kata terlambat bukan?

Bagaimana menurut Anda? Saya tunggu pendapat Anda di kolom komentar. :)

(Gambar diambil dari situs TheGadgetNet.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Catatan:
Seri berikutnya akan menampilkan wawancara eksklusif bersama Jacky Supit, blogger profesional Indonesia pemilik situs JackBook.com. Jacky Supit adalah salah satu blogger Indonesia yang menulis blog dalam bahasa Inggris untuk make money from blogging. Apa yang membuat Jacky memutuskan menulis dalam bahasa Inggris? Apa pendapatnya tentang blog-blog berbahasa Indonesia? Jika Anda ingin tahu pandangan Jacky Supit tentang dunia blogging di Indonesia atau sekedar tidak ingin terlewat seri wawancara ini, silahkan berlangganan Blogguebo. Klik disini atau klik ikon RSS Feed di pojok kanan atas blog ini untuk berlangganan. Sekali lagi, don't miss it! :)

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Wawancara Eksklusif Bersama Yaro Starak
Wawancara Eksklusif Bersama Jeremy "Shoemoney" Schoemaker
Wawancara Eksklusif Bersama Chris Garret

0 comments:

Post a Comment