BlogKartun: Page Rank is Everything

Link Popularity vs. PageRank vs. Yoda
BlogKartun kali ini adalah: Page Rank is Everything.

Apa itu page rank? Merujuk Wikipedia, page rank adalah sebuah sistem algoritma perankingan yang diciptakan oleh Google untuk menentukan nilai popularitas atau nilai penting tidaknya sebuah situs atau blog yang ada di dunia internet.

Bagi sebagian blogger, page rank adalah segala-galanya. Page rank adalah soal hidup mati. Page rank adalah harga diri.

Dan bayangkan ketika sosok orang suci dalam film Star Wars, Yoda, pun begitu terobsesi oleh page rank.

A: "Sudikah engkau menilaiku dari page rank-ku?"

Hehehe. Begitulah cara getir Blaugh.com memandang betapa sungguh pentingnya page rank.

Namun sebenarnya seberapa pentingkah nilai page rank?

Page rank penting bagi blogger yang bermain di bisnis jual beli domain, jual beli link dan paid review. Ketiga jenis bisnis online ini memang sangat tergantung pada tinggi rendahnya nilai page rank. Dalam dunia jual beli domain dan link, semakin tinggi nilai page rank sebuah blog, harga jual domain atau link pun menjadi semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah nilai page rank, semakin murah pula harga jual domain ataupun link.

Dalam dunia paid review, page rank adalah mata uang berharga yang lain. Semakin tinggi nilai page rank sebuah blog, semakin mudah peluang mendapatkan order review job dari perusahaan broker paid review. Demikian halnya, semakin tinggi nilai page rank sebuah blog, semakin mahal review yang bisa ditawarkan.

Ringkasnya, bagi blogger di kelompok ini, tidak ada yang lebih penting ketimbang page rank.

Namun tidak semua blogger memandang penting page rank. Sebagian blogger melihat page rank hanyalah nilai ranking 1 sampai 10 yang dengan mudah bisa didapat, namun juga dengan mudah bisa lenyap dalam sekejab. Page rank hanyalah sebuah kebanggaan semu. Bagi blogger di kelompok ini, yang lebih penting adalah ranking dalam daftar SERP (Search Engines Results Page) dan jumlah traffic. Buat apa bangga dengan page rank tinggi jika blog kita berada di halaman ke-1000 daftar SERP dan traffic nihil?

Blog ini sendiri pernah mendapatkan PR 4, lalu anjlok menjadi PR O, dan kini PR 3. Meskipun nilai page rank berubah-ubah, namun jumlah traffic blog ini relatif sama (sama-sama belum banyak maksudnya. Hehehe).

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda termasuk blogger kelompok pertama? Atau kedua?

Saya menunggu komentar Anda.

Sekedar intermezo. :)

(Kartun diambil dari Blaugh.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
BlogKartun: Blog for Food
BlogKartun: Twitter Ninja
BlogKartun: Blogging Someone Else

0 comments:

Post a Comment