Mari Menjadi Purple Cow
Apa itu purple cow?
Purple cow atau sapi ungu adalah ungkapan metaforis yang diciptakan oleh Seth Godin, guru online marketing dunia, untuk menggambarkan kondisi ketika kita harus menjadi sangat berbeda, menakjubkan, tidak terduga, luar biasa menarik dan luar biasa unik diantara banyaknya pesaing-pesaing kita.
Seth Godin jago menggunakan narasi dalam tulisan-tulisannya. Soal purple cow ia juga bercerita begini:
"Ketika saya dan keluarga sedang berkendaraan melewati daerah pinggiran Perancis beberapa tahun silam, kami dibuat terkagum-kagum oleh ratusan sapi yang sedang merumput di padang tepat di sisi jalan raya. Sejauh beberapa kilometer kami semua memandang ke luar jendela, mengagumi betapa indahnya pemandangan dengan ratusan sapi-sapi itu. Namun setelah 20 menit berlalu, kami mulai mengabaikan sapi-sapi tersebut. Apa yang tadinya membuat kami kagum, kini menjadi sesuatu yang biasa. Malah membosankan. Bayangkan seandainya ada seekor sapi ungu diantara kerumunan sapi-sapi putih tersebut. Sapi ungu pasti akan sangat menarik perhatian kami."
Inti cerita Godin adalah: manakala terdapat begitu banyak pesaing dengan ciri dan kualitas yang sama, jadilah berbeda. Luar biasa berbeda. Bagus saja tidak cukup. Bermanfaat saja tidak cukup. Anda harus menjadi luar biasa bagus dan luar biasa bermanfaat.
Lalu bagaimana cara menjadi purple cow dalam dunia blogging manakala setiap hari lahir 80 ribu blog baru dengan niche yang nyaris sama dengan niche blog Anda?
Belajar dari Seth Godin, barangkali beberapa hal ini bisa menjadi awal brainstroming untuk mulai berubah menjadi purple cow di dunia blogging (sengaja tidak saya uraikan karena memang cuma sekedar brainstroming):
1. Menjadi Berbeda Dengan Desain Blog
- desain yang sangat unik
- desain yang sangat bagus
- desain yang sangat aneh
- desain yang sangat lucu
- desain yang rumit
2. Menjadi Berbeda Dengan Konten Blog
- konten yang sangat bagus
- konten yang sangat bermanfaat dan dicari banyak orang
- konten yang jarang ada
- konten yang sangat aneh
- konten yang sangat provokatif
3. Menjadi Berbeda Dengan Strategi Promosi
- kontes dengan hadiah luar biasa (menciptakan wow effect)
- menciptakan buzz marketing yang dahsyat
- melakukan guerrilla marketing dengan budget sangat rendah
- melakukan viral marketing besar-besaran
- melakukan kampanye offline marketing secara massif
- membangun giant networking
4. Menjadi Berbeda Dengan Social Media
- menjadi guru social media
- menjadi pelanggan muncul di halaman pertama Digg.com
- menjadi provokator di situs social media
- menjadi ahli custom judul artikel ala social media
5. Menjadi Berbeda Dengan Unique Personality
- menjadi super-seleb blog
- menjadi $100.000 blogger
- menjadi biang kerok masalah
- menjadi blogger sangat baik hati (dan tidak sombong)
- menjadi blogger paling sirik
Bagaimana menurut Anda?
Semoga bermanfaat. :)
(Gambar diambil dari Stroms.typepad.com)
Medhy Aginta Hidayat
Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Apa Itu Marketing Revolution?
10 Tips Guerrilla Marketing Untuk Blog Anda
Resensi Buku: Problogger - Secrets for Blogging Your Way to A Six-Figure Income
0 comments:
Post a Comment