Dicari: Broker Paid Review Lokal


Ada percakapan sangat menarik mengenai wacana paid review berbahasa Indonesia di kolom komentar artikel Bagaimana Prospek Dunia Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1) yang saya tulis di blog ini beberapa hari yang lalu.

Berikut cuplikannya:

"Btw, masih sabar menanti nih broker paid to review dari Indonesia." (Komentar Mas Tambenk)

"PPC dari Indo dah ada, kapan yah paid review dari Indo muncul? Sama ma Mas Tambenk, masih nunggu paid review Indo nih." (Komentar Mas Khotib)

"Wah iya nih. Kapan ada paid review lokal ya? Pengin bikin ga ngerti caranya. Hehehe." (Komentar Mas Robee)

Ya, wacana paid review lokal berbahasa Indonesia memang kini banyak dibicarakan.

Booming-nya bisnis paid review asing yang banyak diikuti oleh blogger-blogger Indonesia (SponsoredReviews, BuyBlogReviews, ReviewMe, PayPerPost, BloggerWave, Blogsvertise dan Smorty) dan merupakan alternatif baru program PPC yang sudah populer (contoh yang paling mudah adalah Google Adsense) memang menyodorkan sebuah tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis online di Indonesia.

Ketika PPC lokal sudah ada (KlikSaya, KumpulBlogger, PPCIndo dan Indofad), social bookmarking lokal sudah ada (LintasBerita, Kilasan, Blok-m, IndoTag dan Infogue), Twitter ala Indonesia sudah ada (Kronologger), kini kita menunggu lahirnya broker paid review lokal dari Indonesia.

Harapan seperti ini wajar dan justru mestinya dijadikan peluang bagi para praktisi internet marketing di Indonesia.

Apa sebenarnya keuntungan membangun bisnis broker paid review di Indonesia?

Pertama, banyak blogger Indonesia yang sudah familiar dengan program paid review dan pasti siap untuk mendukung program paid review milik bangsa sendiri. Dengan menulis review dalam bahasa Indonesia, tentu semakin banyak blogger yang tertarik untuk bergabung dengan program paid review lokal. Saat ini sebenarnya sudah ada sejumlah blogger Indonesia yang memanfaatkan keuntungan menggunakan media paid review untuk mempromosikan blog dan mendapatkan back link. Salah satu cara jamak yang digunakan adalah dengan mengadakan kontes review. Blog ini sendiri pernah membuat kontes review ala paid review di bulan Maret 2008 kemarin.

Kedua, dengan promosi dan edukasi yang cukup baik, banyak pelaku bisnis online Indonesia yang pasti mau memanfaatkan jasa broker paid review. Hal ini karena bagi pengguna jasa paid review sendiri, keuntungan yang mereka dapatkan sudah jelas. Pertama, produk atau jasa yang mereka jual akan mendapatkan buzz marketing effect melalui review yang ditulis oleh para blogger di blognya masing-masing. Kedua, pengguna jasa paid review akan mendapatkan back link yang cukup signifikan dari link yang ditautkan di dalam review yang ditulis para blogger. Ketiga, efeknya adalah optimasi SEO yang akan meningkatkan rank situs pengguna jasa paid review di Google SERP (Search Engine Result Page).

Ketiga, secara teknis, membangun bisnis broker paid review lokal tidak sesulit membangun bisnis PPC. Jujur saja, saya tidak apa-apa soal ini. Saya menyerah untuk urusan teknis. Tapi secara sepintas, jika melihat begitu sophisticated-nya script yang digunakan program-program PPC ala Adsense, membangun bisnis broker paid review sepertinya tidak se-njlimet itu.

Dari ketiga keuntungan diatas, sudah cukup jelas bahwa membangun bisnis broker paid review lokal memiliki prospek yang cukup bagus di masa depan. Setidaknya mumpung belum ada yang memulai di Indonesia. :)

Nah, siapa berani menerima tantangan ini? Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat soal ini di kolom komentar artikel ini.

Yang sedang menunggu lahirnya broker paid review lokal juga. :)

Catatan:
Anda bisa mendaftar program-program paid review asing melalui link yang ada di posting artikel ini (Ref). Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari News-Libraries.mit.edu)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Paid-to-Review
Maaf, Ada Paid Review di Blogguebo
Kenapa Harus Ikut SponsoredReviews Affiliate Program?

0 comments:

Post a Comment