Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)


Pengantar:
Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, mulai bulan Juni ini Blogguebo.com akan menampilkan seri artikel khusus dengan format wawancara pendek dengan sejumlah blogger Indonesia dalam seri Blogguebo and Friends' Project.

Blogguebo and Friends' Project adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Seri pertama Blogguebo and Friends' Project kali ini menampilkan 10 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:
"Bagaimana prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia (terutama untuk blog berbahasa Indonesia)?"

Tony Jauhari (Pemilik ToniJauhari.blogspot.com):
"Menurut saya prospek blogging dan make money dari blog Indonesia sekarang jauh lebih banyak mengalami kemajuan dan perkembangan, seiring dengan hadirnya program pay per click dari tanah air sendiri seperti KlikSaya, KumpulBlogger dan yang lainnya. Selain itu beberapa program barat juga ada yang support blog Indonesia untuk make money from blogging ini seperti ReviewMe, Blogvertise, SponsoredReviews. Jadi peluang meraup penghasilan online makin terbuka lebar, asal ada kemauan dan niat yang kuat serta pantang menyerah pasti bisa sukses!"

Tiara, Ela Nur Afifah, Agus MU (Pemilik DuniaAnda.com):
"Prospek akan selalu terbuka Mas, dan kompetisi akan terus berlanjut. Kreativitas manusia kan tidak ada batasnya, termasuk soal make money from blogging. Siapa yang kreatif maka dia yang bisa bertahan. Indonesia Kreatif = Indonesia Bisa."

Asep Saipul Hakim (Pemilik Hakimtea.com):
"Untuk dunia blogging sendiri saya rasa akan semakin berkembang mengingat kesadaran masyarakat Indonesia yang semakin concern akan pentingnya dunia informasi dan teknologi. Sedangkan untuk make money from blog, jujur saja saya merasa cukup khawatir bukan karena prospeknya yang kurang malah sebaliknya (semakin bagus dalam satu sisi) dengan hadirnya KlikSaya, KumpulBlogger, PPCIndo, semakin menambah geliat make money from blog dari blog berbahasa Indonesia. Namun disisi lain yang saya khawatirkan adalah hilangnya idealisme dalam diri personal blogger sebagai citizen journalist dalam menyebarluaskan informasi yang berguna bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia."

Augusman Zalukhu (Pemilik Zalukhu.com):
"Kalau saya lihat prospek dunia blogging ke depan akan semakin marak, ini terbukti dengan banyaknya blogger-blogger baru yang berasal dari kalangan remaja. Bayangkan saja jika dulunya para remaja main internet cuma untuk chatting dan main Friendster sekarang sudah banyak yang nge-blogging dengan berbagai tema dan ciri khas masing-masing. Sedangkan untuk monetisasi blog sendiri, saya prediksikan akan banyak diikuti oleh para blogger karena semakin ke depan akan semakin banyak tools (program, red.) yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Cuma ya pintar-pintar kita memilih tools (program, red.) mana yang kita gunakan. Salah satu cara untuk mengetahui tools (program, red.) making money yang baik adalah dengan banyak blogwalking dan menjalin network dengan sesama blogger."

Muhammad Khotib (Pemilik D3ssipd3.blogspot.com):
"Menurut saya sih makin banyak orang Indonesia yg blogging, jadi makin panas dan makin mantap aja Mas. Mudah-mudahan nantinya ini bisa jadi jalan keluar keadaan negara kita yang makin kacau ini. Program-program lokal yang bertebaran juga udah mulai bagus kok. Dari sana kita tetap bisa dapet penghasilan tambahan kan? Jadi kita jangan mau kalah apa lagi malu kalo ngeblog pake bahasa Indonesia. Sukses terus blogger Indonesia!"

Wiellyam Roberto (Pemilik Wiellyam.net):
"Menurut aku juga pasti akan semakin ramai sih, karena hampir semua orang sudah semakin kenal dengan "Make Money From Blogging". Buku-buku yang membahas tentang itu pun sudah semakin bertambah banyak di toko-toko buku. Saya sangat optimis untuk prospek bahasa Indonesia, pelan namun pasti. Karena banyak saat ini personal blog pun digunakan sebagai sumber penghasilan."

Muhamad Misbah (Pemilik KlikMisbah.cn):
"Dengan semakin banyaknya peluang untuk mendapatkan uang dari aktifitas blogging saya kira akan semakin banyak blogger yang bermunculan, apalagi di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan program program yang menawarkan penghasilan melalui blog seperti program PPC atau program affiliasi misalnya. Didukung dengan semakin mudahnya dan murahnya harga domain dan hosting saya kira para blogger Indonesia akan semakin bergairah."

Chodirin (Pemilik Chodirin.or.id):
"Menurut saya prospeknya semakin cerah dengan lahirnya PPC-PPC lokal. Selain itu banyak blog berbahasa Indonesia sudah mulai diperhitungkan oleh advertiser-advertiser luar negeri."

Feri Yunus M (Pemilik Tongkonanku.blogspot.com):
"Menurut saya prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia (terutama untuk blog berbahasa Indonesia) akan semakin berkembang karena makin banyak saja orang kita yang melek teknologi, terutama komputer dan internet. Selain itu jumlah penduduk kita yang masuk 10 besar terbanyak di dunia dengan kondisi geografis yang terdiri dari pulau-pulau sangat membutuhkan akses informasi dan transaksi ( misalnya transaksi jual beli ) yang cepat. Dan itu bisa diwujudkan dengan internet."

Jimmy Sundjaja (Pemilik Jimmysun.net):
"Saya yakin akan semakin ramai dan diminati oleh banyak orang, dan akan semakin banyak blogger baru bermunculan. Saat ini saja sudah banyak blogger yang merasakan nikmatnya dapat duit dari internet. Blogger-blogger lain pasti akan ketularan."

------------------------------------------------------------------

Hampir semua blogger yang terlibat dalam seri pertama Blogguebo and Friends' Project kali ini meyakini prospek positif perkembangan dunia blogging and make money from blogging. Ada harapan besar. Ada semakin banyak program monetisasi lokal. Ada peluang yang semakin terbuka lebar.

Bagaimana menurut Anda? Setuju dengan pendapat mereka? Silahkan berbagi juga. :)

Ingin terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project?
Caranya sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Mohon maaf, 10 tempat untuk seri kedua Blogguebo and Friends' Project sudah full-booked. Meskipun demikian, Anda tetap bisa berpartisipasi untuk seri ketiga Blogguebo and Friends' Project.

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari Abhisays.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Blogguebo and Friends' Project
Monetisasi ala Adsense Versi Indonesia Untuk Blog Anda
Kenapa Harus Ikut SponsoredReviews Affiliate Program

0 comments:

Post a Comment