Wawancara Eksklusif Bersama Tim Lintas Berita: "Kami Mendukung Komunitas Blogger Indonesia"


Perkembangan situs social bookmarking Indonesia boleh dibilang fenomenal. Mulai lahir dari nol, bertumbuh baru pada paruh kedua tahun 2007-an, diremehkan dan dilihat sebelah mata, hingga akhirnya berhasil memikat hati para pengguna internet di Indonesia, kini situs-situs social bookmarking Indonesia telah mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Salah satu pelopor sekaligus pemimpin niche situs social bookmarking Indonesia adalah LintasBerita.com. Berdiri sejak 2007, harus diakui bahwa kini LintasBerita.com telah mengukuhkan dirinya sebagai trend setter situs-situs social bookmarking Indonesia yang bermunculan kemudian.

Apa dan bagaimana sebenarnya Lintas Berita? Siapa pendirinya? Apa misinya? Bagaimana Lintas Berita mendukung komunitas blogger Indonesia?

Kali ini Blogguebo menghadirkan sebuah wawancara eksklusif bersama Tim Lintas Berita, yang diwakili oleh Mas Rizky Andrika, salah satu crew LintasBerita.com. Wawancara ini seluruhnya dilakukan via email dan saya tampilkan apa-adanya, tanpa ada yang dikurangi atau ditambah.

Agar tidak berpanjang lebar, silahkan langsung disimak hasil wawancara yang hanya bisa Anda baca secara eksklusif di Blogguebo.com ini. :)

-----------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab


(T): Sejak kapan Lintas Berita mulai online sebagai situs social bookmarking Indonesia?

(J): www.LintasBerita.com mulai online sejak pertengahan Agustus 2007 dan tercatat di Alexa.com mulai awal September 2007.

(T): Siapa pendiri/penggagas Lintas Berita?

(J): Penggagas LintasBerita.com bernama Sandy Irawan. Untuk profilnya silakan tunggu di tampilan terbaru dari LintasBerita.com beberapa bulan ke depan.

(T): Apa tujuan dibangunnya situs Lintas Berita? Apakah sejak awal diposisikan sebagai situs social bookmarking Indonesia?

(J): Untuk tujuan dibangunnya LintasBerita.com ini kami kira sudah sangat jelas pada profil LintasBerita.com dan memang sejak awal pendiriannya situs ini memang berkonsepkan social bookmarking berbasis bahasa Indonesia.

(T): Bagaimana tanggapan pengguna internet terhadap kehadiran Lintas Berita di awal-awal kelahirannya?

(J): Pada awal-awal kehadiran LintasBerita.com tentu saja seperti kebanyakan situs-situs lain yang baru berdiri, masih sangat sedikit respon dan minat dari para pengguna internet yang masih belum mengenal apa itu LintasBerita.com dan manfaat dari layanan situs social bookmarking ini. Secara perlahan-lahan kita mulai bisa meyakinkan mereka dengan cara mensosialisasikan penggunaan Widget yang telah tersedia di LintasBerita.com untuk dipasang di blog atau situs mereka. Alhasil banyak pengguna internet yang berkunjung sekaligus memasang fasilitas widget dari LintasBerita.com ini.

(T): Bagaimana tanggapan para blogger Indonesia terhadap kehadiran LintasBerita?

(J): Respon para blogger indonesia sampai saat ini sangat baik, karena sudah banyak blogger yang telah memasang fasilitas widget LintasBerita.com baik itu widget vote, submit, TOP 10 dan tidak sedikit pula pengguna Friendster juga menggunakan fasilitas widget Berita Terbaik saat ini. Contohnya bisa kunjungi Friendster salah satu user kami : http://profiles.friendster.com/68051491. Hal yang terakhir kita lakukan adalah memberikan kemudahan bagi pengguna Facebook dalam menggunakan fasiltas widget Berita Terbaik dengan cukup masuk ke URL http://apps.facebook.com/lintasberita trus add application. Fasilitas-fasilitas widget dari LintasBerita.com tersebut akan mendukung sekali bagi para blogger Indonesia untuk mempopulerkan tulisannya sebagai bahan sharing buat blogger yang lain, dan seiring dengan banyaknya kunjungan dari link berita yang telah disubmit dan dipopulerkan, secara otomatis akan meningkatkan traffic dari blog atau situs tersebut.

(T): Apa yang dilakukan Lintas Berita untuk mendukung komunitas blogger Indonesia?

(J): Saya rasa jawaban no 6 sudah cukup terjawab dengan jawaban no 5 tadi. Hehehe. Intinya kami mendukung komunitas blogger Indonesia.

(T): Berapa jumlah rata-rata submit berita di Lintas Berita setiap harinya?

(J): Untuk rata-ratanya, kami bisa bilang setiap hari sedikitnya sekitar 700 content yang tersubmit di LintasBerita.com.

(T): Berapa jumlah rata-rata pengunjung Lintas Berita setiap harinya?

(J): Hmmm pertanyaan ini agak berat untuk menjawabnya namun akan kita jawab, yaitu pengunjung yang singgah ke LintasBerita.com kurang lebih mencapai angka 200 ribu pengunjung setiap harinya.

(T): Kategori apa yang paling diminati pengunjung Lintas Berita?

(J): Wah, jelas sekali pengguna internet di Indonesia masih banyak orientasinya pada hiburan, sehingga secara pasti di LintasBerita.com pun minat pada dunia hiburan jauh lebih besar dari yang lainnya. Kita bisa lihat dari tingkat vote bahwa berita-berita paling hangat dan menarik di Indonesia selalu jadi Top 10 di LintasBerita.com.

(T): Berapa jumlah vote tertinggi untuk Berita Terbaik yang ada hingga saat ini?

(J): Nilai tertinggi yang tercatat oleh kami adalah 1631 dan itu berita terheboh yang ada di masyarakat, seperti FPI, geng NERO, dan semacamnya.

(T): Adakah rencana untuk mengembangkan Lintas Berita sebagai situs social bookmarking di negara-negara berbahasa Melayu?

(J): Rencana LintasBerita.com kearah sananya itu pasti adalah, untuk jangka kedepannya itu. Siapa sih yang nggak kepingin situsnya popular di masyarakat negara lain? Apalagi terkenal di level dunia.

(T): Program monetisasi apa yang digunakan oleh Lintas Berita? Apakah hanya dari iklan?

(J): Untuk pertanyaan ini kami masih dalam tahap perencanaan dengan sematang-matangnya sekaligus menunggu momen yang tepat saja, kami tidak mau sembarangan dan terburu-buru. Tidak menutup kemungkinan media iklan sebagai salah satu cara monetisasi guna menunjang biaya operasi dan maintenance dari LintasBerita.com. Karena selama ini masih menggunakan biaya pribadi.

(T): Apa rencana pengembangan fitur Lintas Berita di masa depan?

(J): Hmmm, sedikit bocoran saja yah. Yang pasti fitur multimedia dan komunikasi antar user akan lebih menarik dan elegan. Lainnya? Kita tunggu saja oke.

(T): Prospek social bookmarking di Indonesia dalam satu kata?

(J): Amazing

------------------------------

Jika Anda cermati hasil wawancara diatas, sebenarnya ada banyak poin menarik yang bisa kita pelajari, terutama tentang bagaimana cara mengoptimalkan manfaat situs social bookmarking Indonesia seperti Lintas Berita untuk mempromosikan blog Anda.

Saya pribadi benar-benar merasakan manfaat menggunakan layanan Lintas Berita. Dua artikel saya di blog ini sempat mendapatkan vote cukup banyak, yang implikasinya memberikan lonjakan traffic cukup signifikan untuk blog ini (baca 10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda - 445 vote dan Bagaimana Trik Masuk 8 Berita Terbaik di Lintas Berita? - 538 vote).

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah memanfaatkan layanan situs social bookmarking Indonesia, khususnya Lintas Berita? Bagaimana pengalaman Anda?

Silahkan klik disini untuk mendaftar Lintas Berita.

Semoga bermanfaat. :)

P.S: Tunggu wawancara-wawancara eksklusif lainnya hanya di Blogguebo.com. Wawancara berikutnya akan menghadirkan David Ciang, pemilik KlikSaya.com, pelopor program PPC lokal di Indonesia. Stay tune. :)

(Gambar diambil dari situs Lintas Berita)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Trik Masuk 8 Berita Terbaik di Lintas Berita?
Mencari Social Bookmarking Indonesia?
35 Vote Pembaca Lintas Berita Untuk 2 Artikel Blogguebo

0 comments:

Post a Comment