Capek Dengan Naik Turunnya Google Page Rank?


Sekedar breaking news. :)

Dua hari yang lalu, Kamis 24 Juli 2008, melalui blog pribadinya, Matt Cutts menulis artikel sangat singkat seperti ini:

"Hey folks, I wanted to let you know that new toolbar PageRank values should become visible over the next few days. I’m expecting that also in the next few days that we’ll be expiring some older penalties on websites."

Setelah membaca posting Matt Cutts, lewat Twitter, saya sempat membaca beberapa thread mengenai hal yang sama. Intinya, Matt Cutts mengingatkan bahwa Google akan melakukan update page rank (PR) dalam beberapa hari kedepan. Jika Anda masih belum tahu apa itu Google PR, silahkan klik disini.

Dan ternyata benar. Hari ini, Sabtu 26 Juli 2008, Google kembali melakukan update PR yang memang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali (beberapa bulan belakangan malah kurang dari 3 bulan).

Bagaimana PR blog Anda hari ini? Tetap? Naik? Turun? Anjlok? Terjun bebas (gara-gara kebanyakan paid review)? :)

Apapun yang terjadi, jangan terlalu risau dengan perubahan PR blog Anda. Bagi saya pribadi, PR naik atau turun itu biasa. PR cuma satu hal dalam dunia blogging. Ada banyak hal lain yang layak Anda kejar dengan blog Anda. Kalau ngeblog sekedar untuk mengejar-ngejar PR, duh capek banget. Jangan cuma gara-gara pengin dapat banyak job dari paid review (hehehe), apapun dilakukan untuk mengejar PR. :)

Saya sendiri pernah mengalami naik turunnya PR yang tak ubahnya seperti roller coaster. Blog ini pernah anjlok dari PR 4 ke PR 0. Juga pernah naik dari PR 0 ke PR 3 (PR terakhir sekarang).

Moralnya? Sepanjang Anda menikmati aktivitas blogging yang Anda lakukan dan benar-benar ingin berbagi memberi manfaat untuk pembaca blog Anda, insyaallah PR tinggi akan datang dengan sendirinya. Jika pembaca blog Anda merasa mendapatkan manfaat setelah membaca blog Anda, dengan sukarela dan ikhlas, mereka akan memberikan backlink yang akan meningkatkan PR blog Anda.

Bagaimana menurut Anda? Seneng sekali bila Anda mau sekedar berbagi pendapat dengan saya disini. :)

Have a nice weekend!

(Gambar diambil dari JupiterImages.com)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:

Blogguebo Kini PR 3
Google PR Update Hari Ini
Google Page Rank, Blogguebo dan Friendster

0 comments:

Post a Comment