Tips Sembuh Untuk Penderita GERD

    Postingan ini saya buat spesial untuk teman-teman di grup facebook GIHM (Gastrointestinal Health Mania Indonesia) sehubungan dengan banyaknya inbox yang masuk ke akun facebook saya yang menanyakan bagaimana, serta tips apa saja ya yang harus dilakukan agar bisa sembuh? 

    By the way, banyak juga kok di GIHM yang sudah sembuh selain saya, malah lebih cepat sembuh daripada saya dan bisa makan dengan normal. 

    Sebenarnya saya pribadi tidak sakit GERD melainkan sakit Bile Refluks (cairan empedu mengalir masuk ke dalam lambung) tapi apa yang pernah saya rasakan mungkin mirip dengan pasien GERD yang mana mengeluhkan sensasi terbakar di kerongkongan, perasaan mengganjal di tenggorokan waktu bangun tidur, jantung deg-degan, kedinginan walau cuaca tidak dingin, paranoid, mual sampai muntah dll. Saya melewati waktu 2 tahun untuk berjuang dengan penyakit ini. Untuk lebih jelasnya silakan baca disini

    Saya pernah minum penenang juga dari amytriptiline, risperdal, sampe Zoloft yang harganya lumayan mahal. Saya pernah diendoskopi, pernah menjalani terapi akupuntur 10x, bekam, hypnoterapi, datang ke 3 orang psikiater, masuk keluar rumah sakit dalam sebulan 3x opname. saya muntah tiap hari, dan saya tidak bisa makan dengan bebas. 

   Saat itu saya putus asa karena berobat kemana-mana belum sembuh juga maka hal itu membuat saya akhirnya menulis surat ke Suara Merdeka (rubrik surat pembaca) siapa tahu ada yang mengalami kasus seperti saya. Dan ternyata banyak sekali respon yang saya terima saat saya menulis di surat pembaca. Sudah seperti artis saja rasanya karena dalam sehari saya terima 250 sms dan HP saya ga berhenti berdering karena banyak orang yang menanyakan keadaan saya. 

    Ada yang memang berniat menolong secara sukarela, tetapi ada pula yang menggunakan kesempatan ini untuk jualan obat. Tapi apapun itu saya tetap menghargai usaha mereka. Saya mohon maaf apabila tidak bisa membalas satu persatu inbox teman-teman GIHM karena benturan dengan kesibukan saya sendiri, Jadi untuk lebih praktisnya silakan baca semua tulisan saya di blog tentang GERD. 

    Sebenarnya saya banyak menulis tentang pengalaman saya sendiri di blog ini, jadi apapun yang ditanyakan jawabannya pasti sama dengan yang saya tulis. Jadi sebaiknya baca saja ya :D 

    Ok, langsung saja bagaimana tips supaya sembuh dari GERD? Berdasarkan pengalaman saya dan mungkin kondisi kita berbeda, sekali lagi saya bukan dokter, saya tidak jualan obat dan tidak merekomendasikan obat apapun. Saya hanya bisa membantu memotivasi Anda saja dan memberikan tips seputar yang saya tahu:
  1. Jika tenggorokan terasa mengganjal itu disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan. Rasanya pasti tidak nyaman, solusinya minumlah air hangat dan latihan pernafasan, tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Berusahalah untuk tetap rileks.
  2. Jika ada masalah jangan terlalu "mbatek mikir" sehingga asam lambung anda over produksi. Jika asam lambung yang fungsinya membantu mencerna makanan itu over maka bisa melukai dinding lambung dan bila terus dibiarkan akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan panas di dada (heartburn)
  3. Jika kondisi Anda belum pulih benar coba jaga makan, hindari makanan yang mengandung gas seperti sawi, dan kol. Serta hindari makanan berlemak tinggi seperti seafood, kacang-kacangan, keju, susu, coklat, dll . Sebaiknya makan makanan rebus/ kukus saja. saya makan makanan rebus kurang lebih 5 bulan menunya sop (isi wortel dan kentang rebus, telur rebus) serta sayur bayam dengan labu kuning
  4. Jika kondisi Anda sudah pulih jangan coba-coba hajar makan sembarangan dulu, karena jika kumat resikonya lebih parah. Memang orang itu pengennya terus makan enak tapi inget kondisi juga. Buat apa enak di mulut tapi ga enak di perut? Kalau saya mempertimbangkan  lagi kalau mau coba coba makan pantangan. Saya bisa sembuh, karena sampai sekarang masih jaga makan. Awalnya juga ga doyan, tapi karena ikhlas menerima keadaan jadi terbiasa makan seperti itu. Sambil belajar sedikit demi sedikit makan yang lain agar gizinya seimbang tapi itu tidak langsung dan butuh waktu. Ternyata enak juga sekarang jadi vegetarian, saya bisa masak sendiri dan itu lebih sehat :D
  5. Jika lambung Anda tidak terlalu bermasalah seperti saya berarti semua itu dari pikiran, makan apa saja tidak apa apa karena pikiran anda yang sakit. Jangan saklek juga sekali lagi kondisi kita berbeda. Saya tidak mewajibkan Anda mengikuti aturan saya, ini hanya share (*catet ya)
  6. Banyak minum air putih (hangat) 
  7. Olahraga ringan, kalau saya bersepeda setiap hari 1 jam
  8. Makan buah-buahan (kalau saya makan pisang raja) → sesuaikan dengan kondisi masing-masing ya. Alternative pilihan buah: buah naga merah (jangan kaget kalau BAB anda menghitam setelah makan buah ini karena itu reaksi normal. Sama kayak Anda habis makan sayuran hijau otomatis BABnya warna hijau), melon, pepaya, pir hijau.
  9. Setelah makan jangan langsung tiduran atau jangan makan sambil tiduran. Beri jeda waktu 2-3 jam. Orang kalau abis makan bawaannya ngantuk pengennya tidur siang kan? Kalaupun Anda mengantuk coba bantalnya ditumpuk 2. Agar tidak terjadi refluks asam lambung
  10. Buatlah hidup Anda itu happy selalu, jangan mau dikuasai/ dipengaruhi keadaan tapi kendalikan keadaan maka Anda akan jadi pemenang atas ujian hidup ini
  11. Berpikir positif dan yakinkan diri Anda bahwa suatu hari nanti Anda pasti sembuh. 
  12. Jangan terlalu banyak browsing di internet yang membuat Anda jadi semakin takut dengan penyakit Anda. Yang nulis di internet itu banyak, kadang juga cuma hasil copas. Siapa saja bisa menulis di blog tanpa adanya editor naskah dulu. ya itu tadi kembali pada keadaan masing-masing orang. Semakin banyak yang Anda tahu mungkin Anda semakin takut, jadi mendingan ga usah tahu aja :)
  13. Sadari bahwa penyakit ini adalah peringatan Tuhan agar kita jadi lebih memperhatikan kesehatan, Bagi yang merokok ayo kurangi -ah bukan- kalau bisa berhenti total. Kalau sudah sembuh,-baru merasa sembuh sedikit aja, jangan balik lagi kebiasaan awal yaitu merokok lagi. Jangan mencobai diri sendiri. Jangan merasa jago ketika Anda sudah berhasil sembuh lalu hajar bleh.. ingat penyakit bisa kumat sewaktu waktu kalau anda teledor.
  14. Penyakit ini bukan penyakit guna-guna. Jadi tenang aja, Anda tidak sedang diguna-guna. 
  15. Keluhan yang Anda rasakan mungkin terkesan lebay (kata orang) tapi biarkan saja orang bicara begitu karena rasa yang bisa merasakan cuma Anda. Orang lain kan cuma nonton. Kayak pertandingan sepak bola itu lho, yang nonton cuma sorak sorak aja kan, yang menghadapi sendiri pasti susah dan penuh perjuangan buat menang.
  16. Makannya pelan-pelan (jangan seperti dikejar setan) semua dinikmati aja sesuap demi sesuap
  17. Jangan makan sambil berdiri kayak standing party kehabisan tempat duduk atau lagi ambeyen? (ups sory becanda :D)
  18. Atur pola makan anda, makan besar 3x sehari selebihnya makanan ringan/ setidaknya perut Anda tidak kosong lebih dari 3 jam. Sebaiknya makan buah saja sebagai cemilan. 
  19. Ikan yang boleh dikonsumsi yang hidup di air tawar, misalnya lele. 
  20. Bagi yang suka makan pedas mungkin jaga makan ini agak menyiksa anda ya tapi hindari dulu makanan pedas dan asam / kecut demi pulihnya kesehatan Anda sendiri. 
  21. Latihan meditasi/ banyak berdoa mendekatkan diri pada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  22. Bersosialisasi dengan teman-teman yang lain, saling share jangan memendam masalah Anda sendiri. Hati anda itu sebesar apa? Masalah Anda yang banyak tak cukup muat dimasukkan kedalam hati semua bukan ? Jadi perlu dibagi ke orang yang bisa Anda percaya. Kalau saya lebih enak sharing ke Tuhan lewat doa, itu tanpa efek samping. Kenapa? Kalau curhat ke manusia biasanya malah ga aman, bisa jadi diumbar di facebook ntar :D 
  23. Belajar memotivasi diri sendiri. Jangan dibiasakan ragu-ragu tapi berusaha punya iman dan prinsip. Apalagi kalau minum obat. Obat belum diminum sudah curiga duluan, Nanti kalau ga sembuh gimana ya? Kalau begini begitu? Hadehhh…. Wes rasah diombe sisan…! Hehe. Yakin seyakin yakinnya. Kalau ga yakin jangan. Orang kalau ragu, minum air putih saja bisa kayak minum racun, bukannya sembuh malah muntah-muntah
  24. Jangan membungkukkan badan saat terjadi refluks asam lambung.
  25. Anggaplah rasa sakit ini sebagai rasa cinta Tuhan sama kita. Supaya kita lebih banyak waktu mendekatkan diri kepada Yang Maha kuasa dan menyadari bahwa kita telah berdosa karena telah menyia-nyiakan anugrah kesehatan dengan gaya hidup yang salah. 

    Mengapa saya tidak menyebutkan obat apa yang saya minum agar sembuh? Saya tidak mau menimbulkan pro dan kontra karena obat yang saya minum belum tentu cocok Anda minum juga. Saya takut kena demo ntar. Ikuti saja petunjuk dokter Anda masing-masing. 

    Ok, wah banyak amat tulisan saya ya? Maaf kalau saya agak tegas dalam hal menjaga kesehatan. Ikuti petunjuk dokter, minum obat teratur, jaga makan, jaga hati, dan tetap positif thinking. Beruntung sekali ada grup GIHM di facebook ya? Jadi kalian bisa saling share terlebih lagi jika ada dokter khusus di grup ini, jadi bisa lebih paham pasiennya. Andai saya jadi dokter. Hehe.. Saya hanya bisa berdoa semoga teman-teman di GIHM segera mendapat kesembuhan dan bisa berbagi dengan yang belum sembuh juga. Salam sehat. GBU all (y)

0 comments:

Post a Comment