Wawancara Eksklusif Bersama Kukuh T. Wicaksono (KumpulBlogger.com): "Klik Paling Tinggi Pada Blog Bertopik Internet Marketing"


Setelah menghadirkan wawancara eksklusif bersama Mas David Ciang, pendiri KlikSaya.com, kali ini Blogguebo.com menghadirkan wawancara eksklusif bersama Mas Kukuh T. Wicaksono, pendiri KumpulBlogger.com, salah satu program pay per click (atau menurut Mas Kukuh lebih tepatnya pay per unique click) Indonesia yang lain.

Selain KlikSaya.com, KumpulBlogger.com merupakan salah satu pionir program PPC lokal yang kini telah banyak memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis online. Bagi para blogger, KumpulBlogger.com tentu saja menjadi salah satu pilihan monetisasi blog yang tidak bisa dianggap remeh.

Wawancara eksklusif ini, seperti biasa, dilakukan via email dan ditampilkan apa adanya, tanpa ada yang ditambah ataupun dikurangi.

Agar tidak menghabiskan waktu dengan intro yang berpanjang lebar, sebaiknya langsung saja mari kita simak dan cermati hasil wawancara eksklusif yang hanya bisa Anda baca di Blogguebo.com ini. :)

----------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): Bisa dijelaskan secara ringkas tentang apa itu KumpulBlogger.com dan bagaimana cara bekerjanya?

(J): KumpulBlogger.com merupakan tempat bertemunya pemasang iklan (advertiser) dengan para blogger Indonesia secara virtual. Cara kerjanya blogger mendaftar, copy paste kode yang diberikan, lalu ditempelkan di situs blognya masing-masing. Advertiser pasang iklan dan iklannya muncul di semua jaringan blog yang terhubung dengan KumpulBlogger.com

(T): Sejak kapan KumpulBlogger.com mulai online sebagai situs program PPC Indonesia? Bagaimana tanggapan awal pelaku bisnis online di Indonesia terhadap KumpulBlogger.com?

(J): KumpulBlogger.com launching sejak tanggal 2 Januari 2008, mengalami pertumbuhan anggota baru rata-rata sebanyak 10-20 blog baru perhari.

Tanggapannya , sangat antusias sekali dan tiba-tiba jadi kebanjiran email dari segala penjuru.

(T): Siapa saja dibalik KumpulBlogger.com? Apakah hanya Mas Kukuh?

(J): Developed oleh Kukuh TW, sempat dibantu oleh tim Disitu.com dan sekarang design dibantu oleh Jauhari.net. Pendekatan dengan partner kompeten sedang di-jajaki.

(T): Tampilan situs KumpulBlogger.com kini berubah lebih segar. Adakah hal baru yang ditawarkan KumpulBlogger.com dan tidak dimiliki oleh program-program PPC Indonesia yang lain?

(J): Atas saran banyak blogger, saat ini script KumpulBlogger.com dapat digunakan oleh mereka yang memiliki blog di sub domain WordPress.com dan sub domain Multiply.com. KumpulBlogger.com juga memberikan transparansi yang jelas kepada publisher/blogger dan advertiser, bahkan mereka tidak perlu login untuk sekedar melihat statistik revenue blog dan performance iklan mereka. Disediakan juga akses untuk memantau lewat mobile phone agar publisher dan advertiser dapat memantau perkembangan revenue blog dan iklan mereka. KumpulBlogger.com menawarkan total kumulatif advertising views yang hampir setara dengan portal besar. Ada 200 s/d 300 ribu page views per hari tersebar di 2000 /sd 3000-an blog.

Dalam sebulan berarti ada 200 ribu kali 30 = 6 s/d 9 juta page views per bulan. Sulit dipercaya ribuan blog bergabung menampilkan iklan bersama-sama dan memperoleh total page views setara dengan portal-portal besar.

Mungkin sekarang sudah berubah angkanya, real time statistiknya bisa lihat di http://kumpulblogger.com/pageviews.php

(T): Apakah KumpulBlogger.com menerima setiap publisher yang mendaftar? Jika tidak, adakah batasan-batasan untuk menjadi publisher?

(J): Selama tidak melanggar UUITE dan ketentuan yang ada dalam FAQ KumpulBlogger.com , semua blog/publisher boleh mendaftar.

(T): Apakah ada sistem sanksi banned di KumpulBlogger.com untuk para publishernya? Apa saja penyebab publisher dikenakan sanksi banned?

(J): Banned diterapkan apabila terjadi penggunaan script/program/cron job, proxy anonymous, site scrapper, penyalahgunaan link. Ada sistem aplikasi yang memantau apakah seorang blogger dapat dikategorikan sebagai 'tersangka' atau tidak. Apabila ya, sistem akan melaporkan segala macam report ke admin KumpulBlogger.com. Apabila memang terjadi hal-hal yang mencurigakan, akan diberlakukan banned sementara selama jangka waktu tidak ditentukan. Bisa 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan.

(T): Berapa jumlah publisher KumpulBlogger.com saat ini?

(J): Saat ini jumlah blog terdaftar adalah 4,394 , blogger yg memasang script iklan 3,884 dan blogger aktif sekitar 2,040 . Catatannya bisa dilihat di http://kumpulblogger.com/pageviews.php

(T): Berapa jumlah advertiser KumpulBloggger.com saat ini?

(J): Ada catatan lengkapnya di http://kumpulblogger.com/history.php

(T): Bagaimana sistem pembayaran KumpulBlogger.com? Berapa minimum payout pembayarannya?

(J): Sistem pembayaran melalui transfer rekening Bank. Minimum payout 10 ribu. Blogger bisa melakukan klaim pembayaran pada menu yang disediakan. Bank diluar BCA terkena potongan Rp 5.000 tiap 1 kali transaksi.

(T): Dari kacamata publisher, situs atau blog dengan topik apa yang menghasilkan tingkat rata-rata klik paling tinggi di KumpulBlogger.com?

(J): Klik paling tinggi pada blog yang bertopik internet marketing, blog teknologi dan dewasa. Bisa di check di http://kumpulblogger.com/topblogrevenue.php

(T): Dari pengalaman selama ini, adakah tips-tips bagaimana memaksimalkan jumlah klik bagi para publisher KumpulBlogger.com?

(J): Mereka yang memasang script Javascript biasanya lebih banyak mendapat klik dibandingkan dengan yang memasang script iFrame. Nggak tahu juga kenapa penyebabnya. Posisi pada halaman atas biasanya juga bisa meraih potensi klik yang besar.

(T): Dengan bertambah banyaknya program PPC lokal, bagaimana strategi KumpulBlogger.com untuk tetap menguasai pasar?

(J): KumpulBlogger.com sedang mencari partner yang mengerti dunia bisnis online advertising. Saat ini sedang mencoba penjajakan dengan partner. Nantinya partner ini akan fokus ke marketing/communication dan strategi bisnis. Sedangkan saya pribadi fokus ke implementasi teknologinya. Harapannya KumpulBlogger.com dapat memikat brand besar untuk spending budget online advertising pada jaringan KumpulBlogger.com. Banyak investor dengan kantong tebal berlomba-lomba membuat portal dengan harapan mendapatkan traffic besar, sedangkan ada ribuan/ratusan ribu blog yang apabila page views-nya digabung bisa mencapai jutaan hits perbulan. Kenapa bukan lahan ini yang menjadi perhatian para investor besar? Inilah strategi KumpulBlogger.com ke depan yaitu untuk berusaha meyakinkan investor, mendapatkan partner, mendapatkan mitra pelanggan advertiser besar dan akhirnya dapat mempertinggi jumlah komisi untuk para blogger.

(T): Apakah rencana pengembangan KumpulBlogger.com ke depan?

(J): Personally, saya tertarik kepada pengembangan statistic engine, dimana nantinya blogger dan advertiser akan disuguhi diagram statistik performance masing-masing blog dan performance iklannya. Script yang bisa mendeteksi apakah klik dilakukan oleh human atau bot/program juga akan terus dikembangkan. Script yang bisa merekam history click behavior juga menarik untuk terus dikembangkan.

(T): Saran untuk para blogger Indonesia yang ingin memanfaatkan KumpulBlogger.com sebagai sarana monetisasi blog?

(J): Pertinggi jumlah traffic pada situs blog. Kurangi copy paste. Gunakan Javascript dibandingkan dengan iFrame. Dan ingat, script KumpulBlogger.com juga dapat digunakan bagi mereka yang berhosting di sub domain WordPress.com dan Multiply.com

(T): Prospek program PPC Indonesia di Indonesia dalam satu kata?
Menarik!

--------------------

Saya pribadi salut dengan optimisme dan visi jauh ke depan yang dimiliki oleh Mas Kukuh dengan KumpulBlogger.com-nya.

Jika pengelola program PPC Indonesia memiliki semangat yang sama seperti Mas Kukuh, saya sangat yakin prospek ke depan bisnis online di Indonesia, utamanya make money from blogging, akan semakin cerah.

Nah, ternyata ada banyak peluang untuk menghasilkan uang lewat internet, dan secara khusus melalui blog Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Silahkan klik disini jika ingin mendaftar KumpulBlogger.com sekarang.

Semoga bermanfaat. Selamat memonetisasi blog Anda. :)

P.S: Tunggu wawancara-wawancara eksklusif lainnya hanya di Blogguebo.com. Agar tidak tertinggal updates artikel terbaru, silahkan klik disini untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis baik melalui RSS ataupun email Anda.

(Gambar diambil dari KumpulBlogger.com)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:

Wawancara Eksklusif Bersama David Ciang (KlikSaya.com): "Populasi Pasar PPC Terus Meningkat"
Wawancara Eksklusif Bersama Tim Lintas Berita: "Kami Mendukung Komunitas Blogger Indonesia"
Monetisasi ala Adsense Versi Indonesia Untuk Blog Anda

0 comments:

Post a Comment