Bertemu Sang "Guru"


Umurnya belum genap 30 tahun. Masih lajang. Penampilannya sederhana. Kasual. Polos. Sehari-hari cuma berjeans dan kaos oblong.

Tutur bahasanya santun. Setiap berbicara, terkesan sangat berhati-hati. Jika tidak penting benar, ia lebih banyak diam.

Sikap lakunya supel. Dengan siapapun ia bisa bergaul.

Ia, ringkasnya, seperti jamaknya anak kuliahan biasa. Tidak ada yang istimewa.

Bedanya barangkali cuma bahwa anak muda "biasa-biasa" saja ini berpenghasilan 90 juta rupiah per bulan, memiliki perusahaan sendiri, bermobil Suzuki Baleno baru, dan memiliki ruko tiga lantai nan luas di sebuah kawasan usaha di Surabaya.

Siapa dia gerangan?

Ya, Cosa Aranda.

Jika Anda serius menekuni dunia blogging dan make money from blogging, Anda pasti mengenal nama Cosa Aranda. Agak aneh jika Anda tidak mengenal Mas Cosa, salah satu blogger profesional Indonesia berpenghasilan puluhan juta rupiah dari bisnis online yang dijalaninya.

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses atau sukses berbisnis online, salah satu tempat yang sangat saya rekomendasikan adalah CosaAranda.com, blog Mas Cosa yang mengupas habis berbagai informasi dan tips berbisnis melalui internet.

Dua hari yang lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 31 Mei 2008, saya berkesempatan bertemu Mas Cosa secara langsung. Kebetulan hari itu Mas Cosa mengadakan sebuah workshop tentang SEO (Search Engines Optimization) di Surabaya. Kebetulan juga, kami sama-sama tinggal di Surabaya. Kesempatan besar yang tidak mungkin saya sia-siakan. Ya, kapan lagi bisa belajar langsung dari "guru" yang selama ini hanya saya kenali di dunia maya (ya, Mas Cosa memang saya anggap sebagai salah satu guru saya. Diam-diam saya banyak belajar dari beliau sejak masih tinggal di Jepang dua tahun yang lalu). :)

Ada banyak hal yang saya dapatkan dari pertemuan langsung dengan Mas Cosa.
Satu hal yang tetap saya kagumi sebelum dan sesudah bertemu langsung dengan Mas Cosa: kesederhanaannya. Ia tetap rendah hati baik dalam bahasa tulisan maupun lisan. Ia tidak sombong meskipun memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang Indonesia. Ia tetap mau berbagi ilmu walaupun ada saja orang yang dengki dan ingin menjatuhkannya. Ia tetap baik hati. :)

Selain banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari workshop SEO Mas Cosa, saya pribadi merasakan semakin menebalnya keyakinan untuk meraih kesuksesan seperti yang telah ditempuh oleh Mas Cosa (barangkali karena pengaruh aura Mas Cosa). :)

Di banyak kesempatan, Mas Cosa sendiri selalu menekankan bahwa tidak ada rahasia apapun untuk sukses di bisnis internet ataupun untuk mendulang uang melalui internet. Siapapun bisa meraih kesuksesan di bisnis online jika mau. Mau belajar, mau mencoba, dan mau sukses. Soalnya adalah, tidak semua orang mau. :)

Nah bagaimana dengan Anda? Anda ingin dan mau mengikuti jejak sukses Mas Cosa di bisnis online?

Saya ingin dan mau. :)

Saya beruntung bisa bertemu langsung dengan salah satu "guru" yang saya kagumi.

(Gambar diambil dari TrainingPlace.com)

P.S: Ini posting berkategori Pribadi pertama yang saya tulis sejak pulang ke Indonesia. Hehehe. Lama nggak menulis posting model begini. Kangen juga. :)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Workshop SEO CosaAranda.net: "SEO Gak Ribet!"
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu
7 Tips Menjalankan Program Affiliasi Dengan Blog Pribadi

0 comments:

Post a Comment