Resensi Buku: ProBlogger - Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income


Seminggu yang lalu buku ProBlogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income yang saya pesan lewat Amazon.com akhirnya saya terima. Buku karya Darren Rowse dan Chris Garrett ini merupakan buku pertama yang boleh dibilang secara komprehensif membahas pelbagai aspek mendasar (dan tentu saja penting) bagi siapa saja yang benar-benar ingin mendapatkan penghasilan (6-digit) melalui aktivitas blogging.

Hari ini saya telah selesai membaca buku bagus ini dan ingin sedikit berbagi tentang apa dan bagaimana isi buku ini, apa kelebihan dan kekurangannya, dan akhirnya apa rekomendasi yang bisa saya berikan untuk Anda.

Penulis
Tidak seperti buku-buku lain tentang blogging dan make money from blogging yang kebanyakan ditulis oleh mereka yang tidak bergelut secara langsung dengan aktivitas blogging dan bukan blogger profesional (apalagi buku-buku blogging terbitan lokal), buku ProBlogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income, benar-benar ditulis oleh dua orang blogger profesional yang hidup dari aktivitas blogging dengan penghasilan luar biasa (diatas $100,000 per tahun).

Kedua penulis buku ini adalah Darren Rowse dan Chris Garrett.

Darren Rowse adalah seorang blogger profesional asal Australia yang dikenal melalui blognya yang secara khusus didedikasikan untuk membantu Anda yang ingin belajar bagaimana menghasilkan uang melalui blog, ProBlogger.net. Pengalaman Darren sebagai blogger profesional yang terbilang sukses merupakan nilai lebih sangat penting ketika menulis buku ini. Ia tidak hanya berteori atau 'mengajar' Anda tentang bagaimana tips-tips menghasilkan uang lewat blog, namun benar-benar menuliskan apa yang ia lakukan dan praktekkan bahkan hingga saat ini.

Chris Garrett adalah seorang blogger profesional dan konsultan media asal Inggris yang telah menggeluti dunia maya sejak tahun 1994. Pengalaman panjangnya sebagai blogger dan konsultan media juga memberikan wawasan yang sangat penting ketika mengupas tuntas pelbagai aspek penting dunia blogging dan make money from blogging. Melalui blognya, Chrisg.com, Chris juga bermurah hati membagikan ilmu yang ia miliki tentang aktivitas menghasilkan uang melalui internet. Baca juga wawancara eksklusif saya dengan Chris Garrett di blog ini.

Pendek kata, bahkan sebelum membaca buku ini, kredibilitas dan otoritas kedua penulis buku ini telah membuat kita yakin bahwa buku ini patut kita baca.

Topik
Satu hal yang sangat saya kagumi dari buku ini adalah cakupan topiknya yang sangat luas dan komprehensif. Bayangkan jika Anda bisa melihat secara utuh seluruh aspek dunia blogging dan make money from blog setelah membaca buku ini. Tidak hanya soal bagaimana tips-tips monetisasi blog yang dibahas tuntas, namun juga bagaimana memilih niche blog yang tepat, menulis konten yang bermanfaat, melakukan promosi blog, membangun jaringan (networking), bahkan hingga bagaimana melakukan jual-beli blog secara menguntungkan.

Beberapa topik penting yang akan Anda dapatkan dalam buku yang terdiri dari 10 bab ini adalah:

- bagaimana memilih topik yang sesuai dengan minat Anda dan menguntungkan
- bagaimana step-by-step cara mulai membuat blog dan mengatasi soal-soal teknis
- bagaimana strategi monetisasi blog yang bisa Anda lakukan
- bagaimana menulis konten blog yang bermanfaat dan dicari banyak orang
- bagaimana mempromosikan blog dan menarik traffic pengunjung sebanyak mungkin
- bagaimana cara menjual dan membeli blog
- bagaimana cara membangun jaringan (networking) yang menguntungkan bagi Anda
- bagaimana cara membangun komunitas untuk blog Anda
- bagaimana mendapatkan traffic melalui search engine maupun social media
- bagaimana pengalaman blogger-blogger profesional menghasilkan uang melalui blog

Secara pribadi, banyak hal baru yang saya pelajari setelah membaca buku ini. Sebagai misal, saya sendiri terus terang tidak terlalu menaruh perhatian dengan seluk-beluk jual-beli blog (bukan jual beli domain). Namun setelah membaca salah satu bab dalam buku ini yang membahas secara lengkap tips-tips bagaimana melakukan jual-beli blog yang kini ternyata menjadi salah satu trend dunia blogging, mata saya jadi terbuka lebar bahwa ada seribu satu jalan menghasilkan uang melalui blog.

Tips dan Trik
Buku ini memberikan tips dan trik ala ProBlogger.net di setiap akhir unit pembahasannya. Dengan tips dan trik ini Anda bisa mencoba mempraktekkannya untuk blog Anda. Selain tips dan trik, di setiap akhir unit pembahasan juga diberikan latihan sederhana yang akan membantu Anda mengeksplorasi ide dan tindakan untuk mengoptimalkan aktivitas blogging yang Anda jalani.

Rujukan
Buku ini sangat kaya dengan rujukan link-link penting yang, tidak bisa tidak, harus Anda ketahui jika Anda ingin serius menekuni aktivitas blogging dan make money from blog. Dengan membaca dan memiliki buku ini, Anda seolah didampingi oleh Darren Rowse dan Chris Garrett secara langsung demi memandu Anda menjalani aktivitas blogging secara benar dan menguntungkan.

Buku ini memang sejatinya bukan buku sekali-baca-selesai yang kemudian bisa Anda simpan di rak buku. Sebaliknya, buku ini adalah buku pegangan, handbook, yang niscaya akan selalu Anda butuhkan dan ingin Anda baca berulang-ulang setiap saat.

Bahasa
Buku terbitan Wiley ini memang (sayangnya) berbahasa Inggris. Namun demikian, jika boleh saya katakan, bahasa Inggris yang digunakan Darren dan Chris tidaklah terlalu kompleks dan njlimet. Darren Rowse dan Chris Garrett sendiri tergolong penulis-penulis yang selalu berusaha memaparkan gagasannya dengan sederhana. Kalimat-kalimat yang digunakan Darren dan Chris secara bergantian di buku ini pun ringkas dan baku. Saya cukup yakin jika Anda akan bisa memahami buku ini bahkan tanpa bantuan kamus (kecuali jika sangat terpaksa).

Harapannya tentu saja semoga ada penerbit Indonesia (semoga ada orang Gramedia yang membaca resensi ini) yang segera menerjemahkan dan menerbitkan buku ini ke dalam bahasa Indonesia. Jika diterbitkan dalam bahasa Indonesia, tentu akan semakin banyak blogger Indonesia yang bisa membaca buku bagus ini.

Kesimpulan
Resensi buku ini tentu subyektif. Apa yang saya baca dan pahami bisa jadi berbeda dengan Anda. Demikian pula apa yang saya anggap kelebihan dan kekurangan buku ini bisa jadi bukanlah kelebihan dan kekurangan versi Anda. Namun demikian, saya tetap ingin membagikan pendapat saya setelah membaca buku ini.

Kelebihan
Hal terpenting yang menjadi kelebihan buku ini adalah kredibiltas penulis dan topik bahasan yang sangat luas dan komprehensif mengenai dunia blogging dan bagaimana menghasilkan uang melalui blog. Ekstrimnya, hanya dengan membaca dan memiliki buku ini Anda bisa memetakan dunia blogging and make money from blog yang sejatinya begitu luas.

Kekurangan
Harus diakui bahwa bahasa menjadi kendala cukup berarti bagi pembaca berbahasa Indonesia. Namun demikian, kekurangan buku ini pasti segera hilang ketika versi bahasa Indonesia nantinya diterbitkan. Kekurangan lain buku ini adalah tidak cukup detilnya tips-tips tingkat 'advanced'. Namun demikian hal ini wajar jika mengingat buku ini hanya setebal 220 halaman dan harus mengupas topik bahasan yang sedemikian luas. Hemat saya, buku ini penting untuk Anda baca, namun demikian tidak ada salahnya jika Anda terus belajar dengan memanfaatkan sumber-sumber rujukan blog ataupun situs yang diberikan di dalam buku ini.

Rekomendasi
Tidak peduli apakah Anda baru akan memulai membuat blog ataukah Anda telah menjalani aktivitas blogging selama bertahun-tahun, buku ini adalah buku yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda miliki. Buku ini memang bukanlah buku panduan get-rich-quick yang akan mengajarkan Anda kaya dalam semalam. Alih-alih, buku ini adalah buku yang hanya memberikan panduan nyata dan harus Anda lakukan mengenai bagaimana menghasilkan uang melalui blog dengan cara yang benar dan menguntungkan. Tentu saja dibutuhkan waktu, persistensi dan kesabaran untuk sampai ke tujuan yang Anda canangkan. Meskipun berbahasa Inggris, saya yakin Anda tidak akan terlalu kesulitan memahami pelbagai topik yang dibahas di dalam buku ini karena bahasa Inggris yang digunakan relatif mudah dan baku.

Akhirnya, saya yakin Anda akan mendapatkan banyak manfaat setelah membaca buku ini, seperti juga saya. Saya pribadi tidak merasa rugi membeli buku seharga $16.49 ini, karena selain saya membelinya menggunakan Amazon Gift Card (yang saya dapat dari me-redeem komisi Amazon Associates saya), nilai manfaat yang saya dapatkan dari buku ini sangat jauh melampaui harga buku ini. :)

Semoga bermanfaat.

Beli buku ini melalui Amazon.com.

(Gambar diambil dari ProBloggerbook.com)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:

Darren Rowse dan Chris Garrett Meluncurkan Buku ProBlogger
Mau Dapat Buku "ProBlogger: Secrets for Blogging" Gratis?
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog

0 comments:

Post a Comment