Apa Itu Marketing Revolution?


Kemarin sore, Jum'at 4 Juli 2008, saya beruntung mendapat kesempatan mengikuti seminar "Marketing Revolution" di Gramedia Expo, Surabaya. Pembicaranya, siapa lagi kalau bukan penulis buku dengan judul yang sama, Tung Desem Waringin.

Selepas Jum'atan, saya segera meluncur ke lokasi acara. Di lembaran tiket yang saya dapatkan secara gratis, tertera harga tiket sebesar Rp. 800.000. Lumayan mahal.

Acara seminar sendiri berlangsung dari jam 2 siang sampai jam 5 sore. Peserta membludak. Kurang lebih 600 orang. Sejak jam 1 siang orang sudah rela antri di depan pintu masuk Convention Hall B, Gramedia Expo, Surabaya. Untung ada air conditioner di lobi ruang seminar sehingga tidak panas selama berjejal-jejal menunggu.

Apa yang menarik dari seminar yang sebenarnya merupakan bagian dari road show promosi buku terbaru Pak Tung Desem Waringin, "Marketing Revolution" ini?

Lebih dari yang lain, tentu nama besar Tung Desem Waringin adalah sebuah daya tarik tersendiri. Nama Tung Desem Waringin harus diakui telah menjadi sebuah brand tersendiri yang, seperti magnet, menarik perhatian mereka yang ingin tahu tentang apa itu marketing revolution.

Ide marketing revolution sendiri sebenarnya tidak "murni" sebuah revolusi. Jika Anda sempat membaca bukunya (yang kebetulan saya juga punya), ada banyak ide mainstream di dunia marketing yang dimanfaatkan oleh Pak Tung. Yang menjadi berbeda adalah cara Pak Tung menyampaikan ide-ide besar menjadi sederhana dan praktis, dan yang lebih penting, terbukti telah dipraktekkan.

Bukti-bukti testimoni yang disampaikan dalam buku Pak Tung (yang harganya cukup mahal, Rp. 195.000) menurut saya merupakan kekuatan luar biasa yang membuat orang penasaran dan ingin membeli buku ini.

Dan itulah salah satu kelebihan Pak Tung. Jago menjual.

Kalo boleh meringkas, ide dasar marketing revolution sebenarnya adalah segala upaya yang dilakukan, sedemikian rupa sehingga mampu menciptakan penjualan secara super cepat dan dalam jumlah besar.

Kuncinya: Anda tidak cukup lagi menjadi sekedar berbeda. Anda harus menjadi luar biasa berbeda.

Mengikuti seminar 3 jam ini membuat saya semakin sadar bahwa di tengah pasar yang semakin penuh sesak dengan produk yang seragam ini, kita memang dituntut untuk menjadi, mengutip Seth Godin, Purple Cow, menjadi sapi ungu.

Sudahkah kita menjadi seekor sapi ungu (yang pasti menarik perhatian siapapun yang melihatnya) di tengah-tengah kerumunan sapi putih yang semakin membosankan?

Mau tahu bagaimana kita bisa menggunakan ide-ide marketing revolution ala Tung Desem Waringin untuk blog Anda?

Tunggu artikel "Marketing Revolution Untuk Blog Anda" di blog ini. Jika takut terlewat artikel ini, silahkan berlangganan Blogguebo secara gratis melalui RSS atau email Anda dengan mengklik link "Dapatkan updates via RSS" atau "Dapatkan updates via Email" di bagian kanan atas blog ini.

Semoga bermanfaat.

P.S:
Mau tahu bagaimana saya bisa mendapatkan tiket seminar seharga Rp. 800.000 ini secara gratis? Hehehe. Saya dikasih tiket gratis seminar ini oleh Mas Cosa. Ya, Cosa Aranda. Kok bisa? Hehehe. Rahasia dong. Mohon jangan iri ya? :)

(Gambar diambil dari PJLightHouse.com)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:

10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda
10 Tips Guerrilla Marketing Untuk Blog Anda
Entrecard: Pilihan Lain Mempromosikan Blog Anda

0 comments:

Post a Comment