Pengalaman ke Psikiater

   Saya tidak pernah membayangkan jika suatu hari saya harus mengalami depresi yang akhirnya membawa saya ke seorang psikiater dan minum obat penenang untuk mengurangi stres yang saya alami. 

   Manifestasi dari stres seseorang itu bisa macam-macam bentuknya. Ada yang batuk ga sembuh-sembuh kayak teman saya. Dia batuk tuh dari SMA kelas 1-3. Setelah lulus SMA baru sembuh. Selidik punya selidik ternyata dia tu batuk karena stress, stressnya karena dia sebenernya ga suka sekolah di sekolahan pilihan ortunya. Kayaknya simple banget ya masalahnya. Tapi buat yang ngalami ini bener-bener bikin depresi. 

    Terus ada juga teman saya yang tiba-tiba sakit perut waktu mau interview kerjaan. Ketika sudah selesai interview baru sembuh perutnya. Ada lagi, orang yang jatuh cinta pada lawan jenisnya dan ternyata dia shock karena abis lihat undangan pernikahan orang yang dicintainya itu yang menikah dengan orang lain. Seandainya orang itu ga ada hubungan cinta mungkin biasa aja kali baca surat undangan nikah/ pas lihat di facebook statusnya berpacaran, bertunangan, menikah bisa aja jadi schock. Karena apa? Karena orang itu masih berharap. 

   Sama kayak kesetrum listrik, waktu kita kesetrum cara menghentikan setruman adalah putuskan saklarnya, atau cari isolator. Sama kayak cinta yang bertepuk sebelah tangan/ di PHP. Biar bisa move on kita perlu memutuskan ikatan dan membuang kenangan lama. Ini bukti kalau pikiran negative bisa bikin badan kita lemah. 

    Wah kok jadi ngelantur kemana-mana ya? :D ya itu sekedar contoh aja, kalau pikiran kita itu kuat sekali. Tinggal bagaimana kita mengendalikan agar tidak mudah stress dan dikuasai oleh keadaan. 

    Perhatikanlah burung rajawali. Ketika ada badai dia naik semakin tinggi mengatasi badai jadi dia ga terombang-ambing. Sama kayak manusia, ketika ada badai masalah/ persoalan, ketika dia naik semakin tinggi, makin dekat dengan Tuhan dalam doa, dan mampu menguasai keadaan maka dia tidak akan mudah stress. 

    Lalu bagaimana dengan saya sendiri? Waktu itu saya stress sampai muntah berkepanjangan kurang lebih 6 tahun (umur 16-22) setiap pagi saya morning sickness( muntah asam lambung). Kalau cuma stress ga doyan makan, ga bisa tidur, itu masih ringan. Kalau sampai muntah dan ga bisa lagi menikmati makanan enak itu yang setengah mati rasanya. 

     Sejak itu saya minum penenang. Aslinya saya ga tau kalau itu obat penenang, taunya ya obat tidur aja biar bisa tidur nyenyak. Eh ga taunya obatnya ga mempan, berarti tingkat stress saya sangat amat parah sampe ngalahin obat dosis tinggi yang sebutirnya harga 50rb. Obatnya kecil tapi efeknya nguantuk pol dan kalau abis minum itu badan rasanya lemes. Ga mempannya krn saya masih aja tetep muntah. Dokter bilang saya ini pencemas yang sejati. 

    Ok, saya akan cerita waktu pertama kali ke psikiater. Jadi ceritanya, sebelum ke psikiater saya ke dokter penyakit dalam dulu. Nah sama dia saya dikasih penenang. Setelah makan malam itu saya muntah di kos dan perut jadi kosong padahal harus minum obat. sedang itu sudah sangat larut ga ada makanan lagi, adanya cuma biscuit aja. Akhirnya saya makan biscuit 3 biji untuk supaya perut ga kosong dan bisa minum obat. Jam 3 pagi saya sekarat di kos sendirian. Rasanya jantung ini berdegup kencang sekali dan rasanya antara raga dan jiwa saya mau terpisahkan. Saya mulai mikir macem-macem sampe pikiran terburuk menghantui saya. 

    Saya cuma bisa berbaring dan berusaha meraih hp untuk telepon teman gereja saya. Untung dia sudah bangun karena dia biasa doa pagi. Saya akhirnya dijemput pendeta saya dan dilarikan ke rumah sakit. Di sana saya diinfus dan diobati. Jadi pengalaman berharga, kelak kalau mau minum obat makan dulu yang bener ya makan nasi kalau bisa. 

    Setelah itu saya disarankan ke psikiater. Teman saya antar saya ke psikiater. Kami berdua menuju ke rumah psikiater itu, janjian ceritanya. Sampai disana, saya bertemu dengan psikiaternya. Dia cuma bawa bolpen sama kertas. Karena memang ga jamnya praktek, jadi dia ga pake baju dinas. 

    Dia tanya nama saya, nama ortu saya macam sensus begitu :P terus dia tanya pertanyaannya sebenarnya sih biasa. Tapi ga tau kenapa saya bisa nangis waktu jawab pertanyaannya. Dia cuma tanya: "Waktu kecil kamu lebih dekat dengan ibu atau ayah?"

    Itu bikin saya langsung tersentuh dan nangis. Saya juga heran kenapa saya bisa nangis hanya karena pertanyaan itu. Hebat banget nih psikiaternya. Saya baru sadar,kenapa saya bisa nangis dengar itu? Karena dulu saya ada akar kepahitan dengan ibu. Ibu saya hampir bercerai dengan ayah dan itu bikin saya benci ibu saya. Dan semua wanita seumuran ibu saya juga benci, jadi intinya saya ini ga suka sama wanita usia ibu-ibu. Saya berpikir ibu/ wanita itu adalah orang yang banyak aturan dan bikin saya minder. 

    Ditambah lagi saya sering nemu ibu-ibu tukang ngerumpi di pasar yang selalu menghakimi saya kalau saya ga bisa memasak. Jadi hal itu yang membuat saya benci kepada semua wanita. Dan saya lebih suka berteman dengan cowok daripada dengan cewek. 

    Tapi itu dulu, Pandangan itu berubah ketika saya kerja di luar kota dan bertemu ibu-ibu yang baik sekarang teman-teman saya banyak ibu-ibu hebatnya lho. 

    Oya, setelah saya menangis saya jadi lega dan psikiater kasih saya obat penenang. Dosisnya rendah dan muntah saya malah sembuh pakai obat itu. Padahal yang tadi dikasih dokter ga sembuh kenapa yang ini lebih murah kok bisa sembuh ga muntah lagi ? Jawabannya adalah karena sugesti. 

    Saya yakin pas minum obat ini, jadi saya berhenti muntah pagi. Psikiater saya bilang, jika ada masalah yang bikin kamu stress, cari akarnya dan cabut akarnya. Kadang ada orang tiba-tiba sakit karena efek stress kalau ditanya mikir apa? Pasti dia jawab aku ga mikir apa-apa kok. 

    Nah itu berarti sudah masuk alam bawah sadar hingga dia sudah tidak menyadari lagi kenapa dia sampe stress.Ini yang perlu diselidiki akarnya. Akar permasalahan saya sudah ketemu, mulai proses pemulihan, mengampuni masa lalu saya, mengampuni ibu saya, dan berusaha berdamai dengan diri sendiri. Rileks dan tenang. 

   Psikiater saya menyarankan saya ikut relaksasi sama dia, tapi karena waktu itu saya ga punya uang, akhirnya saya cuma berdoa aja sama Tuhan biar rileks, dan teman saya yang psikolog itu bantu saya untuk hipnoterapi. Setelah itu saya rutin minum penenang dari psikiater yang pertama sampai bisa memutus obat itu pelan-pelan. Memang harus begitu memutus obat penenang ga boleh sembarangan, harus konsultasi dengan ahli medis dulu biar badannya ga frontal. 

Don't be stress but enjoy your life, because your life is so beautifull if you can say give thanks

0 comments:

Post a Comment